resep mie aceh
mie aceh
Orang Aceh yang baca posting resep mie aceh saya jangan protes dulu ya..namanya juga usaha masak mie aceh sendiri. Kalau mie aceh yang biasa beli memang menggunakan mie lidi, seperti halnya mie gomak khas tapanuli. Dan yang jelas kalau beli-beli penampakannya tidak begini.

Tetapi rasanya menurut saya sudah cukup mendekati. Ketika bapaknya Sophie makan mie ini dia langsung tebak kalau itu mie aceh. Ya secara dia masih ingat, orang beberapa hari yang lalu kami beli mie aceh di dekat rumah.

Dan menurut saya dari beberapa mie aceh yang kami pernah beli, hanya satu yang enak, tetapi sayang orangnya tidak jualan lagi. Orangnya sekarang jualan sayuran, padahal mie dan nasi gorengnya enak menurut saya. Dan saya sudah menjadi pelanggan dia sebenarnya. Kalau ingin makan mie aceh tinggal meluncur ke sana.

resep ayam bakar madu
ayam bakar madu
Ingin makan ayam bakar yang manis, dan dengan bumbu seadanya, akhirnya jadi deh ayam bakar madu dilengkapi dengan sambal korek pete. Membakar ayamnya juga dengan teflon saja, jadi cukup mudah.
Mantap sekali disantap dengan nasi hangat. Untungnya masih ada madu milik Sophie, masih ada sekitar 3 sendok makan lagi, hmmm pakai 2 sendok makan saja, nanti beli lagi, dan sebelum beli lagi harus disisakan, kalau tidak nanti tuan putrinya minta madu, eh madunya tidak ada.

Kadang-kadang dia suka minta madu, bilangnya bee yellow, secara botolnya ada gambar lebah dan warna botolnya kuning. Ada sih madu hitam yang pahit, tapi apa rasanya ya kalau dicampur dengan bumbu ayam bakar ini, hmmmm belum mau mencoba pakai madu hitam.

Ayam bakar manis begini tentu bukan kegemaran bapaknya Sophie, tadi waktu makan dia bilang, kok manis sekali ayam bakarnya? dikasih kecapnya banyak ya? hmmm saya jawab itu dikasih madu makanya manis. Ya begitu deh..padahal manisnya sih manis menurut saya tetapi ya tidak manis sekali, wajar deh manis madu. Ternyata Sophie ya doyan-doyan saja, selama tidak pedas pastinya.

asam pedas ikan kakap okra
asam pedas ikan kakap
Ketemu okra di swalayan, hmmm mungkin sudah lama memang ada hanya saya tidak begitu ngeh dengan kehadiran okra ini. Nah iseng beli, dan akhirnya saya masak asam pedas ikan kakap ini dengan tambahan okra

Kalau blogwalking ke blog asal Malaysia dan Singapore, asam pedasnya suka ditambahkan okra, kalau disana disebut bendi. Saya cukup penasaran dengan okra ini. Dan ternyata terjawab sudah rasa penasaran saya...Ternyata okra ini tidak memberikan rasa dominan ke masakan. Selama ini saya pikir okra ini seperti kecombrang, benar-benar khas rasa dan aroma.

Okra ini rasanya gabungan antara oyong/gambas dan terong. Hi hi hi..bagaimana tuh? Dan ternyata okra ini banyak juga manfaatnya. Ketika saya membeli okra ini ada seorang ibu yang juga membeli okra bilang ke temannya, kalau okra itu bagus buat kolesterol dan asam urat. Hmmm benarkah? Mari saya kutip beberapa fakta tentang okra berikut ini (sumber: nutrition and you)
seberapa penting sosial media pada blog
Seberapa pentingkah sosial media pada blog? Hari gini gaptek tentang sosial media? hmmmm itulah saya. Selama ini memang saya kurang begitu mengikuti perkembangan sosial media. Dulu ketika ngetrend yang namanya friendster...boro-boro punya akun..hanya sempat tahu karena ada teman yang punya akunnya. Hmmm apa saja sih yang termasuk sosial media? okey sebut saja yang paling heboh, facebook dan twitter, kemudian diikuti dengan instagram, pinterest, friendster, google plus, flickr, linkedin, dll.

Ketika orang mulai kenal dengan facebook, ketika sempat ada teman chatting di yahoo messenger tanya ada fb tidak? ha...apa itu fb..cuma ya tengsin kalau tanya...langsung saja bilang tidak..langsung deh teman sarankan buat donk...tetapi ya tetap tidak buat-buat juga.

Ketika kemudian setelah booming-boomingnya facebook, saya tetap adem ayem, tanpa akun pastinya..kemudian ada teman baik saya di SMA, tiba-tiba telp saya...setelah bertahun-tahun hilang kontak. Dia bilang dia dapat nomor telepon saya dari adik saya melalui facebook...apa? begitukah..alamak tepok jidat kan saya...

sup ikan khas batam
sup ikan /seafood khas batam
Akhirnya kesampaian juga mengeksekusi resep sup seafood (ikan) khas Batam ini. Sudah lama ingin mencoba membuat sup ini sendiri. Karena selama ini ya beli terus, secara banyak yang jual..hmmm enaknya jika kita sudah pernah makan, maka paling tidak bisa mengira-ngira bumbunya.

Nah bumbu ini hasil mengira-ngira dan tentunya bertanya juga kepada teman saya yang ibunya cukup sering membuat sup ikan begini. Hmm pas kan, kemudian lihat langsung cara membuatnya, karena ada penjual langganan saya yang setiap saya beli ya saya lihat cara memasaknya. Hanya dari dulu tetap penasaran dengan yang namanya bumbu halus coklat yang dimasukkan ke dalamnya.

Selama saya tinggal di Batam, baru 4 tempat yang saya coba sup seafood atau sup ikannya. Penjual langganan saya yang dekat rumah bisa lihat di sup seafood batam, kemudiann di resto seafood di daerah barelang, lihat di jalan-jalan dan wisata kuliner barelang batam, lalu rumah makan seafood terkenal Yongkee Seafood kemudian satu lagi adalah yang di daerah Aviari. Hmmm sedikit berbeda tetapi bahan utamanya berupa ikan ataupun seafood, sawi asin, tomat hijau dengan tambahan kecap ikan. Nah ini bahan yang cukup penting, kalau bahan ini ditiadakan tentu rasanya akan berbeda. 

cheese fried rice recipe
nasi goreng keju
Resep mudah lagi, nasi goreng keju dicampur dengan sayuran. Cocok sekali untuk makanan anak. Nah nasi goreng ini saya buat untuk Sophie, karena dia suka sekali dengan keju, walaupun coklat juga favoritnya. 

Walaupun resep mudah, saya tetap posting juga, namanya juga resep rumahan ya..jadi kalau ada yang bilang resep mudah begini kok ya di posting..he he he...ya walaupun mudah tetap saya berharap siapa tahu ada yang sedang galau mau buat nasi goreng lupa bumbu, nah bisa lihat resep ini...dan pastinya memang ini buat dokumentasi saya pribadi.

Kemarin Sophie minta makan keju, ketika dilihatnya ada keju di kulkas, langsung deh bilang..keju..keju..keju..berulang-ulang. Nah kalau dia sudah minta keju langsung saja deh diparutin kejunya, nanti dia mulai ke tempat duduk favoritnya, nonton kartun favoritnya sambil ngemil keju.

resep hot dog homemade mudah
hot dog homemade
Postingan yang cukup sederhana nih, hot dog dengan bun gandum. Hot dog bun beli, tidak buat, jadi hanya menyiapkan mayonnaise dan salad sayuran serta membakar sosis sebentar. Tinggal diberi daun selada, jadi deh menikmati hot dog. Cocok juga jadi makanan diet nih, roti bunnya gandum, salad sayuran dengan thousand island dressing low fat, kemudian saus mayonnaisenya yang tanpa telur dan rendah lemak.

Jadi resep ini sangat mudah, resep salad sudah saya posting di salad sayuran dengan thousand island dressing. Untuk saus mayonnaise bisa beli yang sudah jadi atau jika mau bisa buat sendiri versi tanpa telur dan rendah lemak, bisa lihat di postingan saya eggless lowfat mayonnaise. Tinggal disesuaikan banyaknya sesuai dengan yang diinginkan.

Karena sosis yang saya punya kecil-kecil jadinya nyempil sosisnya di antara bahan-bahan lainnya..he he he, padahal sudah gunakan 2 buah sosis. Kalau sosisnya besar kan lumayan ya..hmmm tetapi walaupun kecil tetap tidak mengurangi rasa tentunya.

lemper ayam
lemper ayam
Satu lagi resep kue favorit saya, yup lemper ayam. Makanan dengan berbahan dasar ketan tetap menjadi favorit saya. Dan ini untuk kedua kalinya saya membuat lemper ayam sendiri. Dulu sekali ketika belum ada blog pernah membuat lemper ayam ini.

Masih sama, edisi lemper tanpa dibungkus daun pisang. Karena untuk mendapatkan daun pisang ya harus beli, dan tidak bisa beli sedikit. Jadi sayang kalau harus beli. Selain itu yang paling utama adalah malas..he he he..ya karena buat konsumsi sendiri jadi ya malas deh kalau harus bungkus membungkus.

Oh iya, yang suka juga dengan ketan-ketanan, ini beberapa resep kue favorit saya yang pernah saya posting : getas ketan hitam, onde-onde, wingko babat. Masih banyak yang belum saya coba sendiri, kembali lagi tunggu mood datang.

kering tempe
kering tempe teri kacang
Gong Xi Fa Cai - Happy Chinese New Year - Selamat Tahun Baru Imlek buat pembaca Monic's Simply Kitchen ya...walaupun terlambat mengucapkannaya tidak apa-apa ya. Semoga tahun ini penuh kemakmuran dan kesehatan.
Sebenarnya sedang malas nih blogging, tetapi ya tetap deh...walaupun hanya posting kering tericang (tempe teri kacang). Dulu juga pernah buat, ini dia kering tempe teri kacang, nah kali ini buat tanpa tomat dan buat 2 versi, satu pakai gula dan satu lagi tidak.

Saya suka kering tericang ini yang bergula, manis pedas..apalagi buatnya dengan tambahan cabai rawit merah yang lumayan banyak. Hmmm benar-benar mantap. Disantap dengan nasi hangat saja ya sudah enak.

Digado juga enak, eh kalau sudah digado, tidak berasa, ya....habis deh..he he he.. oh iya, untuk pelengkap nasi kuning atau nasi uduk juga enak, malah kalau di Batam kering tericang ini dicampur juga dengan lontong sayur lho, enak..enak.. yuk..mau lihat resepnya..ini dia resepnya..mudah kok...

Kering Tericang

Bahan :
  • 100 gr teri goreng garing
  • 100 gr kacang tanah, goreng garing
  • 1 papan tempe, potong korek api, goreng garing
  • 6 butir bawang merah, iris
  • 4 siung bawang putih. iris
  • 10 buah cabai merah keriting, haluskan
  • 10 butir cabai rawit merah, haluskan
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai agak kering, masukkan cabai yang dihaluskan, aduk rata dan masak sampai matang dan tidak langu
  2. Masukkan garam, gula, air asam jawa, masak sampai mengental
  3. Masukkan kacang, teri dan tempe, aduk rata
  4. Angkat dan siap dihidangkan

Nah semoga resep simple dan mudah ini kering tericang (tempe teri kacang) ini tetap bisa bermanfaat ya...silakan mencoba dan semoga suka...

Scroll down for recipe in ENGLISH

bandeng presto homemade
bandeng presto
Sudah lama sekali tidak makan ikan bandeng presto ini, ada ide untuk mengeksekusi resep bandeng presto homemade. Ya sejak punya pressure cooker tentu mudah ya kalau mau buat bandeng presto dan tentunya menu-menu lain. Nih seperti yang saya lihat di buku resep masakan dengan pressure cooker karangan Lily T Erwin.

Ada resep rawon, yang pernah saya coba, kemudian gudeg, bubur kacang hijau dan ketan hitam, lontong, rendang dll. Nah memang kebetulan ketemu buku ini, ketika ada diskon buku-buku gramedia. Hmmm lumayan kan..menambah koleksi buku resep.

Kali ini saya memasak bandeng presto ini dengan menggunakan referensi resep Lily T Erwin, hanya saya modifikasi dengan beberapa tambahan bumbu. Secara bumbunya hanya bawang merah, bawang putih, kunyit, daun salam..nah supaya lebih enak saya tambahin bumbu lagi..he he he...

Scroll down for ENGLISH version recipe

broccoli & carrot pizza puff recipe
broccoli & carrot pizza puff
Resep broccoli & carrot pizza puff  (brokoli dan wortel pizza puff) sudah cukup lama nangkring di draft, nah baru sekarang deh mau dipublish. Resep ini hanya modifikasi dari resep bayam pizza puff yang penah saya buat sebelumnya. 

Ini salah satu cara juga untuk mensiati anak yang sukar makan sayuran, nah dengan dibentuk begini seerti makan snack/jajanan saja. Dengan tambahan keju mozarella di atasnya tentu menjadikan pizza puff ini lebih gurih.

Brokoli dan wortel memang pas kalau dipasangkan ya..he he he...itu menurut saya lho..selain warnanya yang kontras juga karena kandungan vitamin dan seratnya juga neh. Jadi kadang ya saya suka kasih Sophie makan brokoli dan wortel yang dikukus atau direbus. Walaupun kadang ya suka dimakan ya hanya kuntumnya saja, sedikit batangnya sama sekali tidak mau.

chicken dumplings recipe
chicken dumplings
Sudah lama sekali bookmark resep dumplings ini, resep asli sih shrimp dumplings (saewu mandu), hanya saya rubah isinya pakai ayam, jadilah chicken dumplings (dak mandu) with vegetables. Nah ini dumplings versi korea. Untuk kulitnya sendiri hanya menggunakan tepung serbaguna.

Padahal ada nih tepung tangmien yang masih bercokol di penampungan bahan-bahan di dapur. Hmm lain kali mungkin saya akan coba membuat dumplings dengan tepung tangmien ini. Tentu jika menggunakan tepung tang mien maka kulit dumpling akan tampak transparan sehingga isian dumpling akan kelihatan. Yang digunakan adalah campuran tepung tang mien dan tepung tapioka.

Untuk membuat dumpling kali ini memang karena baru pertama kali mencoba maka hasilnya belum bagus. Masih acak-acakan, dan saya akui ya kok lumayan susah ya melipat kulitnya. Alhasil seharusnya kan melipatnya dengan cara memeganya, tetapi yang saya lakukan adalah melipatnya sambil meletakkannya di meja.

resep pizza roti tawar teflon
pizza roti tawar dengan teflon
Kalau sedang ingin makan pizza tetapi malas membuat adonan roti..maka resep pizza roti tawar ini bisa jadi alternatif. Nah semakin mudah membuatnya jika hanya menggunakan teflon. Dan pastinya mengeksekusi resep pizza roti tawar ini tidak butuh waktu yang lama dan tanpa oven pula.

Untuk topping, sesuai dengan selera dan bahan yang ada di dapur saja. Untuk melihat variasi topping bisa lihat di kategori pizza ya...ada yang ayam lada hitam, ada yang teriyaki chicken, brokoli dan jamur, sayuran, bahkan jika mau buat pizza manis, bisa lihat di pizza manis topping buah (dengan teflon)

Nah karena masih terkesan dengan rasa pizza topping teriyaki, tadinya saya mau buat pizza roti tawar ini dengan topping teriyaki chicken. Tetapi saya tidak punya saus saori teriyaki, dan mau membuat saus teriyaki sendiri, hanya kembali lagi..malas melanda. Akhirnya buat topping ayam sosis asam manis.

salad sayuran dressing thousang island
salad sayuran
Sudah lama sekali ingin buat salad sayuran begini, tetapi karena belum mood juga akhirnya cukup lama tertunda. Kali ini pilihan jatuh ke salad sayuran dengan thousand island dressing, secara sejak bisa membuat mayonnaise eggless low fat, wah sepertinya jadi mudah deh kalau buat salad begini.

Memang kalau beli dressingnya bisa juga kok, ada juga yang jual thousand island ini, biasa suka lihat merknya maestro, ada juga yang mayonnaise. Nah kalau ingin makan yang versi rendah lemak tentu saja buat sendiri lebih mudah.

Bagi yang sedang diet, tentu cihuy sekali ya menyantap salad...full sayuran dan kalau mau lengkap bisa tambahkan telur rebus, roti gandum dan campur dengan pasta juga, seperti yang saya lakukan. Alhasil menyantap satu porsi salad begini sudah cukup kenyang.

nasi uduk versi rice cooker
nasi uduk rice cooker
Sudah lama tidak makan nasi uduk, dan selama ini tidak pernah buat nasi uduk sendiri, sekarang baru tergerak untuk membuat nasi uduk tetapi versi rice cooker, nasi uduk yang praktis saja. Kalau di Batam, lebih banyak yang jual nasi lemak dibandingkan dengan nasi uduk.

Eh dulu ada yang jual nasi uduk, namanya nasi uduk kebon kacang. Hmmm cukup sering beli nasi uduk di sana. Tetapi rumah makan ini hanya bertahan sebentar, entah pindah lokasi atau benar-benar tutup. Nah yang saya ingat sambalnya ada 2 jenis, sambal kacang dan sambal terasi. Dua-duanya enak, saya suka semua.

Kalau diperhatikan, apa sih beda nasi uduk dan nasi lemak? Dan ada pula namanya nasi gemuk..kalau di Palembang. Setelah saya perhatikan bumbu-bumbunya, hmmm ternyata walaupun sama-sama menggunakan santan, nasi lemak menggunakan daun pandan, sedangkan nasi uduk tidak, tetapi menggunakan daun salam. Nasi lemak menggunakan bawang putih dan bawang bombay, sedangkan nasi uduk tidak menggunakan bawang, walaupun ada juga sih yang menambahkan bawang.

chicken curry fried rice
nasi goreng mawut kari ayam
Satu lagi masakan dengan memanfaatkan daun kari, nasi goreng mawut kari ayam & jamur. Baru kali ini coba buat nasi goreng mawut. Sebenarnya saya sih tidak juga doyan dan juga tidak juga tidak suka dengan nasi goreng mawut ini.

Nah bagi yang belum pernah tahu, nasi goreng mawut ini adalah nasi goreng yang dicampur dengan mie, biasa suka dijual di rumah makan atau warung tenda jawa timur. Yang belum pernah coba dan mau tahu rasanya silakan mencoba resep nasi goreng andalan untuk dibuat nasi goreng mawut.

Masih tema kari-kari-an, saatnya buat nasi goreng kari, secara memang selama ini belum pernah buat. Belum pernah makan juga malah...Karena ada jamur tiram, maka dicampur sekalian saja. Nah belum lengkap rasanya kalau kari tidak ada kentang dan wortel, untuk itu saya tambahkan juga potongan kentang dan wortel yang sudah direbus terlebih dahulu.

curry leaves sambal
sambal daun kari
Masih edisi memanfaatkan daun kari, setelah sebelumnya mencoba membuat mie kari ayam, karena sedang malas akhirnya coba buat sambal daun kari saja. Walaupun di kepala sudah ada beberapa resep yang mau dicoba, tetapi lain kali saja deh tunggu mood datang. Nah jadinya posting kali ini hanya sambal, walaupun sempat ragu-ragu..posting apa tidak ya..hmmm tetapi walaupun hanya sambal dan remeh tetapi semoga saja tetap bermanfaat ya....

Dan karena saya memang penggemar sambal, maka tentu saja sambal ini menambah koleksi jenis sambal yang pernah saya coba. Dan menurut saya rasa sambal daun kari ini ya kok malah mirip dengan saus salsa jadinya  he he he...

chicken curry noodles recipe
chicken curry noodles
Sudah menandai resep chicken curry noodles (mie kari ayam) dari blognya Wiffy-Noobcook-curry chicken noodles ini beberapa waktu lalu ketika membuat orange chicken kebab. Nah baru sekarang deh bisa eksekusi resepnya. Secara sedang beruntung sekali bisa ketemu dengan yang namanya daun kari..yipiiii...

Di pasar dekat rumah dan di swalayan belum pernah ketemu ada yang jual daun kari. Nah saya pikir ah mungkin memang tidak dijual di Batam. Eh ketika beli makan di rumah makan martabak har di daerah Nagoya, ada menu yang kami pesan, namanya beef fry. Nah menu ini menggunakan daun kari, dan aromanya jadi tajam sekali, tetapi jadinya ya enak menurut saya.

Memang rumah makan martabak har di Batam beda dengan yang di Palembang ya, secara kalau di Palembang ya hanya menjual martabak telur dengan kuah kari kental. Yang pernah makan pasti ketagihan deh dengan makanan satu ini. Tetapi di Batam, tidak hanya jual martabak telur, juga jual makanan India. 

chicken curry noodles
mie kari ayam
teriyaki chicken pizza recipe
pizza ayam teriyaki
Membuat pizza lagi, kali ini mencoba pizza topping chicken teriyaki. Karena topping ini belum pernah buat, hmmm ternyata enak..he he he...Dan praktisnya chicken teriyakinya menggunakan bumbu praktis saori teriyaki. Nah dulu pernah buat dan sering juga buat malah chicken teriyaki dan juga tahu dengan bumbu saori teriyaki ini.

Bagi yang tidak suka menggunakan bumbu instan begini, hmmm secara kalau kita baca dibalik kemasan ada komposisi bahan saus teriyaki ini, tertera mengandung penguat rasa (monosudium glutamat/msg), tentu tetap bisa membuat saus teriyaki sendiri, resepnya bisa dilihat di chicken teriyaki tanpa bumbu instan.

Nah untuk topping chicken teriyaki ini sederhana saja bahan-bahannya, hanya ayam, bawang bombay serta bawang putih. Untuk sausnya saya gunakan saja campuran saus sambal dan saus tomat. Jika suka bisa juga gunakan saus spaghetti botolan. Atau mau saus tomat saja, atau malah gunakan puree tomat..hmmm kalau masalah saus kembali ke selera ya.

ayam goreng tepung kfc
ayam goreng tepung krispi
Ini ceritanya demo masak dari bogasari dengan sponsor panci/penggorengan merk mcc, nah resep yang dipraktekkan adalah ayam goreng tepung krispi, atau kalau ibu-ibu komplek bilangnya ayam goreng kfc. Nah saya lihat menu-menunya ada aneka cake, ayam goreng kremes, ayam coca cola. Nah karena ibu-ibu komplek rata-rata minta ayam goreng tepung, ya sudah jadi menu seragam, ayam goreng tepung kfc.

Jadi mereka random ke beberapa rumah, satu orang satu rumah...nah kebetulan yang ke rumah saya adalah mas Ricky, kalau Sophie bilang oom..Wah dapat ilmu baru nih...membuat ayam goreng tepung yang bumbunya meresap sampai ke dagingnya, tepungnya renyah dan ayamnya matang sampai ke dalam. Dan tanpa perlu tambahan kaldu bubuk/penyedap..ternyata bisa enak juga.

Tentu saja dengan bumbu bawang putih yang lumayan banyak. Wah kalau ditambah kaldu bubuk ya pasti enak sekali. Nih cocok buat yang mau jualan. Si oom Ricky sih tanya dulu, mba biasa pakai ma**ko tidak? hmmm saya bilang tidak..ok..kalau begitu kita sesuaikan saja garamnya ya...nah pas sekali kalau begini.

ayam goreng tepung kriuk
ayam goreng tepung kfc
sambal kemangi dengan teri
sambal kemangi
Beberapa hari yang lalu lihat ada yang posting resep sambal kemangi di grup kuliner. Nah lho...waktu itu asal baca tidak detail. Nah ketika ada keinginan buat sambal kemangi malah tidak bisa buka resepnya lagi. Jadi ya sudah sambal seadanya, tetapi pakai kemangi deh yang intinya.

Barengan dengan buat sambal kemangi, buat ayam goreng juga, ayam goreng kunyit, plus tempe dan tahu juga. Hanya saya beri tambahan daun jeruk dan serai yang dimemarkan juga. Untuk mengungkep ayam hanya pakai air biasa, tidak air kelapa. Rebusnya pakai panci biasa, sampai ayam lunak saja. Hmmm maknyuss disantap dengan nasi putih hangat.

Jadi sambal ini saya buat ala saya saja deh, jadi bahan-bahan sambal direbus dulu, lalu uleg kasar kemudian baru ditumis, masukkan teri yang digoreng garing, kemudian terakhir baru masukkan daun kemangi. Nah terakhir sekali beri perasan air jeruk sambal atau jeruk nipis.


balado telur tahu kentang
balado telur tahu kentang
Masak yang mudah saja kali ini, balado telur, tahu dan kentang. Memang yang namanya balado ya pas-pas saja ya disandingkan dengan banyak bahan. Dan yang paling enak tentu saja dendeng balado khas rumah makan padang menurut saya.

Dendeng balado di rumah makan padang biasa ada dendeng basah dan dendeng kering. Nah kalau dendeng kering enaknya ya makan kayak kerupuk begitu ya..siap-siap mulut pegal mengunyah..ha ha ha...nih apalagi di sini, dekat rumah ada rumah makan padang yang dendeng kering baladonya enak...satu porsi hanya dibandrol dengan harga 20 ribu rupiah. Tentu saja porsinya lumayan banyak.

Nih ada ajaran sesat dari hubby, jadi untuk lauk-lauk yang dijual perporsi, bukan perbuah, enaknya kalau beli sudah sisa sedikit, tetapi kira-kira lebih 1 porsi. Maka kalau rumah makan padang yang biasa langganan atau penjualnya tidak pelit, maka tentu saja semua akan diberikan. Dan hasilnya tentu saja banyak..lebih banyak dari 1 porsi biasa...ha ha ha..pengalaman dia selama ini..

resep sup ayam jamur
sup ayam jamur
Memasak yang cepat dan mudah saja deh, sup ayam jamur. Nah ini sup memang khusus dimasak untuk Sophie, jadi saya masukkan kategori makanan anak juga, walaupun orang dewasa juga tentu sah-sah saja makan beginian.

Kita beli teh yuk...begitu saya bilang ke Sophie...secara Batam memang lagi panas-panasnya beberapa lama ini, lalu saya bilang besok buat sup ya...terus dia bilang..no sup..teh aja...iya teh juga sup juga ya...teh aja..he hehe begitu jawabnya.

Biasa memang kalau ada dua yang beginian dia suka pilih salah satu, padahal ya beda ya sup dan teh..nah begitu juga kalau sudah beli sesuatu misalnya beli cookies...misalnya ada 2 rasa..dia akan pilih salah satu, walaupun kita bilang tidak apa-apa, ambil saja dua-duanya. Dan dia selalu menolak, dia akan tetap pilih satu, ya sudah..tanpa sepengetahuan dia, satu laginya kita masukkan juga ke keranjang belanja.

black forest cake with fruits topping
black forest cake
Baru pertama kali buat black forest cake topping buah, ini juga karena ada seorang teman yang pesan. Hmmmm sudah 2 kali menolak, kasihan kalau ditolak lagi. Pertama dulu waktu lebaran, dia mau pesan kue kering dan cake dan ketika ulang tahun si kecilnya bulan november. Kali ini sang suami yang ultah, hmmmm kali ini diterima...selamat kakak..akhirnya mau menerima orderan.

Menerima orderan sebenarnya memang suka gugup duluan he he he...beda ya kalau kita mau buat konsumsi sendiri. Dan ternyata ini dialami juga oleh teman-teman saya yang juga suka gugup kalau ada orderan.

Nah karena baru buat cake begini jadinya ya hasilnya tidak bisa dibilang bagus, beda kalau sudah biasa terima orderan ya. Seperti halnya ada nih di batam yang khusus terima orderan cake dengan harga cake yang bisa dibilang tidak mahal.

spaghetti aglio e olio recipe
spaghetti aglio e olio
Apa??? spaghetti aglio e olio lagi...hmmm memang nih karena buatnya juga mudah, kemudian masih ada stok spaghetti, ya sudah buat lagi. Nah kali ini temannya adalah jamur dan brocoli. Jadi bisa dikatakan versi spaghetti aglio e olio vegetarian juga kali ya..he he he..maksa...

Nah mungkin juga bagi vegetarian yang tidak makan telur tentu tidak makan pasta kali ya..secara pastanya sendiri kan mengandung telur. Hmmmm jadi pasnya buat vegetarian yang masih makan telur nih masakan yang satu ini.

Ternyata dengan bumbu sederhana begini ya enak juga jadinya. Perpaduan bawang putih dan olive oil itu memberikan sensasi rasa yang aduhai juga..halah...

telur bumbu kluwak
telur bumbu kluwak
Masih ada sisa kluwak waktu membuat masakan toraja ayam kluwak, makanya coba buat telur bumbu kluwak saja deh kali ini. Nah beberapa hari ini ada request untuk tidak masak dengan menggunakan saus-sausan. Jadi ya semua bumbu pakai bumbu alami saja.

Nah pas kan dengan menu diet rendah garam, tanpa bahan-bahan yang berkadar garam tinggi. Makanan yang menggunakan bumbu-bumbu alami, tanpa pengawet juga malah.

Masak hanya tumis-tumisan, bakar, panggang, rebus dan kukus pastinya. Dan tentunya tetap menggunakan sedikit minyak canola ataupun minyak zaitun/olive oil, lihat jenis-jenis lemak pada cooking oil. Kurangi juga pemakaian garam dalam masakan.

NewerStories OlderStories Home