Resep Pastel Mini Oatmeal Isi Abon

resep pastel abon kering renyah
Pastel Mini Isi Abon
Hayo..siapa yang belum pernah merasakan pastel mini isi abon...ayo ngacung he he he ...nah yang sudah tentu suka kan dengan gurihnya serta garing dan renyahnya pastel ini, ditambah lagi dengan isi abon di bagian dalamnya. Kulit pastel yang tipis itulah yang membuat renyah. 

Saya kan suka sekali makan pastel abon ini, nah pernah terpikir kenapa tidak mencoba membuat sendiri ya? Akhirnya mulai deh berburu resep di internet,  akhirnya mendapatkan resepnya di sini di pastel mini isi abon. Hanya saja kali ini saya ganti tepungnya sebagian dengan menggunakan tepung oatmeal. Secara lagi hobi memodifikasi resep menggunakan tepung oatmeal.

Tepung oatmeal sendiri dibuat hanya dengan cara memblender halus oatmeal instant, baru kemudian dicampurkan dengan tepung terigu. Selanjutnya tinggal mengikuti resep. Bagi yang tidak mau menggunakan oatmeal, gunakan tepung terigu semua saja ya...

Untuk membuat pastel mini ini juga diperlukan usaha yang cukup lumayan..he he he..kadang-kadang saya cepat bosan sih kalau membuat snack yang seperti ini. Tetapi dari segi rasa ya lumayan juga..enak..
Anak saya Sophie suka sekali dengan pastel mini isi abon ini. Jadi ketika saya sudah mulai membuat beberapa buah kan saya coba goreng. Kemudian setelah matang dan dingin saya beri dia sebuah, cicip dulu..eh ternyata dia suka. Malah batch pertama yang saya coba goreng itu habis oleh dia. Emaknya sih sudah cicip juga. Nah minta lagi..lah bingung kan..orang belum digoreng, nah yang sudah siap goreng juga baru beberapa buah, tidak banyak.

Cepat-cepat deh menggoreng, nih si Sophie sudah mulai merengek minta lagi..halah...jadi begitu selesai digoreng cepat-cepat didinginkan, pake kipas segala biar cepat dingin..he he he..
Nah selagi dia makan buru-buru deh membuat lagi..wuihhh repot juga...gini ini kalau punya anak gembul..he he he...
Oh iya pastel ini kan menggunakan kulit yang tipis jadi untuk menipiskan kita gunakan penggiling mie ya, pertama-tama giling adonan di ukuran yang paling besar, kemudian giling kembali di ukuran yang agak kecil. Nah kalau punya alat gulung mie ini kan tahu tuh ada setelan 9-3 ya kalau tidak salah. Kalau saya sih biasa mulai di angka 9 dulu, kemudian 7 dan baru 5.

Kemudian baru deh dicetak dengan diameter kurang lebih 5cm. Bisa menggunakan gelas belimbing (itu gelas yang kecil) atau karena saya tidak punya jadinya saya pakai tutup dot nya Sophie, ukurannya 4.5cm.
Pakai apa saja ya yang ukurannya kurang lebih segitu. Kemudian kita ambil 1 lembar kulit, kita isi abon, bisa abon apa saja ya. Saya sih gunakan stok yang ada saja, abon daging sapi.

Kemudian setelah diisi kemudian kita lipat dan rapatkan ujung-ujungnya, kemudian kita pilin. Sama sih seperti membuat pastel biasa atau juga membuat panada (kue khas orang Menado).
Saya belajar milin-milin seperti ini ya waktu buat panada..itu sudah lama sekali kayaknya..waktu saya SMP. Tetapi sampai sekarang masih ingat. Caranya mulai dari ujung kemudian ditekan sedikit pakai jempol lalu dipilin ke atas. Lakukan ke semua sisi. Kalau terbiasa pasti bisa deh....ayo semangat...

Nih karena membuat pastel mini membutuhkan waktu yang cukup lama apalagi dikerjakan sendiri maka ketika sudah bosan saya buat saja sisa adonan menjadi pastel tidak mini. Tetapi yang berkulit tebal seperti panada. Alhasil saya harus menggorengnya cukup lama dengan api yang sangat kecil supaya bagian luar tidak gosong tetapi matang di dalam.
resep pastel kering isi abon
Pastel kering isi abon
Kelihatan kan perbandingan besarnya pastel-pastel tersebut. Nah bagi yang mau mencobanya jangan seperti saya ya..lakukan semua sampai adonan habis he he he...

Ok, berikut resepnya ya : 

Pastel Mini Oatmeal Isi Abon.

Bahan :
  • 150 gr tepung terigu protein sedang
  • 100 gr tepung oatmeal
  • 50 gr margarin, lelehkan sampai mendidih
  • 1 butir telur ayam
  • 75 ml air (kurang lebih)
  • garam secukupnya
  • minyak untuk menggoreng
  • abon secukupnya
Cara membuat :
  1. Campur terigu dan oatmeal serta garam, aduk rata. Masukkan telur, aduk asal rata
  2. Tuangkan margarin panas lalu aduk memakai sendok
  3. Masukkan air sedikit demi sedikit, aduk dengan tangan hingga menjadi gumpalan. Tidak perlu licin dan kalis.
  4. Ambil adonan secukupnya, giling di alat penggiling mie, mulai dari yang paling besar sampai yang sedang (no.5)
  5. Letakkan di meja yang beralas tepung tipis, cetak dengan pencetak lingkaran, bisa permukaan gelas belimbing, bisa cookie cutter, atau juga tutup dot
  6. Ambil satu lembar dan isi dengan abon, lipat dua dan pilin ujung-ujungnya. Letakkan di loyang beralas tepung. Lakukan hingga semua adonan habis
  7. Panaskan minyak goreng.
  8. Goreng sampai garing, angkat dan tiriskan
  9. Dinginkan dan simpan di wadah kedap udara.

Selamat mencoba ya...semoga berhasil membuat sendiri pastel mini isi abon ini...semangat kakak....





NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.