Pempek Kulit Ikan Tongkol

resep pempek ikan tongkol
Sudah sejak lama nih ingin coba buat pempek ikan tongkol, nah mau yang mudah saja, jadi pilihan jatuh kepada resep pempek kulit saja. Secara setelah mencoba membuat pempek kulit dari ikan benggol kok selain enak juga mudah sekali membuatnya.

Ciri khas pempek kulit itu pempeknya berwarna gelap tidak seperti pempek ikan tenggiri ataupun pempek ikan berdaging putih lainnya. Nah ternyata dengan menggunakan daging ikan berwarna merah seperti ikan benggol dan ikan tongkol ini, rasanya mirip dengan pempek kulit yang menggunakan kulit ikan.

Hanya saja kali ini saya buat pempek kulit saja namanya secara kulit ikan tongkolnya tidak bisa halus ketika saya gunakan chopper, jadi saya singkirkan kulitnya, beda dengan ikan benggol yang bisa halus kulitnya juga. Oh iya, yang penasaran dengan bentuk ikan benggol dan cara membuat pempek kulit ikan benggol bisa lihat di pempek kulit khas Palembang ya. Sebutan ikan ini beda-beda di berbagai tempat, di Batam memang sebutannya ikan benggol, di Palembang sendiri sebutannya ikan sarden. Nah padahal di Batam ikan sarden ya beda lagi, memang ikan yang biasa dibuat untuk sarden kalengan itu. 

Yang suka sarden dan ingin mencoba membuat sendiri sarden homemade, bisa kok, hanya butuh panci presto untuk melunakkan tulangnya, dan setelah saya coba sendiri ternyata enak lho, he he he, jadi kalau mau sedikit repot bisa buat sendiri, aman bebas pengawet dan bebas MSG.

Nah sejak saya tidak tinggal di Palembang lagi,  saya kok sekarang suka dengan pempek yang digoreng garing. Awalnya ketika saya pindah ke Bandung, nah bawa pempek ke rumah sepupu saya, di sana sepupu-sepupu saya sukanya pempek yang garing sekali. Awalnya terasa aneh, karena tidak biasa dengan pempek garing. 

Yang tinggal di Palembang dan berkunjung ke Palembang pasti tahu ya kalau di Palembang itu pempeknya tidak digoreng hingga garing sekali, asal digoreng saja. Karena terbiasa dengan pempek yang garing, ketika pulang ke Palembang dan makan pempek di tempat, malah jadi aneh dengan pempek yang tidak garing. 

Begitu juga dengan pempek kulit ini, saya sukanya garing, jadi saya gorengnya sampai benar-benar garing dan ketika disiram cuko, wah mantap lemak nian..he he he...apalagi kalau pakai taburan timun iris dan diberi ebi sangrai halus, makin mantap.

Untuk resep pempek kulit ikan tongkol ini, sama dengan resep pempek kulit ikan benggol, bahan dan cara membuat sama plek, beda di ikan saja. Berikut resepnya ya, silakan....

Pempek Kulit Ikan Tongkol

Bahan :
  • 350 gr ikan tongkol tanpa kulit, tanpa tulang
  • 4 sendok makan tepung terigu protein sedang
  • 1 1/2 cup tepung sagu tani atau tapioka
  • 1 butir telur ukuran sedang
  • 5 butir bawang merah halus
  • 5 siung bawang putih halus
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 2 batang daun bawang iris halus
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
  1. Haluskan daging ikan tongkol, saya gunakan chopper
  2. Campur semua bahan, aduk rata, tes rasa dengan cara mengambil sedikit adonan dan goreng, cicipi rasanya
  3. Ambil adonan secukupnya, bentuk bulat pipih, lakukan hingga adonan habis
  4. Goreng dalam minyak yang banyak yang sudah dipanaskan sebelumnya, goreng hingga garing dan matang dengan api sedang
  5. Angkat dan tiriskan
  6. Siap dinikmati dengan cuko

Untuk resep cuko, saya gunakan resep cuko yang mudah saja, resep cuko yang selalu saya buat, bisa lihat caranya di pempek godo-godo, hanya cabe rawitnya saya gunakan cabai rawit merah. Nah untuk jumlah cabai sesuaikan dengan selera ya. Dan untuk cukonya kali ini tidak saya saring, jadi cukonya kental-kental bercampur dengan bahan-bahan halusnya.



resep pempek kulit ikan tongkol
pempek kulit ikan tongkol

Nah semoga resep pempek kulit ikan tongkol ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya..
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.