Sophie's 6th Birthday Chocolate Cake (Easy)



resep easy chocolate cake

Hari ini saya posting cake ulang tahun dulu ya, secara kemarin Sophie ulang tahun yang ke-6 neh. Jadi hanya buatkan cake coklat saja. Ini pun saya pilih cake coklat yang mudah saja. Sempat ragu juga sih apa buat blackforest cake saja atau cake ini saja. Secara sudah beberapa waktu sih saya ketemu resep cake ini yang saya rasa layak dicoba. Hmmm akhirnya saya pilih cake ini saja, kalau tidak kapan lagi saya coba resep baru kan.

Ulang tahunnya tidak dirayakan baik di rumah atau di sekolah, dengan pertimbangan akan sangat repot juga kalau dirayakan. Jadi cukup dengan cake ini, kemudian belikan saja hadiah sesuai keinginan Sophie, untungnya mau saja begitu, walaupun sempat protes, kenapa tidak di sekolah, kan cakenya besar, nanti siapa yang makan cakenya? Lalu saya katakan kalau di sekolah tidak cukup cake ini buat teman sekolah Pipi, kan teman sekolah Pipi banyak, nanti kita beri teman Pipi TK dulu saja ya, kan ada adiknya, ada kakaknya ada papa mamanya, jadi pas kalau diberi cake ini. Protes lagi, tapi kan adeknya belum bisa makan cake... sudah kok begitu jawab saya lagi. Akhirnya menurut saja, deal tidak dirayakan di sekolah.

Malam sebelum dia ulang tahun kami sempat mengobrol, dan dia begitu senang karena tahu dia akan ulang tahun. Lalu katanya, Pipi ini kan 6 tahun di SD, nanti kalau Pipi sudah 7 tahun Pipi SMP, lalu 8 tahun Pipi SMA. Ha ha ha... seketika itu juga saya tertawa keras, lugu sekali dia, jadi cepat sekali donk umur 8 tahun sudah SMA, dasar anak-anak. Lalu saya jelaskan lagi kalau mau SMP atau SMA itu masih lama, SD saja sampai kelas 6, SMP sampai kelas 3 lalu SMA sampai kelas 3 juga. Oh begitu jawabnya, entah benar mengerti atau tidak he he he...

Nah saya buat cake ini pagi harinya, jadi sengaja saya tunggu Sophie pulang sekolah baru foto-foto, dan ini adalah permintaan dia untuk ditambahkan beberapa mainan my little pony nya sebagai properti foto. Okelah nak, lanjut saja, toh ini kan cake ultahmu ya kan.. Walaupun selama foto-foto teriak saja, Pipi mau cake, Pipi mau cake, jadi itu lilin hanya hiasan belaka, potong kue langsung deh foto kilat dan beri anak yang tidak sabar makan cake ulang tahunnya he he he..

Sipp kembali ke resep cake coklat ini, cake ini teksturnya lembut tapi padat bukan cake spongy begitu ya, secara ini cake tanpa mixer, cake irit telur juga. Memang sih karena tanpa mixer dan irit telur maka cake ini menggunakan baking powder dan baking soda, hmmmm yang tidak suka pakai baking-baking begini tentu tidak cocok ya resep ini.

Cake ini saya temukan di blognya chef Savvy, hmmm penampakan cake ini cukup menggiurkan dan tentu saja membuat saya penasaran apalagi dengan bahan-bahannya dan dikatakan olehnya kalau cake ini adalah the best chocolate cake.

Hmmm di sini takaran menggunakan cup, nah di sini saya juga menggunakan cup, saya sedang malas mengkonversi ukuran. Dan di sini juga saya kurangi takaran gula dan takaran baking sodanya, karena sudah terbayang dengan takaran gula di resep asli pasti akan manis sekali, kurang cocok di lidah saya. Takaran baking soda saya kurangi setengahnya.. selebihnya sama. Untuk buttercream sendiri saya pakai resep ala-ala saya saja. Mirip-mirip butter cream chef Juna

Oh iya di sini ada penggunaan air kopi panas, nah air kopi di sini tujuaanya untuk menguatkan rasa coklat jadi walaupun ada kopinya tapi cake ini tidak berasa kopi sama sekali. Mau di ganti air panas juga tidak masalah. Kembali ke selera masing-masing. 

Di sini saya menggunakan 2 buah loyang bundar ukuran diameter 20cm. Cake ini cukup tinggi menurut saya. Nah jika mau menggunakan loyang persegi tentu saja cake akan menjadi lebih pendek. Lalu jika tidak menggunakan 2 loyang, silakan gunakan 1 loyang hanya saja waktu panggang ditambah ya, sesuai waktunya dengan oven masing-masing.

Wokeh, sekarang lanjut ke resep ya.. silakan..

Easy Chocolate Cake

Bahan :
  • 2 cup tepung terigu protein sedang
  • 3/4 cup brown sugar (di sini saya gunakan brown sugar kemasan yang saya beli di hypermart, silakan ganti dengan gula pasir jika tidak ada)
  • 1/2 cup gula pasir 
  • 3/4 cup coklat bubuk
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh garam
  • 1 cup susu cair
  • 1/2 cup minyak goreng
  • 2 butir telur, kocok sebentar hingga berbuih
  • 1 cup air kopi panas (larutkan 2 sendok makan kopi bubuk dalam 1 cup air panas, di sini saya gunakan kopi toraja, kebetulan ada kopi ini)

Cara membuat :
Siapkan 2 buah loyang bundar, oles dengan butter atau margarin, taburi dengan tepung tipis, sisihkan. Panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius. Di mangkuk, campur coklat bubuk, tepung, baking soda, baking powder, ayak bersama, campur dengan gula pasir, brown sugar dan garam, aduk rata dengan sendok atau balloon whisk, sisihkan.
Di mangkuk, campur telur, susu cair dan minyak goreng, aduk rata dengan balloon whisk, tuangkan campuran tepung ke dalam campuran telur susu minyak, aduk rata lalu tuangkan air kopi panas, aduk rata kembali. Tuangkan ke dalam loyang, bagi 2 secara merata adonan ke dalam 2 loyang ini (di sini saya timbang, masing-masing loyang berisi kurang lebih 550gr), ketuk perlahan loyang untuk mengeluarkan udara terjebak. Panggang adonan cake selama kurang lebih 20-25 menit. Keluarkan dari oven dan dinginkan, keluarkan dari loyang dan dinginkan.



Buttercream chocolate

Bahan :
  • 250 gr butter
  • 3 sendok makan coklat bubuk
  • 3 sendok makan gula halus (gula pasir yang diblender halus atau bisa gunakan gula icing)
  • 3 sendok makan susu kental manis (sesuaikan dengan selera, bisa dikurangi atau ditambah)

Cara membuat :
Kocok butter hingga lembut dan lunak, tambahkan coklat bubuk, gula bubuk, kocok kembali sebentar hingga rata, tambahkan susu kental manis, kocok kembali hingga rata, cicipi rasanya. Matikan mixer, siap digunakan.



Penyelesaian :
Tata 1 lapisan cake di piring cake, bagian bawah di bawah ya, nah cake agak sedikit tidak rata, ratakan dengan mengiris bagian cembung dengan pisau, oles dengan butter cream, taburi dengan coklat batang serut. Tumpuk 1 lapisan cake lagi, di sini cake yang agak tidak rata sudah diratakan, karena di sini cake bagian atas diletakkan di bagian bawah karena kita ingin cake ini permukaannya rata di atas, jadi posisi cake dibalik ya. Kemudian olesi dengan butter cream secara merata, taburi dengan coklat serut. Jika suka semua bagian cake bisa diberi coklat serut termasuk di bagian samping.


resep cake coklat mudah sederhana

Nah semoga resep cake coklat yang mudah dan sederhana ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba.....



NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Toss dulu ah sm Pipi...kita bulan kelahirannya sama deh, tp taunnya jauuuhh! Hahaaa...
    HBD ya Pipi...smoga panjang umur, sehat selalu, jd anak yg soleha amiiiinn!

    ReplyDelete
    Replies
    1. tosss dulu tante Rini, walaupun jauh tahunnya hi hi hi..

      terima kasih tante Rini...

      Delete
  2. Duh, Sophie lucunya. 8 tahun sudah SMA, hahaha.... Tapi bisa juga tuh mba kalo Sophie ikut kelas akselerasi. Masih ada nggak ya sekarang?

    Selamat ulang tahun Sophie cantik. Semoga panjang umur, makin pintar dan sehat selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha... iya lucu juga 8 tahun sudah SMA, kok enak ya..
      ada sih beberapa sekolah yang ada kelas akselerasi ini, tapi kalau 8 tahun SMA ya susah ya mba he he he..

      Terima kasih tante Ima...

      Delete
  3. Selamat ulang tahun buat Sophie! Selalu sehat dan terus berprestasi ya. Zodiaknya sama dg saya lho, mbak.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih tante Sisca, wah sama donk ya zodiaknya, toss dulu kalau gitu kita tante Sisca..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.