Cake Pisang Simple



resep cake pisang simple

Idih... olahan pisang lagi ya, belum bosan kan? tapi saya yakin pecinta pisang tidak akan pernah bosan dengan olahan pisang kan, walaupun hanya pisang goreng, betul? Nah saya kan punya pisang berangan tuh, hmmm memang sengaja nyetok pisang supaya mudah kalau mau buat penganan untuk bekalnya Sophie.

Okeh, kepikiran mau buat cake pisang, versi adonannya dikocok dengan mixer, tipe sponge cake pisang. Karena sudah lama tidak buat sponge cake pisang, selalunya kalau tidak banana bread, ya muffin pisang, versi mudah cake pisang tanpa mixer, aduk-aduk saja. Walaupun beberapa waktu lalu pernah buat cake pisang tipe butter cake, yang ini agak berat rasanya, tapi tetap ya.. sedap.

Mulai deh siapkan bahan, pakai resep yang dulu pernah saya posting di blog ini juga, dulu sekali di tahun 2014 pernah posting resep cake pisang ini. Secara bahan-bahannya sangat mudah sekali. Hmmmm bahan semua siap, mulai mengocok telur lalu masukkan gula pasir, tapi ternyata entah kenapa mixer saya ngadat, tiba-tiba di kecepatan maksimum berubah menjadi kecepatan terendah dengan diikuti suara berisik dan ada bau tidak sedap, bau seperti terbakar, oh... tidak.. kenapa terjadi di tengah proses? alamak, ya sudahlah.. pasrah, bantat, bantatlah.. hanya berharap kalau adonan cake ini walaupun bantat tidaklah keras. Ternyata cake ini walaupun sedikit padat tapi lembut dan berasa sekali pisangnya, sedap.. lega..

Berhenti di tengah proses, jadi semua bahan yang belum tercampur dicampur saja, aduk dengan spatula. Ahhhhh memang mungkin karena mixer saya sudah tua kali ya, untuk ukuran merk ini, dengan pemakaian yang mungkin cukup membuatnya kewalahan. Saya beli mixer ini di tahun 2008, ketika saya sedang suka -sukanya membuat kue. Pilihan saya jatuh ke merk cosmos turbo ini karena selain harganya kala itu terjangkau untuk ukuran saya yang status masih anak kos juga karena saya suka bentuknya...he he he... 

Okehlah kala itu pertimbangan saya memang karena lebih ke harga, masih terlalu pelit untuk membeli mixer merk Philips yang notabene terbukti sangat kuat, secara ibu saya punya mixer Philips ini dan sudah belasan lebih dari 20 tahun masih awet. Baru rusak sekitar tahun 2010 atau 2011 begitu. Cukup lama, sejak saya kecil...dan belakangan malah digantikan oleh mixer maspion, dengan pertimbangan ibu saya sudah jarang membuat kue, tidak perlu yang terlalu mahal, irit di kantong saja.
Nah ceritanya jadi untuk beli mixer sekelas bosch atau kitchen aid masih sangat jauh dari angan-angan, terpikir pun tidak kala saya memutuskan membeli mixer cosmos ini.

Tapi dengan mixer ini, sungguh membantu saya banyak belajar, halah... walaupun ternyata mixer ini sih ternyata kurang turbo jika dibandingkan dengan mixer maspion he he he... membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai adonan berjejak dibanding dengan maspion. Waduh... ini hanya pengalaman dan pengamatan pribadi ya, tidak bermaksud mereview produk.

Perjalanan mixer saya berakhir di cake pisang ini, sudah saya lihat-lihat mixer ini, sudah ada keinginan untuk membongkarnya, sudah melihat di mana bautnya, he he he... lain kali coba saya bongkar kalau saya mood. 

Kemudian saya laporan ke bapaknya Sophie, lalu katanya, coba lihat-lihat kitchen aid, what serius? begitu tanya saya, lihat saja dulu, begitu katanya.. lalu mulai deh saya semangat, tapi baru lihat-lihat, kemudian membandingkan dengan bosch, nah maunya saya sekalian saja kan beli mixer yang bisa membuat adonan roti hi hi hi...lihat di toko online di Indonesia, lalu bapaknya Sophie pun membantu membandingkan dengan produk di ebay. 

Ada yang kami sepakati tapi ternyata ada tambahan biaya import, jatuhnya mahal, akhirnya bapak Sophie menyerahkan kepada saya, pilih di toko online Indonesia saja. Okehlah, saya akan tinjau kembali, semoga dapat yang pas yang saya mau dan yang pasti ramah di kantong.

Sipppp terlalu panjang openingnya ya... tidak penting ha ha ha... berikut langsung ke resep ya... silakan...

Cake Pisang
untuk loyang tulban ukuran 20cm

Bahan :
  • 225 gr pisang tanpa kulit, lumatkan (bisa gunakan pisang ambon, pisang berangan ataupun cavendish yang sudah matang sekali)
  • 3 butir telur
  • 115 gr gula pasir
  • 115 gr tepung terigu serbaguna
  • 1 sendok teh baking powder
  • 75 gr margarin, dilelehkan

Cara membuat :
Campur terigu dan baking powder, aduk rata. Siapkan loyang, oles margarin taburi tepung tipis, sisihkan. Panaskan oven set di suhu 180 derajat celcius. 
Kocok telur dengan mixer kecepatan tinggi sampai mulai mengembang, tambahkan gula pasir, kocok sampai kental berjejak, kecilkan kecepatan mixer, masukkan tepung, kocok hingga rata. Matikan mixer, ambil sedikit adonan, masukkan ke dalam mangkuk berisi margarin leleh, aduk rata hingga tercampur, tuangkan kembali ke dalam adonan, aduk balik hingga tercampur rata. Masukkan pisang, aduk rata kembali. Tuangkan ke dalam loyang, panggang selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang. Keluarkan dari oven, dinginkan, keluarkan dari loyang.


resep sponge cake pisang

Nah semoga resep cake pisang simple ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Warna cakenya kok bs cakep kecoklatan gitu ya mba. Kyk pake gula palm ya...

    Wah....seneng deh yg mo beli mixer baru hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba bagus ya kecoklatan, eksotik he he he walaupun cuma pakai gula pasir

      hi hi hi moga aja jadi beli mixernya...

      Delete
  2. Pisangnya dimasukin kpn ya mb? Di prosesnya g ada (atau sy yg kurang teliti?) ^_^.. Terima kasih resep2nya mb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh maaf, iya ketinggalan pisangnya mba Nita, sudah saya update mba, terima kasih ya koreksinya
      Sama-sama mba Nita

      Delete
  3. Nggak bosen dong, saya kan pencinta pisang, mba. Heheheh

    Wah, ada yang mau beli mixer baru nih? Ditunggu lho tulisan tentang mixer barunya, hihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh pecinta pisang ga akan bosen ya mba...
      iya nih mau beli mixer baru, sudah order tinggal tunggu datang barangnya uhuy...

      Delete
  4. Oya mba...aq ada liat jg mixer signora bs utk bikin roti jg. Harganya lbh hemat tp review yg pernah pake katanya bagus bgt. Sapa tau bs jd bahan buat pertimbangan mba Monic.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Rini, sempat juga lihat2 mixer signora, oxone juga, tapi lihat2 ada bosch yang lagi diskon, akhirnya beli bosch aja deh he he he... terima kasih ya mba Rini atas masukkannya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.