Resep Mie Hijau Homemade



resep mie hijau homemade

Setelah sukses membuat mie telur sendiri, sekarang saatnya memodifikasi mie telur tersebut menjadi mie hijau, yeahh....homemade mie hijau memang comel, he he he... Dan masih dengan bahan resep yang sama dengan sedikit modifikasi, jadilah mie hijau ini.

Untuk warna hijaunya didapatkan dari jus sawi hijau. Jadilah warnanya hijau begini ya, hmmm lumayan cantik nih mienya dan pastinya lembut. 

Jadi kalau sudah mengantongi resep mie telur sendiri, atau bahkan mie warna begini, mudah sekali untuk membuat mie dengan warna yang lain, sebut saja mie orange, bisa menggunakan jus wortel, akan aneh kalau menggunakan jus jeruk, he he he....

Penasaran juga dengan mie hitam yang sumber hitamnya didapatkan dari tinta cumi-cumi, nah ini sepertinya akan menjadi resep yang akan saya coba juga. Lalu untuk mendapatkan mie merah, tinggal menggunakan buah bit saja.

Nah kalau dari segi kepraktisan memang membuat mie sendiri butuh sedikit usaha dan waktu, walaupun bahannya sangat mudah. Butuh kesabaran juga, apalagi kalau buatnya cukup banyak, nah kalau sedang mood memang bagusnya membuat mie sendiri. Dan kalau mau uji sabar boleh deh sering-sering buat mie, he he he...

Oh iya nih tadinya saya mau buat mie ukuran kecil, ealah ternyata alat giling mie kecil saya bermasalah, akhirnya buat mie ukuran besar lagi deh. Padahal enak kali ya kalau buat mie ukuran kecil. Kalau mengenai rasa sih sama saja sebenarnya.

Okey, lanjut ke resep sekarang ya....ini dia...

Mie Hijau
lihat konversi cup ke gram 

Bahan :
  • 5 lembar daun sawi hijau, blender dengan 75ml air, saring dan sisihkan 60ml jus sawi
  • 1 1/4 cup tepung terigu protein tinggi, misal cakra kembar
  • 1/4 cup sagu tani atau tapioka
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 butir telur ukuran kecil
Bahan taburan : 
  • 1/4 cup tepung sagu tani atau tapioka
Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur tepung terigu dan tepung sagu, beri garam, aduk rata, beri telur, jus sawi kemudian aduk hingga bergumpal (saya aduk hingga bisa dibulatkan)
  2. Diamkan selama 15 menit, uleni hingga rata dan kalis (saya uleni kurang lebih selama 2 menit)
  3. Giling adonan di penggiling mie, yang pertama saya lakukan, ambil sedikit adonan dulu untuk membersihkan alat penggiling mie, di bagian penggiling lebar, kemudian di penggiling mie
  4. Ambil 1/3 adonan, giling dulu di penggiling yang rata, dengan ukuran paling besar, di penggiling mie saya no.9 (saya lakukan 2 kali), kemudian perkecil ukuran menjadi no.7, lakukan juga 2 kali, lalu terakhir di no.5, lakukan 2 kali.
  5. Setelah itu baru giling di penggiling mie, saya lakukan di penggiling mie lebar (lakukan di penggiling mie kecil jika memang butuh mie kecil)
  6. Selama proses menggiling adonan, taburi adonan dengan tepung supaya adonan tidak lengket
    cara buat mie hijau sawi homemade

Untuk merebus mie : didihkan 1000ml air, beri 1 sendok makan minyak goreng, rebus mie hingga matang, angkat dan tiriskan, siap digunakan menjadi olahan mie. 


Nah mudah kan membuat mie hijau sendiri, hanya mengganti sebagian telur dengan jus sawi ini, hmmm semoga resep mie hijau homemade ini bisa bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga cocok ya dengan selera...

Selamat mencoba....


NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. asik ya kalo bisa bikin mie sendiri di rumah, lebih sehat. harus punya alat penggiling dl nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba Kania, kalau mau sedikit rajin memang enak buat mie sendiri di rumah, sehat pastinya, bahan-bahan yang dipakai suka-suka kita juga, lalu kalau mau mie warna yang menarik tinggal pakai pewarna alami...

      Delete
  2. Wadowww cantik banget warnanya mbak. Pengen buat juga, tapi saya paling malas ngeluarin cetakan mie. Jarang dipake. Pasti dah berkarat he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, hijau cantik mienya pakai sawi hijau gini...he2 memang susah mba awalnya mengeluarkan cetakan mie ini, nah begitu sudah keluar dari kardusnya, mumpung deh dipakai terus..

      Delete
  3. Waaah cantik deh warna mie nya.. sehat pula...
    Mbak mau nanya.. cara menyimpan mie nya supaya awet lama gimana?
    Bisa dikeringkan kaya mie telor kemasan itu ndak ya?
    Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Dian,
      iya mba cantik ya warna mienya... kalau mau nyimpan mie bisa dengan cara disimpan di kulkas untuk 3-4 hari, masukkan ke dalam platik tertutup
      Kalau mau lebih lama, bisa disimpan di freezer mba, nah kalau ini saya belum pernah coba sih..
      Kalau mau dikeringkan bisa dengan cara dioven mba, hanya setelah dicetak, mienya dirapikan, baru deh disusun di loyang kemudian dioven, nah yang ini belum pernah coba juga mba....

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.