Cumi Goreng Tepung Krispi



cumi goreng tepung krispi

Yeay.... akhirnya kita sudah berada di bulan terakhir tahun 2015 ini ya, begitu banyak yang kita alami selama 11 bulan terakhir, suka dan duka, perjalanan hidup dengan berbagai pelajaran yang kita dapatkan. Semoga kita menjadi orang yang lebih baik daripada hari kemarin ya...

Nah saya masih belum bosan dengan cumi-cumi, saatnya membuat cumi goreng tepung sendiri, hanya kali ini mau buat yang krispi, secara sudah tahu caranya membuat gorengan krispi dengan bahan yang aman. Walaupun begitu kerenyahan gorengan ini cukup bertahan lama.

Mau coba buat ayam goreng tepung krispi atau nama bekennya ayam goreng KFC, nah bisa lihat di ayam KFC abal-abal, atau mau mencoba membuat versi brokoli, silakan lihat di brokoli goreng tepung krispi, atau mau juga buat yang versi popcorn chicken, bisa kok lihat di popcorn chicken krispi.

Silakan memodifikasi bahan-bahan ini menjadi olahan gorengan yang krispi kriuk tahan lama. Nah penasaran juga dengan cumi-cumi, ternyata cumi goreng krispi ini enak juga. Ulala, enak lagi kalau nih cumi goreng tepungnya disiram saus asam manis kan....lebih nikmat pastinya.

Oh iya bicara melenceng sedikit ya, nah terus terang saya tidak begitu suka dengan foto ini, secara foto ini saya ambil setelah sekitar 2 jam cumi goreng tepungnya matang, hmmm biasanya saya mengambil foto tidak lama setelah masakan matang, karena untuk jenis masakan, biasanya akan berubah warna setelah beberapa lama. Jadi kalau masak, begitu masakan matang, harus cepat jeprat jepret.

Nah karena tidak memungkinkan, ada kerjaan lain, ngurus anak yang kelaparan, yang rewel, jadi tidak bisa langsung ambil fotonya. Ya begitulah ya...kadang di dapur itu susah juga, apalagi kalau semua dikerjakan sendiri. Mulai dari ke pasar, persiapan masak, masak dan kemudian menghidangkan makanan, memotret dan akhirnya membereskan kekacauan di dapur.

Untuk menghasilkan satu postingan juga tidaklah mudah, bagi saya ya, harus memasukkan foto ke komputer, memilih foto yang sekiranya cukup memadai, kemudian editing dengan membuat watermark, dll, lalu posting resep.

Nah resep paling tidak harus ditulis dulu, karena bisa jadi lupa, walaupun belum ditayangkan. Biasanya memang food blogger mempunyai banyak draft yang disimpan. Kemudian, harus mencari waktu yang luang untuk menampilkan satu postingan. Nah belum mengetik, butuh waktu dan kadang juga kalau tidak ada ide mau menulis apa, itu yang repot. Walaupun hanya curcol paling tidak ya ada prolognya.

Okey deh paling tidak ada gambaran sedikit ya proses yang harus dilakukan untuk menghasilkan suatu postingan. Jadi walaupun begitu, dengan keinginan berbagi dan tentu saja untuk kepentingan sendiri, maka postingan demi postingan saya kerjakan untuk menambah koleksi resep di blog saya. Ketika ada pembaca yang butuh salah satu resep di sini, silakan contek saja, dengan catatan tolong cantumkan sumber dan beri back link jika akan dishare di dunia maya. Beda jika hanya untuk konsumsi sendiri, hanya copy ke desktop untuk kemudian hari di print.

Semoga jumlah orang yang berniat jahat mencuri konten dari blog ini semakin sedikit, semoga yang berkunjung ke blog saya ini murni karena memang membutuhkan apa yang saya tulis, bukan karena mencari celah untuk kepentingan pencurian konten.

Okey, lanjut ke resep cumi goreng kriuk renyah ini saja ya...


Cumi Goreng Tepung Krispi

Bahan :
  • 300 gr cumi-cumi ukuran sedang
  • 2 buah jeruk nipis
  • 300 gr tepung terigu protein sedang
  • 300 ml air es
  • 1 sendok teh garam (sesuaikan dengan selera)
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
Bumbu rendaman : (semua bahan dicampur rata)
  • 8 siung bawang putih, haluskan
  • 3 butir kemiri, haluskan
  • 1 ruas jari kunyit atau seujung kuku kunyit bubuk
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh cabai bubuk (optional)
  • 1 butir telur ukuran sedang
Cara membuat :
  1. Cuci bersih cumi, buang tulang transparan dan bagian dalam cumi-cumi, buang mulut di bagian tengah cumi, lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas lalu potong ukuran kurang lebih 1cm
  2. Rendam potongan cumi dengan bumbu rendaman selama kurang lebih 30 menit sampai 1 jam hingga bumbu meresap
  3. Siapkan tepung di dalam mangkuk, beri garam dan merica bubuk, aduk rata
  4. Ambil potongan cumi, masukkan ke dalam tepung, cubit-cubit perlahan hingga tepung menempel, celupkan ke dalam air es asal basah, kemudian masukkan kembali ke dalam tepung, cubit-cubit perlahan kembali hingga tepung menempel dan kelihatan keriting
  5. Goreng dalam minyak yang cukup banyak yang sudah dipanaskan sebelumnya, gunakan api sedang saja, goreng hingga garing dan matang serta kecoklatan, angkat, tiriskan, cicipi rasanya, tambahkan apa yang dirasa perlu
  6. Lakukan proses di atas sampai semua potongan cumi habis
  7. Karena menggunakan potongan cumi, maka saya tidak melakukan proses mencelup-goreng satu persatu, saya lakukan proses melumuri dengan tepung sekaligus sekitar 6-7 potong, lalu satu persatu baru dicelupkan ke dalam air es, baru kemudian masukkan lagi ke tepung, kemudian satu persatu dicubit dengan tepung hingga keriting dan langsung goreng begitu selesai dilumuri tepung.
 resep cumi goreng tepung krispi
 
 
Nah nikmati cumi goreng tepung ini dengan cocolan sambal atau saus tomat atau bahkan mayonnaise....

Okey semoga resep cumi goreng tepung krispi ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...

Selamat mencoba......
 
 
 
NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Mbaakkk....prolognya panjang yaa..aku ngakak bacanya..soalnya kebayang repotnya trus tetiba ada yg copy paste aja getuuu..kzl ya boo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakkkk iya mba Vari, ternyata panjang prolognya ya....
      iya mba kesel banget deh kalau tahu ada yang copy paste ga ijin ga sebut sumber dan ga backlink lagi... duh.....
      ya resiko sih kalau eksis di dunia maya ha ha ha....

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.