Prol Tape Keju & Kismis (Tanpa Mixer)



resep prol tape keju kismis

Jiahhhh...akhirnya saya cobain juga eksekusi resep prol tape keju dan kismis ini, nah buatnya kali ini tanpa mixer, walaupun di resep asli pakai mixer, he he he... ini karena malas menggunakan mixer. Tapi walaupun tanpa mixer, tetap enak prol tape keju ini.

Ketika memanggang prol tape ini, duh harum semerbak aroma menggoda di dapur saya, jadilah tidak sabar lagi untuk segera menikmati prol tape keju kismis ini. Nah begitu matang, tidak perlu menunggu lama, sudah saya keluarkan dari loyang dan sudah saya potong-potong, itulah mengapa potongannya tidak mulus ya, tapi tenang, rasanya benar-benar enak, menyesal saya hanya mencoba 1/2 resep, padahal enak sekali, ha ha ha....

Jadi ceritanya, mumpung ada stok tape di kulkas, yang sebagian saya gunakan untuk membuat bola-bola tape goreng, snack sore buat om-om tukang beberapa hari yang lalu. Snack pagi saya buat lumpia rebung dan roti bakar, dan buat yang simpel saja buat snack sorenya.

Nah baru ada mood mencoba membuat prol tape ya baru ini, kalau sedang tidak mood ya tapenya bisa dimakan saja, tapi mumpung mood dan semua bahan ada stoknya, maka tidak butuh waktu lama, jadilah prol tape ini.

Kalau bicara prol tape, banyak resep berseliweran di dunia maya, tinggal pilih-pilih resep saja yang dirasa suka ya. Nah pada dasarnya bahannya ya begitu-begitu saja, beda-beda tipis saja. Metodenya ada yang panggang ada yang kukus, ada yang pakai mixer ada yang tanpa mixer, campurannya ada yang buah kering, kismis dan sukade. Jadi tinggal pilih saja mau pakai resep yang mana.

Kali ini saya menjatuhkan pilihan pada resep prol tape keju mba Rina Audie - Dapur Manis. Saya buat setengah resep, tanpa sukade dan tanpa mixer. Walaupun begitu prol tapenya tetap enak, lembut dan manisnya sedang, pas sesuai dengan selera saya. Mungkin karena tape yang saya gunakan juga tidak berlebihan manisnya, jadilah manisnya pas. Terima kasih resepnya mba Rina, lagi-lagi saya nyontek resepnya mba Rina.

Membuat prol tape ini tergolong cukup mudah ya, jadi yang mau mencoba resepnya, berikut saya tuliskan resep asli (izin share resepnya di sini ya mba Rina, arigatou gozaimashita), silakan.... oh iya karena saya membuat hanya setengah resep, loyang yang saya gunakan ukuran 20cmx10cm

Prol Tape Keju 

Bahan :
  • 500 gr tape singkong yang matang, manis dan empuk
  • 50 ml susu kental manis
  • 2 butir telur
  • 100 gr gula pasir
  • 75 gr tepung terigu
  • 125 gr margarin leleh
  • 150 gr campuran kismis dan sukade (saya hanya pakai kismis)
  • 100 gr keju cheddar parut

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang ukuran 20x20cm, alasi kertas roti dan olesi margarin. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius.
  2. Buang serat tape dan haluskan menggunakan garpu. Tuangi susu kental manis, aduk rata.
  3. Dalam wadah lain kocok telur dan gula dengan mixer speed sedang sampai gula larut. masukkan tape halus, kocok sampai rata. (saya kocok telur dan gula menggunakan balloon whisk)
  4. Masukkan tepung terigu, kocok perlahan sampai rata. Jika dirasa terlalu berat, matikan mixer dan aduk menggunakan sendok kayu sampai rata. (saya juga menggunakan balloon whisk)
  5. Masukkan margarin leleh, aduk sampai rata. Terakhir masukkan kismis, sukade dan sebagian keju parut, aduk rata.
  6. Tuangkan ke dalam loyang, taburi dengan sisa keju (saya beri juga kismis di atasnya dengan sedikit ditekan supaya melekat pada adonan)
    cara membuat prol tape tanpa mixer
  7. Panggang dalam oven selam 1 jam (saya panggang selama 30 menit saja, test tusuk, sesuaikan dengan oven masing-masing ya) Setelah matang, keluarkan dari oven dan dinginkan. Potong potong kemudian sajikan.

resep prol tape keju tanpa mixer

Nah semoga resep prol tape keju kismis tanpa mixer ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....

Yang sedang rajin membuat tape singkong sendiri, silakan boleh lihat link tape singkong homemade ya...


Selamat mencoba....




NewerStories OlderStories Home

3 comments:

  1. Biyuh enaknya mbak Monic,,, Kali ini bisa membuat ngiler saya mbak,
    Secara saya suka dengan yang namanya tape. Tapi ini di kasih keju ya? kayak apa rasanya jadinya menambah rasa penasaran saya aja mbak, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuihhhh beneran ini enak mas.... tape pake keju wuenak tenan le leduk pokoke

      Delete
    2. Weih,,, jadi semakin pingin aja nieh mbak,,, hehehe wokelah kalau begitu, :-)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.