Dorayaki Selai Nanas



resep dorayaki nanas

Haiyahhh... posting resep dorayaki lagi ya... duh ini saya buat dorayaki entah sudah yang keberapa kali neh... tapi yang saya posting di blog, ini termasuk yang ketiga, resep dasar sih sama saja, hanya beda di isian saja. Nah setelah buat dorayaki isi selai kacang coklat, lalu dorayaki dengan pasta kacang merah homemade, kali ini saya buat posting dorayaki isi selai nanas

Kalau saya sendiri neh, setelah mencoba ketiga macam isian ini, wuih rasanya selai nanas adalah yang paling enak. Penasaran? silakan dicoba sendiri ya... kalau mau enak tentu gunakan selai nanas homemade ya.. karena saya juga menggunakan selai nanas homemade. Sekarang saya menyetok selai nanas di kulkas, siapa tahu butuh buat olesan roti bakar, atau buat isian roti manis atau buat dorayaki ini. 

Kalau mau menyempatkan diri membuat selai nanas sendiri, mudah sekali kok, dan rasanya dijamin lebih enak. Untuk nanasnya sendiri gunakan nanas yang matang ya, lalu boleh diparut kalau ingin mendapatkan tekstur yang sedikit berserat, atau kalau mau versi halus, nanasnya diblender saja dengan sedikit air.

Kali ini saya blender nanasnya, secara saya beli nanas beberapa hari sebelumnya, nah si nanas teronggok di dapur saja sebelum saya olah. Rencana sih begitu sampai rumah saya akan langsung buat selai nanasnya, jadi saya pilih nanas yang matang. Ealah ternyata sampai berapa hari kemudian baru diolah, uppsss dasar ya... begini nih kalau sudah punya rencana terkadang sampai di rumah malas sekali.

Jadilah ada beberapa bagian nanas yang kematangan dan bahkan ada yang sudah tidak bisa digunakan lagi, jadi terpaksa saya potong kecil-kecil, baru saya kupas. Alhasil karena sudah berbentuk potongan kecil jadi malas untuk diparut, cara paling cepat gunakan blender, he he he.. Masih ada untungnya neh, saya membeli nanas ukuran cukup besar, 1.5 kg, jadi masih banyak nanas yang bisa digunakan untuk selai.

Takaran gula di sini sesuai selera ya, sesuaikan juga dengan tingkat kemanisan nanas, di sini saya menggunakan 8 sendok makan. Tetapi saya tidak tambahkan langsung, saya tambahkan bertahap, saya cicipi rasanya, kalau belum pas baru ditambahkan lagi sesendok demi sesendok sampai saya rasa manisnya pas.

Penggunaan cengkeh dan kayumanis optional saja, tetapi kalau saya suka dengan tambahan kedua rempah ini, memberi rasa yang khas di selai nanas. Sipppp yang tidak suka boleh diskip saja kedua bahan ini.

Oh iya, saya buat dorayaki ini buat bekalnya Sophie, nah di hari pertama saya buat menggunakan tepung terigu protein rendah, merk kunci biru, eh kemudian dia minta besok bawa dorayaki lagi, nah kehabisan tepung terigu protein rendah, akhirnya saya buat menggunakan tepung terigu protein sedang, merk bola salju dari bungasari. Rasanya sama enaknya... 

Okey deh, resep ini saya copas dari resep dorayaki selai kacang coklat, hanya untuk resep di bawah ini saya menggunakan frying pan lock&lock, jadi saya tidak mengoleskan minyak di teflon. Lalu saya membuat dorayaki ini ukuran lebih kecil. Satu resep di bawah menghasilkan 15 buah dorayaki.

Sippp berikut resepnya ya, silakan...

Dorayaki Selai Nanas
untuk 15 buah dorayaki ukuran kurang lebih 6-7cm

Bahan :
  • 2 butir telur
  • 80 gr gula pasir
  • 1 sendok makan madu
  • 1/2 sendok teh baking soda/soda kue
  • 130 gr tepung terigu protein rendah
  • 50 ml air
  • 1/4 sendok teh garam (saya tambahkan sendiri)

Cara membuat :
  1. Campur baking soda dan tepung, aduk rata, jika perlu diayak, sisihkan
  2. Di mangkuk ukuran sedang, campur telur, madu dan gula, aduk dengan whisk hingga sedikit mengembang dan gula mulai larut (saya kocok kurang lebih selama 2 menit)
  3. Masukkan campuran tepung terigu dan baking soda, aduk dengan whisk asal rata, kemudian tambahkan air, aduk rata kembali dengan cepat, diamkan selama kurang lebih 10 menit
  4. Ketika sudah 10 menit, adonan akan kelihatan muncul gelembung udara di permukaannya, aduk kembali sebentar
  5. Panaskan teflon, olesi minyak tipis saja kemudian lap dengan tisu atau lap bersih (saya tidak oles lagi dengan minyak)
  6. Tuangkan adonan menggunakan sendok sayur (saya hanya tuang 3/4 sendok sayur), biarkan adonan menyebar membentuk bundar, diamkan sampai muncul gelembung udara di permukaan dorayaki dan bagian tepinya kering (gunakan api kecil)
  7. Balikkan dorayaki, masak sebentar saja sampai bagian bawah kecoklatan
  8. Angkat, lakukan sampai adonan habis. Hidangkan dorayaki dengan selai nanas atau selai kesukaan.

Selai Nanas

Bahan :
  • 1 buah nanas ukuran sedang, kupas, parut atau blender dengan sedikit air
  • 6-8 sendok makan gula pasir
  • 2 batang kayumanis ukuran @3cm
  • 5 butir cengkeh
Cara membuat :
Masak nanas parut sampai kering, tambahkan gula pasir, kayumanis dan cengkeh, masak hingga mulai mengental tetapi tidak sampai begitu kering, cicipi rasanya, bisa tambahkan gula juka suka. Angkat, sisihkan dan biarkan dingin.


resep membuat dorayaki selai nanas

Nah semoga resep dorayaki isi selai nanas ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Duh jadi lapar nih liat Dorayakinya mba Monic pagi-pagi. Mana belum sarapan, jadi tambah lapar deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he.... hayo dibuat mba... ya itu akibat kalau blogwalking belum sarapan ha ha ha...

      Delete
  2. Mbak,aku udah coba resepnya td malam.makasih;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iyakah mba Yuyu, gimana suka ga?
      btw terima kasih ya sudah nyoba dan kasih info...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.