Lock&Lock Hard&Light dan Resep Best Ever Homemade Flour Tortillas



lock&lock hard&light pan

Postingan kali ini tentang produk dari LOCK&LOCK Hard&Light. Nah yang saya coba pertama kali dengan produk ini adalah membuat homemade flour tortillas. Nah pasti banyak yang sudah tahu kan produk dari LOCK&LOCK lainnya, dan pasti sudah banyak juga yang pakai. 

homemade tortillas dengan hard&light pan

Saya sendiri belum pernah pakai nih produk dari LOCK&LOCK, memang sih beberapa kali suka baca review para food blogger tentang produk-produk dari LOCK&LOCK tersebut. Waktu baca reviewnya sih tertarik, tetapi memang belum punya keinginan untuk membeli sendiri produk ini, he he he..

Ealah ternyata memang ya, rejeki tidak kemana. Beberapa hari yang lalu saya menerima email dari Mba Ashila, Public Relation LOCK&LOCK yang menawarkan saya untuk mencoba produk unggulannya yaitu Hard&Light. Tanpa berpikir lama, katakan iya, he he he, secara memang di email sudah diterangkan kelebihan dari si Hard&Light ini.

Jadi dengan keunggulan yang dijabarkan mba Ashila, tentu saja saya sangat penasaran dengan produk yang satu ini. Dan akhirnya, Hard&Light saya terima juga nih. Wuih senangnya, apalagi kalau boleh dibilang selama saya ngeblog, inilah bentuk nyata yang bisa saya terima karena saya ngeblog. Dan inilah product review pertama saya, he he he... dan senangnya yang minta productnya direview adalah LOCK&LOCK yang notabene sudah terkenal keunggulannya.

pan hard&light

bagian bawah hard&light

Untuk LOCK&LOCK Hard&Light ini sendiri mempunyai keunggulan dibandingkan dengan produk cookware lainnya.

Berikut keunggulan dari LOCK&LOCK Hard&Light ini :
  1. Memiliki lapisan Hard Anodizing + 3 layer lapisan anti lengket, teknologi Hard Anodized adalah teknologi yang digunakan LOCK&LOCK dalam membuat produk Cookware-nyaHard&Light. Hard-Anodized merupakan bahan yang melapisi alumunium, sebagai bahan utama pan, sebelum pada akhirnya dilapisi dengan coating. Jadi, makanan yang dimasak tidak akan bersentuhan langsung dengan alumunium ketika terjadi scratch pada coatingnya, karena telah dilapisi dengan teknologi Hard-Anodized ini yang membuatnya tidak berpori. Teknologi ini menjadikan kegiatan memasak lebih lebih aman dan makanan lebih sehat. 3 lapisan premium anti lengket sendiri membuat makanan yang dimasak tidak menempel pada permukaan wajan.
  2. Ringan, desainnya ramping serta gagang yang ergonomis yang membuat nyaman penggunanya, hal ini membuat Hard&Light lebih ringan daripada wajan alumunium lain. Oleh karena itu Hard&Light bisa menguragi resiko sindrom Karpal Tunnel atau CTS (Carpal Tunnel Syndrome) yaitu penyakit yang terjadi pada pergelangan tangan serta jari yang disebabkan oleh tekanan yang sering terjadi pada bagian tersebut.
  3. Memiliki Finishing Film Khusus, lapisan oksida pada permukaannya dapat meningkatkan daya tahan dan membuat wajan lebih mudah dibersihkan. Lapisan ini membuat wajan menjadi tahan goresan dan telah melalui scratch test lebih dari 13.000 kali dengan menggunakan steel cleaning pad (spons aluminium)
  4. Terbuat dari aluminium murni, yaitu terbuat dari 99% aluminium yang menjadikan Hard&Light memiliki retensi serta konduktivitas panas yang baik.
keunggulan hard&light

Setelah mengetahui keunggulan LOCK&LOCK Hard&Light, saatnya mencoba pan ini digunakan. Nah karena saat ini saya sedang rajin memasak tanpa minyak, hmmm kalaupun menggunakan minyak ya diusahakan sedikit saja. Maka Hard&Light menjadi pilihan yang tepat. Sudah beberapa hari masak makanan direbus dan dikukus, ingin juga mencoba yang dipanggang dengan pan saja.

aplikasi hard&light

Saya mencoba untuk membuat telur orak-arik tanpa minyak sama sekali, mencoba membuat ayam panggang juga tanpa minyak. Dan hasilnya adalah makanan tidak lengket di pan seperti halnya kita memasak menggunakan pan teflon biasa dan rasanya tetap enak. Selain itu pan hard&light ini mudah sekali dibersihkan dan yang tak kalah penting hard&light ini ringan dengan ukurannya yang cukup besar, yippiii.... Sippp markusipppp ini... 

penggunaan hard&light lock&lock

Nah karena saya secara tidak sengaja menemukan daun ketumbar atau cilantro di swalayan, maka ide saya adalah membuat masakan mexico yang rata-rata menggunakan daun ketumbar ini, ya sebut saja tomato salsa, guacamole, burritos, dll. Hmmm dan saya saat ini ingin sekali membuat yang namanya burritos, dengan flour tortillas homemade yang ukurannya cukup besar.

Untung saja nih Hard&Light yang dikirim LOCK&LOCK berdiameter 26cm, hmmm cukup besar, sudah bisa membuat tortillas ukuran cukup besar. Nah walaupun pernah membuat tortillas sebelumnya, resep di homemade tortillas, tetapi kali ini saya ingin menggunakan resep yang sedikit beda, mulai deh mencari resep flour tortillas, dan ketemulah dengan resep best ever homemade tortillas dari The Cafe Sucre Farine. Thanks Scott and Chris for sharing the recipe.

Dan akhirnya dengan resep ini dan dengan Hard&Light, jadi juga homemade tortillas yang saya inginkan, yaitu yang ukurannya cukup besar kemudian teksturnya cukup lembut dan penting bisa dilipat dan digulung tanpa patah, karena saya ingin membuat burritos dan quesadillas. 

Terima kasih mba Ashila dan LOCK&LOCK yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mencoba produk unggulan yaitu Hard&Light ini. Sudah banyak resep mengantri untuk mencoba keunggulan Hard&Light ini.

burritos dengan homemade tortillas
egg chicken & pineapple tomato salsa burritos

Temukan resep burritos di sini ya : resep burritos ayam telur

quesadillas dengan homemade tortillas
egg chicken quesadillas

Temukan resep quesadillas di sini ya : quesadillas ayam telur dengan homemade tortillas


Oh iya dalam membuat tortillas ini, supaya hasilny ok, maka pastikan pan benar-benar panas ketika memasaknya, kemudian giling adonan tortillas setipis mungkin, gunakan api kecil saja lalu yang penting jangan sampai terlalu lama memasaknya, kalau tidak tortillas akan kering dan tidak bisa dilipat. Satu lagi yang tidak kalah penting, tutup tortillas yang sudah matang ketika kita memasak tortillas berikutnya.

Okey deh, yang masih mau lanjut dengan resep homemade flour tortillas ini, berikut resepnya ya, silakan...

Catatan : saya modifikasi sedikit dengan menambahkan sedikit tepung tapioka di resep, karena penasaran juga ada komentar pembaca di The Cafe Sucre Farine yang menyarankan mengurangi sedikit tepung terigu dan ganti dengan tepung tapioka atau tepung maizena.
Resep yang saya tuliskan di bawah hanya 1/2 resep aslinya, silakan kalikan 2 jika ingin membuat versi double.


Best Ever Homemade Flour Tortillas

Bahan :
  • 1 1/2 cup - 2 sendok makan tepung terigu serbaguna *maksudnya adalah takar dulu tepung sebanyak 1 1/2 cup lalu tepung tersebut dikurangi sejumlah 2 sendok makan (saya gunakan tepung segitiga biru)
  • 2 sendok makan tepung tapioka
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 40 ml olive oil
  • 1/2 cup air hangat

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur tepung terigu, tepung tapioka, garam dan baking powder, aduk rata hingga tercampur
  2. Tambahkan air dan olive oil, aduk rata, uleni perlahan hingga adonan menjadi lembut dan menyatu, kurang lebih selama 3 menit, bulatkan
  3. Ambil adonan, letakkan di alas bertabur tepung, bagi adonan menjadi 6 bagian, bulatkan masing-masing (saya bagi dulu 8 bagian, ternyata ukurannya kurang besar, jadi saya ulang hingga menjadi 6 bagian saja)
  4. Tutup bulatan adonan, diamkan selama kurang lebih 15 menit
  5. Ambil satu bulatan adonan, pipihkan dengan tangan, kemudian gilas dengan rolling pin membentuk lingkaran dengan diameter kurang lebih 18-20cm, ketebalan kurang lebih kurang dari 1mm
  6. Sementara menggilas adonan, panaskan pan hingga benar-benar panas, letakkan adonan tortillas yang sudah dibentuk di pan, masak kurang lebih selama 1 menit hingga bagian atas mulai terbentuk gelembung (jika adonan dalam 1 menit belum membentuk gelembung juga, maka besarkan apinya sedikit)
  7. Balik adonan, dan masak hingga bagian atas membentuk gelembung juga, masak kurang lebih 30 detik, angkat dan letakkan di wadah kedap yang bertutup
    membuat tortillas homemade
  8. Lakukan hingga semua adonan bulatan selesai
  9. Tutup rapat wadah kedap udara, jika belum akan menggunakan tortillas. 

best flour tortillas homemade
Tortillas akan tahan jika disimpan dalam wadah kedap udara selama 24 jam di suhu ruang. Jika akan membekukannya, pisahkan setiap tortillas, masing-masing dilapisi dengan kertas baking baru kemudian dimasukkan ke wadah tertutup, lalu masukkan ke dalam freezer.

Nah semoga resep best ever homemade flour tortillas ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba, semoga sesuai dengan selera... 

Selamat mencoba.....

Jika tertarik dengan produk LOCK&LOCK Hard&Light ini bisa cari tahu di sini : www.locknlock.co.id



NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Semakin rajin masak donk mbak....selamat ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga aja rajin terus nih mba...tapi kalau kumat malasnya apa mau dikata ha ha ha....

      Delete
  2. mbak monic, untuk ukuran bahan2 diatas, hasil akhirnya berapa lembar? dan 1/2 cup air hangat kl di ml kan, brp ya mbak? trimakasih ya mbak. blog nya sangat menginsipirasi sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Lia,
      hasil akhirnya 6 lembar tortillas mba, dengan ukuran 18-20cm
      1/2 cup air hangat itu sama dengan 120ml mba... semoga membantu ya jawaban saya...
      terima kasih ya mba....semoga selalu bisa bermanfaat apa yang saya posting...
      terima kasih kunjungannya mba Lia....

      Delete
  3. Mba Monic.. maksudnya 1 1/2cup-2sendok makan tepung terigu gimana ya? jadinya terigu nya pake ukuran cup/sendok makan? Hehehe... ga mudeng.. maklum masih newbie ni mba..
    Oh iya.. resep burrito nya mana mba? Hehehe.. Makasih ya mba

    Irma - Karawang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Irma, maksudnya 1 1/2 cup - 2 sendok makan itu, ukur dulu tepungnya sebanyak 1 1/2 cup, setelah itu kurangi dengan 2 sendok makan tepungnya tadi..he he he... maaf ya kalau kurang jelas, nanti saya update ya mba..
      resep burritonya sudah ada mba, boleh lihat di label mexican food atau cari di kolom search...nanti saya update juga ya postingan ini, beri link resep burritonya..
      terima kasih mba Irma

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.