Pindang Tulang Khas Palembang (ala ibu)

resep pindang tulang palembang
pindang tulang khas palembang
Yang namanya pindang, baik itu pindang ikan ataupun pindang tulang memang banyak ragam, kali ini saya posting resep pindang tulang khas Palembang ala ibu saya. Bagi orang Palembang dan tentu saja bagi orang-orang yang tinggal di Palembang, maka membuat masakan pindang sudah cukup sering ya, sama halnya dengan ibu saya.

Jadi entah sudah berapa sering ibu saya ini memasak pindang, ya bumbunya ya begitu-begitu saja ya...Nah kalau diperhatikan ya mirip juga dengan pindang tulang serani yang pernah saya buat atau malah mirip dengan pindang ayam yang juga pernah saya buat. Sedikit beda dengan pindang tulang pegagan, karena pindang tulang pegagan menggunakan nanas.

Kali ini sama, saya masak pindang tulang dengan menggunakan panci presto, supaya dagingnya benar-benar empuk dan menghemat waktu proses pemasakan. 
Pindang tulangnya saya buat tidak pedas supaya Sophie bisa makan juga, nah yang suka pedas bisa tambahkan cabai merah atau cabai rawit ya, bisa dihaluskan  bersamaan dengan bumbu atau bisa diiris atau bahkan dibiarkan utuh. 

Nah berikut resep pindang tulang khas Palembang ala ibu saya ya...

Pindang Tulang Khas Palembang

Bahan :
  • 1 kg tulang sapi
  • 1 buah tomat merah ukuran besar, belah 6 memanjang
  • 2 buah tomat hijau ukuran sedang, belah 6 memanjang
  • 3 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 sendok makan asam jawa, larutkan dengan sedikit air
  • 2 batang daun bawang, potong 2cm
  • 2 sendok teh garam
  • 1500 ml air

Bumbu halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • 2 sachet terasi (2x5gr)

Cara membuat :
  1. Masukkan tulang sapi ke dalam panci presto, masukkan daun jeruk, daun salam, lengkuas, air asam jawa, tomat hijau, tomat merah, serai, daun bawang dan juga bumbu halus
  2. Tambahkan air, tutup panci dan masak selama kurang lebih 45 menit sampai 1 jam
  3. Angkat dan biarkan panci dingin dan katup membuka, siap dihidangkan

Okey..semoga resep pindang tulang khas Palembang ala ibu saya ini bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya....

NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Mbak Monic, thanks ya... Resepnya sipp bgt. Ini enak banget apalagi klo ditambah sambel mangga atau sambel nanas. Mbak, request resep brengkes dong, aku blm bisa bikinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget mba, enaknya kalau tambah sambal mangga atau nanas ya, makin mantap deh...
      Hi hi hi brengkes ya mba, yg pake tempoyak ya...belum pernah buat mba, selama ini cuma makan tempat teman, sama aja sih mba kayak pepes cuma campur tempoyak, sayang orang rumah ga suka tempoyak...lagian di batam susah cari tempoyak..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.