Homemade Pineapple Jam (Selai Nanas)

pineapple jam homemade resep
Halo-halo pengunjung dan pembaca setia Monic's Simply Kitchen, dalam kesempatan ini saya mau mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1436H, minal aidin wal faidzin ya, mohon maaf lahir dan batin. Kalau-kalau ada salah kata selama ini, mohon dimaafkan ya.

Pada kesempatan ini selagi momen hari raya, saya posting resep simple dulu ya, hanya resep homemade pineapple jam atau selai nanas. Ya mungkin banyak juga yang sudah sering buat selai nanas begini, mudah buatnya dan lagi bahannya sangat mudah ditemui di pasaran.

Nah kalau masa-masa hari raya, baik itu Lebaran, Natal ataupun Imlek, tentu sebagian besar dari kita membuat yang namanya nastar atau kalau saya bilang kue sele. Hmmm nastar pastinya membutuhkan selai nanas yang bisa kita buat sendiri dengan mudah atau ada juga yang jual jadi di toko bahan kue. Selama ini kalau buat selai nanas buat nastar ya supaya enak dan harum, saya suka tambahkan kayu manis dan cengkeh. Dan tentunya selai nanas untuk nastar beda dengan selai nanas olesan roti.

Selai nanas yang saya buat kali ini adalah selai nanas untuk olesan roti secara selainya tidak kental, bisa dengan mudah dioleskan di permukaan roti. Karena ingin membuat selai yang sedikit beda, maka saya mau coba resep yang beda juga. Kalau biasanya saya buat selai nanas untuk roti saya gunakan resep yang sama dengan selai nanas untuk nastar hanya dimasak tidak selama selai nanas nastar.

Tadinya ragu-ragu bakal enak tidak nih, secara bahannya cukup aneh menurut saya, ada tambahan jeruk nipis yang diiris tipis dan diberi sedikit butter. Hmmm ternyata rasanya enak juga, dan bisa jadi resep andalan saya juga nih kalau buat selai nanas olesan roti.

Resep selai nanas kali ini saya gunakan resep homemade pineapple jam - Miss Lady Bug, dengan sedikit sekali modifikasi, resepnya simple dan pastinya mudah dibuat, semua bahan bisa didapatkan dengan mudah. Sipp bisa langsung eksekusi deh.

Okey, berikut resep selai nanas homemade ini ya..silakan

Homemade Pineapple Jam

Bahan :
  • 1 buah nanas ukuran sedang, cincang (kurang lebih 2 cup)
  • 3/4 cup gula pasir (tambahkan sesuai selera jika dirasa kurang)
  • 1/3 cup air
  • 1 buah jeruk nipis dengan kulitnya, buang bijinya, iris tipis
  • 1/2 sendok makan butter

Cara membuat :
  1. Di panci, masukkan nanas cincang, gula pasir, irisan jeruk nipis, air, aduk rata, masak dengan api sedang sampai gula larut
  2. Biarkan mendidih sambil sesekali diaduk, kemudian tambahkan butter, aduk rata 
  3. Masak selama kurang lebih 30 menit dengan api sedang sampai mengental sambil sesekali diaduk, sesuaikan lama memasak dengan kekentalan selai yang diinginkan
  4. Angkat dan dinginkan
  5. Ketika sudah dingin tempatkan di wadah kedap udara atau di botol selai kaca yang terlebih dahulu dipanaskan supaya steril, tutup rapat dan simpan di kulkas
selai nanas resep
resep selai nanas

Nah semoga resep selai nanas homemade untuk olesan roti ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya.
NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. mohon maaf lahir batin juga mbaaa..kirain bakal bahas soal masakan lebaran, hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he, kalau masakan lebaran tunggu mba Vari aja yang bahas sekalian cerita lebarannya, mudik ga nih?
      wah, nyokap pasti buat rendang ya....nyam2...

      Delete
  2. Thank you to all resep...and i want try...

    ReplyDelete
    Replies
    1. You are very welcome, hope you'll like it

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.