Resep Cumi Tauco Masak Hitam

resep cumi tauco masak hitam

Akhirnya setelah sekian lama, baru ini saya coba masak cumi begini, cumi tauco masak hitam. Secara selama ini hanya digoreng tepung saja, dan untuk beli pun saya tidak pernah makan yang masak hitam seperti ini.

Kalau beli paling juga gulai cumi isi telur di rumah makan padang, sesekali coba beli cumi sambal, itu juga di rumah makan padang. Yang masak hitam belum pernah makan. Nah ketika ke pasar, lihat hampir semua penjual ikan di pasar jual cumi-cumi, dan saya lihat kondisinya masih bagus, tidak amis dan dagingnya masih keras. Okeh deh, sekali-sekali masak cumi sendiri yang sedikit beda, tidak hanya digoreng tepung.

Mau masak cumi yang ditumis tauco saja, tanpa mengikutsertakan tinta cuminya, tetapi ketika tanya bapak Sophie, penah tidak makan cumi masak hitam, nah dia bilang pernah. Saya tanya lagi rasanya bagaimana, apakah dia suka. Dia bilang rasanya biasa saja dan dia juga biasa saja, terlalu suka juga tidak, tidak suka juga tidak.

Okeh deh, kali ini saya coba masak yang versi hitam saja deh. Biasanya saya masak cumi saya tidak gunakan bagian kepala dan tintanya tentu saja. Jadi kali ini kepala berikut tintanya saya selamatkan juga. Tadinya mau buang kepala juga, tetapi karena agak susah mengambil kantungnya saja, jadinya saya pakai juga kepalanya.

kantung tinta pada cumi cumi

Nah baru tahu saya kalau di kepala cumi itu, di bagian tengah ada mulutnya, jadi kalau kita tekan kepalanya akan muncul tongolan dan tongolan itu keras dan ada bagian hitamnya sedikit. Jika tekan lebih keras, tongolannya atau mulutnya itu akan terlepas.

Resep kali ini sih sebenarnya mirip-mirip resep gulai tauco untuk bumbu-bumbunya, hanya tentu minus santan. Jadi bumbu tinggal iris saja, oleh karena itu resep cumi tauco masak hitam ini tergolong mudah. Dan rasanya lezat menurut saya yang baru pertama kali masak cumi hitam begini. Rasa lezat karena penggunaan tauco juga sepertinya, karena menurut saya apa-apa yang dimasak dengan tauco rasanya lezat.

Yang tertarik melihat resep tauco, ini dia resepnya ya, gulai tauco ikan khas minang, gulai buncis tahu tauco tanpa santan, gulai tauco buncis khas minang, dan sambal tahu tauco khas medan yang tak kalah nikmatnya.

Okey deh, sekarang kita lanjut ke resep cumi tauco masak hitam ini ya... (karena baru coba, maka saya masak sedikit saja, dan karena tauco sudah asin maka saya tidak pakai garam lagi)


Cumi Tauco Masak Hitam

Bahan :
  • 250 gr cumi ukuran sedang-kecil
  • 2 buah jeruk limau atau bisa gunakan jeruk nipis satu buah
  • 1 buah tomat hijau, belah 8 bagian
  • 3 buah cabai hijau besar, iris serong
  • 3 sendok makan tauco
  • 5 butir bawang merah, iris
  • 3 siung bawang putih, iris
  • 2 cm jahe, iris atau bisa juga dimemarkan saja
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 100 ml air
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
 
 Cara membuat :
  1. Bersihkan cumi-cumi, pisahkan kepala dan badannya, buang bagian dalam cumi-cumi, buang tulang transparan cumi dengan cara menariknya, buang mulut cumi di bagian tengah kepala dengan cara menekan kepala dan akan ada tongolan yang keluar, tekan terus sampai tongolan lepas
  2. Cuci bersih cumi, kemudian kucuri dengan air jeruk limau secara merata, diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas, potong cumi sesuai selera
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih serta jahe sampai harum, masukkan daun salam, daun jeruk dan serai, aduk rata, masak hingga daun layu
  4. Tambahkan tomat hijau dan cabai hijau, aduk rata
  5. Masukkan cumi, aduk rata sebentar, tambahkan tauco, aduk sampai tumisan menjadi kehitaman, kalau kantung belum pecah,pecahkan dengan sutil atau sendok kayu
  6. Tambahkan air, aduk rata, masak hingga kuah mendidih, cicipi rasanya
  7. Masak sebentar saja jangan terlalu lama, kalau tidak cumi akan alot
  8. Angkat dan siap dihidangkan

resep cumi hitam tauco cabai hijau

Nah semoga resep cumi tauco masak hitam ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera....

Selamat mencoba....
NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Aku juga blom pernah masak cumi hitam mbak. Setiap beli cumi selalu dibuang tintanya.
    Jika tinta dimasukan kemasakan pengaruh gak kerasa mbak Mon?

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he, iya mba..sama donk kita ya..ini baru coba yang pakai tinta
      rasanya sih enak mba, gurih...tetapi bingung itu gurih karena tauco atau karena tinta cumi, hi hi hi....
      kalau kapan-kapan coba mau tau bedanya, ga pakai tauco deh...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.