Resep Kue Favorit : Ketan Serundeng

resep ketan serundeng
ketan serundeng
Resep kue favorit saya yang lain : ketan serundeng. Satu lagi kue berbahan dasar ketan yang coba saya buat sendiri. Mumpung ada beras ketan di rumah, hmmm kepikiran untuk buat snack yang satu ini. Dan kali ini buat yang versi kuning, ya sama saja sih ya dengan yang versi putih hanya ditambah kunyit saja.

Sampai saat ini ketan serundeng masih berseliweran, jadi termasuk kue jadul yang tidak pernah mati, bahkan di Batam masih ada juga di kios kue pagi hari. Kalau ingin makan sebenarnya tinggal beli saja sih, hanya sedang mood buat, makanya jadi buat saja.

Jadi sebenarnya kue ini asalnya dari mana ya? bingung juga, soalnya di Palembang ya kok ada juga sejak lama. Dan kue yang suka sekali dibeli oleh ibu saya kalau beliau ke pasar. Dan ternyata saya baru tahu dan baru sadar kalau ternyata kesukaan saya pada ketan itu menurun dari ibu saya, he he he, ternyata selera bisa menurun ya.

Sama halnya dengan Sophie nih, entah kenapa kok dia suka sekali makan yang renyah-renyah tetapi cenderung suka yang plain, sama kayak bapaknya. Kalau keripik-keripik begitu sukanya yang tidak ada rasa-rasa, misalnya nih dia suka sekali keripik singkong plain, atau opak atau juga emping, nah kalau sudah coba yang ada rasa dia ogah. Ya bagus juga sih, bahaya juga kalau suka yang rasa-rasa secara suka ada MSG-nya kalau yang rasa-rasa.

Okey kembali ke ketan serundeng ini, resep yang saya gunakan dari sajian sedap saja - ketan kuning berserundeng, baca dulu bahan-bahannya dan eksekusi deh, setelah terlebih dahulu belanja ke pasar untuk bumbu-bumbu yang kurang, secara sudah beberapa hari ini belum ada masak-masak lagi.

Berikut resep ketan serundeng ini ya, jika tertarik dengan resep kue favorit saya yang lain silakan lihat lemper ayam, wingko babat, getas ketan hitam, onde-onde.

Ketan Serundeng

Bahan :
  • 200 gram beras ketan 
  • 75 ml santan dari 1/4 butir kelapa (saya gunakan 65ml santan instan + air)
  • 3 cm kunyit, diparut lalu masukkan 50 ml air, saring (saya gunakan 1/4 sendok teh kunyit bubuk dilarutkan dengan 50ml air)
  • 1 lembar daun pandan 
  • 1/2 sendok teh garam 
  • 1/4 sendok teh air jeruk nipis (saya tidak pakai)

Bahan Serundeng:
  • 100 gram kelapa parut kasar 
  •  2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 1/2 sendok teh garam 
  • 1 sendok teh gula pasir 
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
  • 5 buah cabai merah
  • 2 buah cabai rawit
  • 1 sendok teh ketumbar

Cara membuat :
  1. Rendam beras ketan selama kurang lebih 1 jam, tiriskan kemudian kukus selama 15 menit. 
  2. Campur santan, air kunyit lalu saring kemudian didihkan bersama   daun pandan dan garam. Masukkan beras ketan, aduk sampai meresap. Tambahkan air jeruk nipis, aduk rata.
  3. Kukus hingga matang kurang lebih selama 30 menit dengan api sedang-besar, angkat lalu sisihkan
  4. Cara membuat serundeng: panaskan minyak lalu tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas sampai harum, tambahkan kelapa parut, aduk rata sampai kering
  5. Masukkan garam dan gula pasir, cicipi rasanya, angkat dan sisihkan
  6. Ketika masih hangat, ambil ketan secukupnya, cetak dengan mangkuk kecil atau bentuk bundar saja dengan tangan, letakkan di piring saji, taburi dengan serundeng
ketan kuning serundeng
ketan kuning berserundeng
Nah semoga resep kue favorit : ketan serundeng ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya.
NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. emh nyam nyam banget kayaknya.. ada ketan bingung mau diapain heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh..nyam2 ini teh..kue jadul yang tetap jadi favorit

      Delete
  2. keliatannya lezaaat mba. kemarin mampir ke rumah mertua jg disuguhi ketan serundeng tapi ketanya putih. sayang ga sempat nyicipi, wara wiri nyuapi anak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, biasanya malah sering ketemu yang ketannya putih, ga sempat nyicip ya.. wah kalau gitu nanti buat sendiri aja mba...

      Delete
  3. hi Monic, salam kenal ya saya Femmy, lagi cari2 resep ketan serundeng kuning eh nyasar ke blog kece ini, makasih resepnya, ijin cobain ya :-) silakan main2 ke blog saya www.kaliskukis.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Femmy, salam kenal juga...silakan dicoba mba resepnya, semoga cocok ya
      terima kasih sudah mampir ke sini ya mba...sipp mba saya sudah mampir ke kaliskukis...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.