Membuat Sendiri Frozen Mixed Vegetables (Homemade)



cara membuat frozen mix vegetables

Hari ini posting yang ringan saja ya, hanya resep homemade frozen mixed vegetables, atau sayuran beku campur. Yup resep yang sangat mudah, ahai, kenapa juga baru sekarang saya berniat buat sendiri ya, padahal saya ini termasuk orang yang suka memasak dengan sayuran beku campur ini.

Selama ini kalau saya ke swalayan, kalau ingat sih, suka beli frozen mixed vegetables ini, secara kalau sedia sayuran ini di freezer suka berasa enak, kalau mau masak sayuran campur, tinggal ambil di freezer, ya buat campuran nasi goreng, seringnya nasi goreng sih, atau pernah juga campur dengan bubur ayam, atau bahkan tumisan sayur campur ini saja yang dicampur telur atau bahkan buat sup ayam juga.

Duh padahal buatnya sendiri mudah ya, hmmm sebenarnya memang buat sendiri sangat mudah ya, jadi tanpa resep panduan juga bisa kan ya, bisa mereka-reka sendiri.  Tetapi neh jujur saya terinspirasi dari postingan mba Julia - Chef By Accident - membuat frozen mix vegetables. Terima kasih inspirasinya mba Julia.

Jadi sebenarnya postingan saya kali ini sih lebih sebagai pengingat bagi yang biasa beli, yuk coba buat sendiri. Lumayan kan, buat bisa suka-suka komposisinya, mana yang diperbanyak. Misalnya lebih suka kalau lebih banyak jagungnya, ya bisa perbanyak jagungnya, begitu.

Oh iya untuk sayurannya, saya gunakan buncis, wortel dan jagung manis, kalau ada bisa tambahkan kacang polong, hmmm kalau ini saya bingung kacang polong segar beli di mana, he he he.. secara selama ini belum pernah ketemu yang namanya kacang polong segar di pasar.

Nah misi saya membuat homemade frozen mixed vegetables ini juga supaya Sophie lebih sering makan sayur dan emaknya tidak begitu repot mempersiapkan sayurannya, jadi kalau stok sayuran habis bisa deh cara cepat menggunakan sayuran beku campur ini. Nah nasi goreng keju adalah nasi goreng kesukaan Sophie, pakai sayuran beku campur ini juga supaya lebih bergizi.

Sippp berikut cara membuatnya ya... takaran bebas ya...

Homemade Sayuran Beku Campur

Bahan :
  • 200 gr buncis
  • 2 buah wortel ukuran sedang
  • 1 buah jagung manis ukuran besar
  • air es untuk merendam
  • air untuk merebus

Cara membuat :
  1. Cuci bersih semua bahan, potong dadu wortel, potong buncis ukuran kurang lebih 1cm dan sisir jagung manis
    homemade sayuran beku campur
  2. Didihkan air, masukkan wortel dan jagung, masak sebentar kurang lebih 1 menit, masukkan buncis, masak hingga berubah warna
  3. Angkat, dan masukkan ke dalam air es, diamkan hingga dingin, tiriskan dan siap dikemas sebanyak yang dibutuhkan, masukkan kemasan ke dalam freezer 
    homemade frozen mixed vegetables

Nah mudah sekali kan ternyata, semoga memberi inspirasi ya cara membuat sendiri frozen mixed vegetables, silakan mencoba....



NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Hmmmm enak sieh mbak kelihatan dari fotonya,,, cuman saya kurang suka dengan campuran jagung yang di sayur,,, tapi lain cerita jika masih muda di godog apalagi di bakar,,,, selain itu aku juga kurang suka dengan buncisnya. Nah kalau wortelnya la, sangat menyukainya :-) mantabe' deh kak Monic, lanjutkan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya sayuran campur begini ga cocok buat mas Anis, he he he...
      sipppp monggo mas dimakan wortelnya saja.....

      Delete
  2. mba aku buat tanpa di rebus dulu, kirakira bakal berhasil ngga ya? aku baru buat hari ini mba (2 nov 2016 jam 22.20)
    jadi takut gagal :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Amalia, hmmm gimana ya kalau tidak direbus dulu, kayaknya ya seperti sayuran mentah dibekukan begitu mba, jadi begitu diolah ya harus matang, membutuhkan lebih lama daripada kalau direbus dulu, mengenai rasa sepertinya tidak beda jauh ya mba..

      Delete
  3. hai mbak, perkenalkan saya dessy. untuk frozen vegetables ini bisa tahan berapa lama ya di freezer? kalo misalnya kita pakai brokoli atau kembang kol bisa kah? anak saya kurang suka buncis dan jagung soalnya. terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Dessy, salam kenal... kalau tahan berapa lama sih tidak tahu pasti mba, berbulan-bulan kayaknya, tapi paling lama saya coba simpan sih kuat sampai 3 bulanan gitu mba, kondisi masih bagus kok
      bisa mba pakai brokoli dan kembang kol.. sukses ya mba..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.