Muffin Nangka & Kismis



resep muffin nangka kismis

Muffin...yeayyy.. ini kue yang saya paling suka buatnya, super gampang..dan senangnya kalau buat muffin itu bisa mengembung, sukses membuat saya suka. Kalau bicara muffin, walaupun mudah tapi dulu waktu buat muffin di awal-awal ada saja salahnya, tapi sekarang sudah lega, sudah bisa buat muffin yang sesuai selera saya.

Nah kalau bicara muffin, tentu saja bahan pelengkapnya dan rasanya tentu saja sesuai selera saja, kalau saya neh, tidak jauh-jauh dari kismis, chocochips, atau keju. Nah cukup penasaran juga mau coba muffin nangka. Secara ada nangka neh, beli di pasar, cukup murahlah dibandingkan kalau beli nangka di swalayan.

Hmmm akhirnya saya coba deh buat muffin nangka ini, buatnya pagi hari, tumben sekali..karena belakangan ini saya malas sekali sibuk di pagi hari lagi. Tapi kali ini sedang rajin, tidak ada salahnya, toh hanya membuat muffin, tidak pakai ribut, klentang klentung ataupun suara berisik mixer, senyap, eh tiba-tiba tada... matang dan harum mewangi.

Oh iya, kemarin saya absen posting neh, sibuk.. terima orderan bakpao..he he he.. sudah saya singgung sih di postingan sebelumnya. Nah ternyata mamanya temannya Sophie ini pesan tidak 50 buah, di pagi harinya ketemu, katanya buat jadi 60 buah saja..okeh..walaupun wajah saya mungkin sudah cukup aneh karena membayangkan membuat 60 buah bakpao yang tentu saja diproses satu-satu. Beda dengan muffin.. buat adonan, tuang saja di cup-cup, panggang, selesai.

Nah untuk isiannya saya gunakan selai coklat dari dcc, susu cair dan margarin. Hmmm lain kali saya posting deh resepnya, sekalian dengan bakpaonya. Tadinya saya mau buat lagi untuk Sophie, tapi sayang saya sudah terlalu capek. Lain waktu saja. Ah.. ternyata mengerjakan 60 buah bakpao sendirian itu membutuhkan perjuangan, tapi tetap enjoy..dan senangnya saya pinggang saya tidaklah sakit lagi, biasanya saya paling tidak tahan lama-lama di dapur, nah ini mengerjakan pesanan ini hanya berasa capek saja, tapi tidak berasa mau patah pinggang he he he... (thanks terapinya oom Prast- terapi yumeiho untuk saraf terjepit karena tulang bergeser - simak terapi saraf terjepit di sini - terapi saraf terjepit).

Dan untungnya saya punya kukusan besar, jadi saya berdayakan 2 kukusan, kukusan besar sekali kukus bisa 7 buah dan kukusan kecil 3 buah, jadi 10 buah satu kali kukus, amat sangat terbantu menghemat waktu. 

Bapaknya Sophie komentar, untungnya kukusan itu masih selamat ya, tidak saya suruh buang, begitu katanya. Lalu saya katakan, apa yang tidak disuruh buang, orang disuruh buang begitu loh, tapi saya bandel, saya simpan saja, begitu kata saya. Memang bapaknya Sophie ini tidak tahan melihat barang-barang yang disimpan saja tanpa digunakan. Nah menurutnya kukusan saya itu tidak berguna..dasar ya..untung saja saya tidak menurut waktu itu.

Oh iya kembali ke resep muffin nangka dan kismis ini ya, resep ini masih menggunakan buttermilk karena saya maunya muffin ini lebih moist. Nah kunci membuat muffin sebenarnya mudah sih, gunakan bahan berkualitas, gunakan telur suhu ruang, susu ataupun cairan suhu ruang dan semua bahan suhu ruang. Karena muffin ini menggunakan baking powder dan baking soda, maka pastikan masih aktif, cara untuk mengetahui baking powder masih aktif yaitu dengan cara siapkan air hangat kurang lebih 75ml, masukkan kurang lebih 1 sendok teh baking powder, jika berbusa, maka tandanya baking powder masih bagus. Nah untuk baking soda, tuangkan kurang lebih 3 sendok makan cuka, beri 1 sendok teh baking soda, jika berbusa maka tandanya masih bagus.

Sebaiknya ketika bahan kering dan bahan basah sudah dicampur jangan mengaduk terlalu berlebihan, memang sih adonan tidak begitu mulus, masih bergumpal, tapi tenang adonan itu baik-baik saja, kalau mau mengaduk, lakukan secara cepat.

Nah untuk muffin nangka ini, ternyata nangka saya itu dari kulkas, jadi saya siapkan dulu nangkanya, potong-potong dan sisihkan, baru menyiapkan bahan lain. Sebelum saya mencampur semua bahan, saya sudah pastikan nangka ini sudah mencapai kurang lebih suhu ruang, walaupun tidaklah suhu ruang biasa, mungkin suhu ruang ber-ac he he he... sempat ketar-ketir juga, tapi ternyata lega..intip oven, muffinnya mulai naik.

Ok deh, kepanjangan cerita saya.. berikut resep muffin nagka dan kismis yang saya buat ya, kurang lebih sama dengan resep buttermilk muffin kismis chocochips.

Muffin Nangka & Kismis
untuk 20 buah

Bahan :
  • 375 gr tepung terigu protein rendah, misal merk kunci biru atau hana emas, saya gunakan merk hana emas (atau bisa juga gunakan tepung terigu protein sedang)
  • 1 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1/2 sendok teh garam (jika menggunakan minyak atau mentega tawar, skip jika menggunakan margarin yang sudah asin)
  • 3 butir telur ukuran sedang berat dengan cangkang kurang lebih @60gr
  • 200 gr gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 225 ml buttermilk, campur 220ml susu cair dengan 1 sendok makan cuka atau air jeruk nipis, biarkan selama kurang lebih 10-15 menit sampai menggumpal
  • 150 ml minyak goreng (atau bisa gunakan margarin atau butter leleh dengan takaran yang sama)
  • 250 gr nangka tanpa biji, potong dadu kecil
  • 50 gr kismis
 
Cara membuat :
Siapkan cetakan muffin, alasi dengan paper cup (saya gunakan cetakan bolu kukus yang dialas paper cup). Panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius.
Campur tepung, baking powder, baking soda dan garam, aduk rata dengan balloon whisk, sisihkan. Di mangkuk lain campur telur dan gula serta vanili bubuk, aduk dengan balloon whisk sampai gula sedikit larut, tambahkan minyak dan buttermilk, aduk rata kembali, tuangkan ke dalam mangkuk berisi tepung, aduk cepat asal rata, masukkan kismis dan nangka , aduk kembali asal rata. Tuangkan  adonan muffin sampai 3/4 penuh (kurang lebih 8mm-10mm dari tepi paper cup) lakukan sampai habis.  Tata di loyang, panggang selama kurang lebih 25-30 menit sampai permukaan kuning kecoklatan, lakukan test tusuk. Keluarkan dari oven dan dinginkan.


cara membuat muffin nangka

Nah semoga resep muffin nangka dan kismis ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya..


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Keliatan enak...pengen bikin ahh klo nemu penjual nangka.

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba Rini, cobain deh siapa tahu cocok dengan selera mba Rini dan keluarga, harum nangka deh muffinnya..nyam

      Delete
  2. Yeee....
    Sukses jualan bakpaonya.
    Untung kukusannya gak jadi dibuang ya, mba. Jadi sangat terbantu saat harus mengukus kue dalam jumlah banyak.
    Senang juga mengetahui mba Monic gak sakit pinggang lagi ketika kerja agak berat. Semoga orderannya bertambah terus ya, mba. Menyalurkan hobby yang menghasilkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba sukses, walaupun capek he he he, yang pesan bilang enak tapi ada tamunya malah bilang ke yang pesan, kok pesan coklat semua, kenapa tidak ada yang isi kelapa he he he..

      he eh mba senang deh ga sakit pinggang lagi...amin semoga ada orderan lagi he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.