Selai Buah Naga Homemade



resep selai buah naga homemade

Wuih... masih ingat kalau punya stok buah naga di kulkas, entah sudah berapa lama tuh buah naga ngendon di kulkas, nah kebetulan ada stok roti tawar kotak, yang biasa dibuat roti bakar ala abang-abang, ya sudah buat yang mudah saja deh, buah naganya dijadikan selai, jadi ceritanya selai buah naga homemade ini.

Kebetulan kemarin singgah ke toko bahan kue yang khusus menjual roti tawar kotak ini, jadilah lapar mata beli roti, tadinya mau tanya cetakan kue putu mayang, eh tidak ada...daripada pulang dengan tangan kosong, haiyaaaa.... akhirnya beli roti tawar kotak ini saja.

Membuat selai memang cukup mudah, apalagi kalau untuk konsumsi sendiri ya, hanya tambahkan gula intinya, masak hingga mengental, jadi deh. Jadi kalau mau benar-benar membatasi bahan-bahan olahan yang beli di luaran, alternatif selai homemade adalah pilihan kan. 

Nah beberapa kali pernah buat selai, yang mudah saja, misalnya selai nanas (untuk olesan roti bukan untuk isi nastar), selai mangga dan kali ini coba selai buah naga. Rencana dan angan-angan mau mencoba membuat sendiri selai srikaya, tapi apa daya mood tidak kunjung datang juga, halah...

Oh iya, karena dulu pernah buat selai nanas ada campuran irisan jeruk nipis, eh kok enak ya, akhirnya saya coba juga buat selai buah naga ini dengan campuran irisan jeruk nipis, nah menambah rasa deh jadinya. Tapi saya tidak jamin ya semua suka dengan rasa ini, kembali ke selera. Jika ada feeling tidak akan suka, monggo skip saja irisan jeruk nipisnya, boleh ganti dengan air jeruk nipis atau jus lemon saja.

Untuk takaran gula, disesuaikan dengan selera ya, karena tingkat kemanisan buah naga beda-beda dan selera manis seseorang juga berbeda, inilah enaknya proses cooking ini ya, bisa dicicipi rasanya, jadi bisa disesuaikan. Jadi yang namanya resep itu tidaklah baku, jangan terpatok pada resep tercantum, sesuaikan dengan selera saja, resep hanya patokan saja. Jadi jangan marah, atau sampai mengamuk hebat karena masakan yang dibuat keasinan atau kemanisan.

Gula dan garam juga beda-beda kan, nah saya beli gula dan garam juga setiap beda merek juga beda tingkat asin dan manisnya, jadi semua kembali lagi kepada selera. 

Oh iya, untuk buah naganya kali ini saya gunakan buah naga dari Barelang. Jadi kalau di Batam itu, ada produk-produk dari Barelang (Batam Rempang Galang), jadi kalau disebutkan dari Barelang, berarti dari daerah sekitar jembatan Barelang (itu tu, icon kota Batam), baik itu dari daerah sekitar jembatan I sampai dengan jembatan VI, karena memang tiap-tiap pulau dihubungkan oleh jembatan ini.

Jadi biasanya penjual buah, ataupun sayur, suka mengatakan, ini dari Barelang loh kak, atau telur juga dari Barelang. Nah biasanya kalau dari Barelang tentu lebih segar kan ya, tidak diangkut dari luar Batam, jadi jarak tempuhnya lebih dekat untuk sampai ke pasar. Nah yang sudah saya bandingkan memang buah naga Barelang ini lebih enak, karena lebih segar tentunya, sedikit lebih manis dari yang lainnya. Atau pepaya, rasanya lebih enak...biasanya saya suka bertanya ke penjual buah, pepaya Barelang yang mana? Selain itu telurnya juga, kalau dari Barelang tentu lebih segar, jadi sampai di pembeli masih dalam keadaan segar. 

Begitu deh ceritanya, abaikan kalau dianggap tidak penting, biasalah ya, harap maklum, pemilik blog ini suka menulis yang ada di pikirannya begitu saja, apa yang muncul di pikiran kala memposting resep ya dituliskan begitu saja, he he he... yang tidak tahan membacanya boleh loncat ke resep saja, ha ha ha...

Berikut resepnya ya....

roti bakar selai buah naga

Selai Buah Naga

Bahan :
  • 350 gr buah naga tanpa kulit
  • 4 sendok makan gula pasir (bisa tambahkan atau kurangkan sesuai selera)
  • 1 buah jeruk nipis, belah 2, iris tipis (atau bisa ganti dengan 1-2 sendok makan air jeruk nipis)

Cara membuat :
  1. Potong-potong buah naga, haluskan dengan garpu saja (tidak usah terlalu halus)
  2. Masukkan buah naga, gula pasir dan irisan jeruk nipis, aduk rata dan masak dengan api kecil hingga mengental
  3. Cicipi rasanya, tambahkan gula jika dirasa kurang manis
  4. Angkat dan dinginkan, simpan di wadah kedap udara, masukkan ke dalam kulkas supaya selai lebih awet

cara membuat selai buah naga homemade

Nah semoga resep selai buah naga homemade ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya.....



Selamat mencoba....



NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Ih canggih bgt bkin selai buah naga bgini..enak ga ya kira2 buat gueh? Hahaha nanya sendiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mba Vari....hmmmm kira-kira enak ga ya? balik nanya... ha ha ha

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.