Resep Beef Burger dengan Caramelized Onion

resep beef burger with caramelized onion
Posting resep yang sudah cukup lama ngendon di draft, resep beef burger dengan caramelized onion. Punya ide buat caramelized onion karena sering lihat acara-acara masak di TV dan cukup sering lihat ada yang buat caramelized onion ini.

Karena saya suka dengan bawang bombay, maka tentu saja saya mau mencoba resep ini. Dan memang ternyata mudah untuk membuat caramelized onion ini, hanya saja butuh waktu yang cukup lama menurut saya untuk membuat bawang bombay benar-benar terkaramelisasi.  Sekitar 30 menit sampai 1 jam, cukup lama walaupun untuk membuat rendang yang membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam saya tidak keberatan, he he..

Jadinya karena saya tidak sabaran, hasilnya malah bawang bombay saya tidak benar-benar terkaramelisasi. Warnanya yang seharusnya kecoklatan, ini hanya bening dan hanya sedikit keemasan, tetapi menurut saya sudah ada rasa manis-manisnya khas bawang bombay walaupun saya tidak menambahkan gula. Jadi memang kalau mau benar-benar mendapatkan hasil yang bagus ya jangan dipangkas waktunya, ikuti sesuai resep..he he he

Nah walaupun resep begini cukup mudah dan cukup sering lihat, tetapi karena ini resep belum pernah saya coba sendiri, belum pernah rasa yang aslinya, maka tetap donk intip resepnya di blog orang lain, he he he. Jadi kali ini saya intip resep caramelized onion ini di blognya Elise-Simpy Recipes - how to caramelize onions.

Untuk membuat beef burger kali ini, bunnya saya beli jadi di swalayan, menggunakan bun gandum, nah jika mau buat sendiri bisa lihat resepnya di resep homemade burger bun metode sangjin ko. Bun burger homemade yang cukup mudah dibuat karena tanpa ulen, resep yang menjadi andalan saya sekarang kalau mau buat roti.

Untuk resep patty nya atau daging burgernya saya gunakan resep yang dulu pernah saya buat juga di beef burger with oatmeal bun. Nah bahan-bahan pendukung lainnya ya standar ya, timun iris, tomat iris, selada, saus tomat/saus sambal dan kalau suka bisa tambahkan mayonnaise. Nah yang tertarik untuk membuat mayonnaise sendiri yang tanpa telur, bisa lihat di eggless lowfat mayonnaise ya.

Ok deh sekarang langsung saya tulis saja ya resepnya, silakan

Resep Beef Burger dengan Caramelized Onion 
untuk 8 buah beef burger

Bahan :
  • 8 buah burger bun
  • 8 buah patty
  • 8 lembar selada
  • caramelized onion
  • irisan timun secukupnya (atau kalau mau enak, gunakan pickle/acar timun)
  • irisan tomat secukupnya
  • saus sambal/saus tomat
  • mayonnaise

Caramelized Onion

Bahan :
  • 2 buah bawang bombay ukuran cukup besar
  • 2 sendok teh olive oil
  • 1/2 sendok teh garam
  • gula secukupnya (optional, saya tidak pakai)
  • cuka balsamic atau anggur (optional, saya tidak pakai)

Cara membuat :
  1. Kupas bawang bombay, iris sesuai selera (saya bagi 2 kemudian saya iris melintang dengan ketebalan kurang lebih 5mm membentuk 1/2 lingkaran)
  2. Panaskan olive oil dalam teflon, tumis bawang bombay kurang lebih selama 10 menit sambil sesekali diaduk, kemudian tambahkan garam, aduk rata
  3. Masak kembali selama kurang lebih 30 menit sampai 1 jam sambil sesekali diaduk, jika suka bisa tambahkan gula
  4. Masak sampai kecoklatan, jika suka tambahkan sedikit cuka balsamic atau anggur sesaat sebelum diangkat  
Beef Patty

Bahan :
  • 250 gr daging sapi giling (saya gunakan chopper untuk menghaluskan daging, asal seperti dicincang saja, bukan sampai membentuk pasta)
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil, cincang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 5 sendok makan tepung roti
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 butir telur, kocok lepas

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan, bagi adonan menjadi 8 bagian, bentuk bundar kurang lebih diameternya hampir sama dengan diameter burger bun
  2. Olesi teflon dengan sedikit minyak, panggang beef patty sampai matang, balikkan dan masak sisi satunya sampai matang
  3. Angkat dan siap digunakan

Cara menyajikan :
Bagi 2 burger bun, olesi teflon dengan butter ataupun minyak, kemudian bakar sebentar rotinya
Susun bahan-bahan burger dengan urutan sesuai dengan selera, beri saus sambal/saus tomat dan mayonnaise jika suka

resep cara membuat caramelized onion burger
beef burger dengan caramelized onion

Nah semoga resep beef burger dengan caramelized onion ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga suka ya.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.