Godok Tape (Bola-bola Tape Goreng)



resep godok tape singkong

Wah tidak terasa ya, bulan Januari 2016 sudah lewat, sekarang sudah masuk bulan Pebruari, hmmm cepat sekali waktu berlalu. Ahai di awal bulan Pebruari 2016 ini, saya posting resep yang ringan saja ya, resep snack berupa gorengan yaitu godok tape atau bola-bola tape goreng.

Membuat godok tape, mirip cara buatnya dengan membuat godok pisang, hanya untuk godok tape sedikit saya modifikasi bahannya. Tetapi rasanya tetap empuk lembut dan berasa tape, eits itu kalau tapenya berasa tajam ya, jadi kalau yang ini sih tergantung tape yang digunakan.

Nah mumpung masih ada stok tape singkong di kulkas, setelah kemarin digunakan untuk membuat kue mangkok tape pandan. Karena buat kue mangkoknya sedikit, ya tape yang digunakan sedikit saja. Jadi masih sisa cukup banyak tapenya.

Oh iya, yang berminat membuat tape singkong sendiri bisa kok dan ternyata sangat mudah loh membuatnya, tapi memang lebih mudah kalau beli sih daripada buat, hanya kalau buat kan bisa dapat banyak kan. Berikut link resepnya ya ... homemade tape singkong.

Kalau saya katakan sih godok tape ini malah mirip cake rasanya, he he he...mungkin karena saya gunakan telur juga ya...entahlah, tapi enak kok, dan yang pasti bisa memberikan rasa kenyang kalau makan bola-bola tape goreng ini. Jadi selain buat cemilan sore hari ditemani dengan secangkir teh, cocok juga nih buat sarapan dengan segelas susu...apalagi membuatnya juga cukup mudah.

Membuat godok tape ini saya punya asisten yang sebetulnya hanya memperlambat saja, ha ha ha..siapa lagi kalau bukan Sophie. Jadi kalau saya sudah mulai kelihatan sibuk di dapur dengan mengeluarkan tepung-tepungan dan cup ukur, mulai deh sibuk, ibu buat apa? lalu saya jawab mau buat bola tape...pipi mau..pipi mau mix... nah kalau sudah begitu ya dia akan stand by di dapur, ikut-ikutan mengaduk apa yang bisa diaduk.

Biasanya kalau buat pancake ataupun dorayaki, Sophie saya biarkan ikut terlibat karena memang membuat pancake dan dorayaki sangat mudah, mulai mengaduk bahan kering dan ketika semua adonan sudah dicampur, jadi kalau aduk-aduk saja tidak masalah.

Nah kali ini saya hanya biarkan dia mengaduk bahan kering dan tentu saja mengaduk asal ketika adonan sudah tercampur semua. Ya paling tidak dia merasa terlibat membuat kue ini...halah..anak kecil ya...

Yuk sekarang langsung ke resep saja ya, yang tertarik untuk mencobanya, ini dia resepnya....

resep bola bola tape singkong

Godok Tape (Bola-bola Tape Goreng)

Bahan :
  • 1/2 cup tepung terigu protein sedang (saya gunakan merk segitiga biru)
  • 1/4 cup tepung beras
  • 3/4 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 cup tape yang sudah dibuang seratnya dan dihaluskan dengan sendok
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 butir telur
  • 20 ml air
  • minyak untuk menggoreng secukupnya 
  • gula halus untuk taburan *optional

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur tepung beras, tepung terigu, baking powder dan garam, aduk rata, sisihkan
  2. Di mangkuk yang lain, campur tape, gula pasir, telur dan air, aduk rata lalu masukkan campuran ini ke dalam campuran tepung, aduk rata
    membuat adonan bola-bola tape
    upss tangan siapa itu?
  3. Panaskan minyak, ambil satu sendok makan adonan atau setengah sendok, tergantung selera besarnya, bentuk bulat dengan dua buah sendok, dorong adonan ke dalam minyak dengan sendok lainnya (adonan akan membulat ketika sudah matang)
  4. Goreng godok tape hingga matang kuning kecoklatan dengan api sedang-kecil
  5. Angkat dan tiriskan, dinginkan sejenak
  6. Taburi dengan gula halus

godok tape

Nah semoga resep godok tape atau bola-bola tape goreng ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba semoga sesuai dengan selera.....


Selamat mencoba......



NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Kalo di gresik nama nya godoh pake H bukan K

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh beda tipis donk mas.... kalau godok bahasa Jawa artinya rebus sih ya..

      Delete
  2. Loh, baru tahu mbak kalau tape bisa di godok,,, tapi kalau di goreng yaw udah bolak balik dengar sieh dan aku suka kalau tape di goreng, enak banget rasanya. Eh ntar lama kelamaan si Sophie bisa jago loh mbak, suatu saat bisa ngalahin mamahnya. Keren deh buat Si Sophie dan salam dari Om, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he ini bukan tape godok bahasa Jawa loh mas, bukan tape rebus, jadi kalau di Sumatera, di Batam sih pengaruh bahasa Melayu dan Minang, yang begini disebut godok, ada godok pisang artinya bola-bola pisang, godok tape atau yang lebih enak, godok tape ketan hitam tapi isinya unti kelapa...enak itu..
      ha ha ha iya mungkin nanti dia jadi hobi masak n buat kue juga, sekarang ini masih status pengganggu....sippp om salam balik dari Sophie..

      Delete
  3. serius bikin ngeces, aku suka banget tape kuning di goreng gitu haduuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Vari tapenya yang kuning gitu, he eh mba endes deh pokoknya....mudah lagi buatnya...

      Delete
  4. Godok tape,godok pisang ..masakan yg dibulat2kan khas makanan padang ga mbak heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba kalau godok itu memang khas Padang sih kayaknya, pokoknya yang dibulat-bulatkan itu namanya godok, tapi kalau bahasa melayu gegodok..
      di daerah lain namanya bukan godok, saya pun tahu istilah godok ini setelah di Batam karena memang namanya di sini godok, gorengannya orang Padang he he he..

      Delete
  5. Nani Lucky MustamuOctober 31, 2017 at 6:12 PM

    Mba cup itu takaran setara berapa gram yaa...terimakasih...😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Nani, ada konversi takaran cup ke gram mba.. silakan cek di popular post blog ini
      kalau saya konversi resep di atas
      1/2 cup terigu sekitar 60gr, 1/4 cup tepung beras sekitar 30gr, 1/2 cup tape sekitar 100gr

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.