Roti Mini Abon Water Roux (Tangzhong)


Resep Roti Mini Abon
Roti Mini Abon
Masih belum bosan membuat roti sendiri nih..kali ini membuat roti mini abon...sering beli roti ini, makanya setelah bisa membuat roti lembut sendiri dengan metode water roux/tangzhong maka tidak ada salahnya membuat roti ini sendiri..ya kan..

Resep roti ini saya dapatkan dari sajian sedap roti abon bawang, hanya saja saya skip pemakaian daun bawang di roti. Nah untuk bahan pengolesnya saya tidak menggunakan apa yang tercantum di resep, tetapi saya menggunakan campuran mayonnaise dan susu kental manis saja, ide bahan pengoles dapat dari mba Endang JTT

Untuk isi roti saya gunakan abon saja..jadi abon di dalam dan di luar donk..he he he...Jadi kalau malas mengoles dan menaburkan abon ke atas roti maka dengan makan rotinya saja sudah cukup karena sudah ada abon di dalamnya.

Roti menggunakan metode tangzhong/water roux seperti biasa menghasilkan roti yang lembut dan empuk yang pastinya enak tetapi tentu saja tetap memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kelembutan roti (lihat roti tetap empuk lembut beberapa hari dengan tanzhong). Nih apalagi saya menggunakan susu cair sebagai pengganti air..jadinya lebih maknyus.
Walaupun hanya menggunakan setengah resep saja tetapi karena mini makanya jadinya banyak he he he...saya buat menjadi 12 buah roti.
Resep Roti Mini Isi Abon
Roti Abon Mini Isi Abon

Nah berikut langsung saja ke resepnya ya...yang saya cantumkan ini resep sudah dengan tangzhong, nah untuk mengetahui perhitungan bahan tangzhong serta beberapa detail langkah pembuatan roti disertai dengan gambar silakan lihat di roti kismis landak :

Roti Mini Abon

Bahan Tangzhong:  
  • 10 gr tepung terigu protein tinggi (2 sendok makan)
  •  50 ml susu cair suhu ruang 

Bahan Roti :
  • 140 gram tepung terigu protein tinggi (1 1/4 cup)
  • 50 gram tepung terigu protein sedang (1/3 cup)
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 40 gram gula pasir (3 sendok makan ), catatan gula pasir dengan butiran halus atau bisa juga dengan memblender 3 sendok makan gula pasir ya...
  • 10 gram susu bubuk (2 sendok makan )
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 50 ml susu cair suhu ruang
  • 25 gram margarin (2 sendok makan)
  • 1/2 sendok teh garam 

Bahan Isian : 
  • Abon secukupnya

Bahan olesan sebelum roti dipanggang :
  • 1 kuning telur, 1/4 sendok teh air, 1/4 sendok teh madu, diaduk rata

Bahan olesan setelah roti matang: (tinggal campur dan diaduk rata)
  • 3 sendok makan mayonnaise
  • 1 sendok makan susu kental manis

 Bahan taburan :
  • Abon secukupnya 

 Cara membuat :
  1. Siapkan adonan tangzhong, larutkan dalam panci 50 ml susu cair dan 10 gr tepung terigu protein tinggi. Pastikan tepung benar-benar larut ya.
  2. Masak di api kecil sambil terus diaduk hingga adonan mengental
  3. Angkat, sisihkan dan dinginkan
  4. Sementara itu di mangkuk ukuran sedang, campur tepung, ragi, susu bubuk, gula pasir halus, aduk rata, tambahkan garam, aduk rata
  5. Masukkan telur, susu cair dan tangzhong, aduk rata sampai menggumpal
  6. Kemudian pindahkan ke meja kerja dan mulai menguleni kurang lebih selama 10 menit, lalu campur margarin/mentega, uleni kurang lebih selama 10-15 menit sampai adonan kalis. Nah kalau saya berhenti ketika adonan mulai lembut dan ketika ditarik seperti permen karet. 
  7. Bentuk bulat, masukkan ke dalam mangkuk dan tutup dengan plastik wrap, diamkan selama kurang lebih 45 - 60 menit sampai mengembang kira-kira 2x lipat. Lakukan uji kecukupan waktu fermentasi dengan menusukkan jari kita yang sudah ditaburi tepung, jika lubang menutup kembali maka istirahatkan kembali adonan. Fermentasi cukup ketika lubang tetap ya bentuknya dan tidak menutup kembali
  8. Kempiskan adonan , bagi menjadi 12 bagian, atau terserah kita maunya seberapa besar.
  9. Bulatkan masing-masing bagian  sampai selesai. Kemudian mulai menggilas bulatan yang pertama kita buat, isi dengan bahan isian. Tutup kembali dan bentuk lonjong. Balikkan adonan sehingga bagian atas adalah bagian yang mulus.
  10. Diamkan kembali selama kurang lebih 30-45 menit
  11. Olesi dengan bahan olesan, sementara itu panaskan oven dan set di suhu 180 derajat celcius
  12. Panggang selama kurang lebih 12 - 15 menit
  13. Keluarkan dari oven ketika permukaan sudah mulai kecoklatan kemudian olesi permukaan roti dengan margarin/mentega 
    resep roti mini isi abon
    Roti Mini abon Fresh From Oven
  14. Ketika sudah dingin olesi bagian atas roti dengan campuran mayonnaise dan susu kental manis, taburi dengan abon
    Roti abon mini isi abon
    Roti Mini Abon Yummy

NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Resepnya keren mba, saya copi ya mba.. Semoga bisa sukses jg.. Klo pke mixer philips bsa ƍa ya..? Trus ukuran adonan thanzhong nya brpa gram yg dipke mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mba, semoga sukses juga ya...bisa sih mba menggunakan mixer philips, tapi gunakan hook spiral, tetapi begitu adonan sudah tercampur sebaiknya keluarkan dan uleni manual, beda kalau menggunakan mixer heavy duty atau mixer khusus roti.
      Adonan tangzhongnya sama saja mba 10gr tepung dan 50ml air, kalau menggunakan resep di atas
      Eh btw..nama mba mirip nama teman saya tapi dia renny saraswati..kirain tadi dia yang komen..he he he...

      Delete
  2. Contek resep ya mba monic sukses slalu..aku br tau klo adonan ada adonan tangzhong biasanya pake kiler soft bread..klo isiannya selain abon bisa g mba monic.Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Lilis.. iya mba roti tangzhong ini malah lebih dulu ngetrend daripada killer soft bread..
      isian sih bebas aja mba, suka2, tapi kalau buat topping abon tentu isian yang cocok yang isian gurih bukan manis he he he

      tanpa isian juga oke tuh mba

      semoga sukses mba Lilis dengan rotinya..

      Delete
  3. Salam mba monic...saya mo nanya ni itu di bahan tangzhong ada 50 mlsusu cair di bahan roti ada 50 ml susu cair apa untuk campuran bahan tangzhongkah soalnya di cara buatnya tidak ada susu cairnya apa 50 ml untuk all bahannya...trima kasih maaf panjang banget tanyanya hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Lilis, maaf mba, itu susu cair memang ada lagi di bahan, ketinggalan menulisnya di cara membuatnya, jadi susu cairnya dimasukkan setelah telur, susu cair lalu tangzhong

      terima kasih ya untuk koreksinya mba.. sudah saya update ya mba..sekali lagi terima kasih mba Lilis

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.