Muffin Coklat Oatmeal Pisang Kismis

muffin coklat oatmeal pisang kismis
Muffin coklat oatmeal pisang kismis

Ah..rasanya tidak bosan membuat muffin, nah kali ini saya membuat muffin coklat oatmeal pisang kismis. Resepnya saya gunakan resep yang biasa sudah saya gunakan untuk muffin. Susu cair yang saya gunakan adalah susu cair coklat botol kemasan 195ml. Karena tidak cukup 1 cup maka saya tambahkan air sedikit sampai cukup 1 cup.

Memang terkadang nih saya suka ingin makan kue-kue seperti ini, tetapi kalau membeli kan mana ada yang bisa sesuai dengan keinginan. Saya suka yang tidak terlalu manis, kemudian bahan campuran bisa suka-suka kita. Nah dengan menggunakan bahan dasar oatmeal serta tanpa menggunakan margarin atau butter tetapi menggantinya dengan minyak canola maka walaupun menikmati muffin tetapi tetap paling tidak muffinnya rendah kalori. Lihat perbandingan jenis-jenis lemak pada cooking oil.

Wah sudah banyak sekali ya sepertinya olahan muffin oatmeal saya, jadi semua hanya dikutak-katik di bahan tambahan saja, resep dasar ya menggunakan resep dasar oatmeal muffin. Jadinya lama-lama sudah hafal di luar kepala nih ya...

Nah supaya memudahkan kita jika membaca resep dan menghafal bahan, supaya tidak ada bahan yang tertinggal, maka untuk cake dan muffin bahan utama yang harus ada itu adalah tepung (tepung apa saja, baik itu tepung terigu, tepung ketan, tepung beras, bahkan oatmeal), kemudian gula (gula pasir, gula merah atau bahkan madu), margarin atau butter atau minyak goreng, kemudian telur. Nah itu bahan dasarnya ya..jadi ingat-ingat kalau baca resep yang kehilangan salah satu bahan di atas kita harus jeli, atau juga ketika kita sudah mulai mengeksekusi resep, perhatikan kelengkapan bahan tersebut.


Saya pernah mengalami ketika akan mengeksekusi muffin, eh ketinggalan telurnya, begitu sudah matang kok sedikit merasa aneh, nah pikir-pikir lagi apa yang kurang..ealah..ternyata saya lupa memasukkan telur. Tetapi ya untungnya masih enak, jadi muffin eggless ya...
Kemudian saya ada mencatat resep di buku catatan saya, nah ketika saya baca lagi saya merasa aneh, kok resep cake tanpa margarin atau butter ataupun minyak goreng. Hmmm sempat mikir kok aneh ya...tetapi untunglah saya pastikan lagi membuka resep aslinya di internet. Nah betul kan..ternyata saya lupa mencatat penggunaan bahan yang berupa minyak goreng.

He he he ya begitulah ya kalau kita sering membaca resep dan mengeksekusi resep jadinya kita kadang-kadang tahu ada yang tidak beres. Semua itu berawal dari sering mencoba.

Nah berikut langsung ke resep muffin coklat oatmeal pisang kismis ini ya....

Muffin Coklat Oatmeal Pisang Kismis

Bahan :
  • 2 cup oatmeal instant
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1/4 sendok teh garam
  • 3 sendok makan coklat bubuk
  • 1 botol susu bendera cair 195ml + air sehingga menjadi 1 cup
  • 1/2 cup minyak canola
  • 1/2 cup gula pasir
  • 2 butir telur
  • 5 buah pisang ukuran sedang, dilumatkan dengan garpu
  • 1/3 cup kismis

Cara membuat :
  1. Siapkan cetakan muffin, olesi tipis dengan minyak 
  2. Panaskan oven, set di suhu 175 derajat celcius
  3. Ayak baking powder, baking soda dan coklat bubuk
  4. Campur dengan oatmeal instant dan garam di mangkuk ukuran sedang
  5. Di mangkuk ukuran sedang yang lain, campur telur dan gula pasir, aduk hingga gula pasir agak larut
  6. Masukkan minyak kemudian susu cair, aduk
  7. Tuangkan bahan cair ke dalam campuran oatmeal, aduk cepat asal rata
  8. Tambahkan pisang dan kismis, aduk cepat
  9. Tuangkan ke dalam cetakan muffin hingga 3/4 cetakan
  10. Panggang selama kurang lebih 25 - 30 menit
  11. Test kematangan dengan tusuk sate
  12. Keluarkan dari oven dan dinginkan
  13. Keluarkan dari cetakan dan hidangkan

Nah semoga tertarik dengan resep Muffin Coklat Oatmeal Pisang Kismis ini ya...selamat mencoba dan semoga suka...




NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.