Ayam Masak Nanas



resep ayam masak nanas

Masih agak lega sekarang, kerjaan belum banyak lagi, mumpung ada waktu, posting resep dulu ya, sudah cukup banyak foto-foto di laptop yang belum diposting, catatan resep sudah menumpuk juga di hp. Okelah hari ini saya tampilkan resep ayam masak nanas dulu ya. Masakan yang sangat mudah dan cepat dibuat.

Hmmmm sudah kebayang kan rasanya, pasti ada rasa asam manisnya kan... betul.. tapi ini sedikit lebih unik, ada aroma harum dari cengkeh dan pekak, lalu ada aroma kari juga, beuh..ramai kan rasanya...belum lagi ada tambahan lada hitamnya juga, penasaran?

Walaupun yang suka hanya saya, tapi menurut saya masakan ini best lah.. he he he.. sedap dengan aneka rasa dan aroma, apalagi ketika mengunyah nanasnya itu ha ha ha..Dulu sekali pernah masak daging masak nanas, waktu itu saya skip kari bubuknya, nah kalau sekarang, bumbu lengkap tanpa saya skip. Nah kalau yang beginian, yang makan hanya saya, kalau bapaknya Sophie kurang suka dengan masakan begini. Apalagi Sophie, malas sudah melihat masakan begini, merah itu menurut dia pedas, padahal tidaklah pedas. Dia sudah ogah duluan melihat penampilan ayam masak nanas ini.

Oh iya untuk bumbu karinya di sini saya gunakan bubuk rempah kari daging ya, nah di sini saya gunakan merk Malabar, banyak dijual di Batam, kalau saya katakan rasanya lebih nendang bumbu kari yang satu ini. Pernah coba bumbu kari yang lain rasanya malah aneh. Tapi itu kembali lagi kepada selera ya.

Hmmmm tidak ada bubuk kari bagaimana, tidak masalah, waktu saya masak daging masak nanas juga tidak pakai bubuk kari, tetap enak, tapi memang beda, bumbu kari memberikan sensasi rasa tersendiri yang khas, walaupun tipis saja. 

Masakan begini memang bisa jadi pilihan tepat kala waktu memasak sangat terbatas, persiapannya bahkan proses memasaknya sungguh tidak membutuhkan waktu yang lama. 

Wokeh... tanpa lama-lama lagi, lanjut ke resep ya, silakan.. 

Oh iya, temukan resep berbumbu kari lainnya di sini ya :
roti jala kari ayam 
vietnamese chicken curry  
kari ayam tanpa santan 

Ayam Masak Nanas

Bahan :
  • 150 gr dada ayam, potong kotak atau sesuai selera
  • 200 gr nanas yang sudah dipotong-potong
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong ukuran besar
  • 1 batang daun bawang, potong kurang lebih 1cm
  • 5 buah cabai merah, iris serong
  • 50 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu :
  • 5 siung bawang putih, parut
  • 2 cm jahe, parut
  • 1 sendok makan bubuk kari
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 1/2 sendok makan saus tiram
  • 1 butir pekak/kembang lawang/star anise
  • 5 butir cengkeh
  • 1 sendok teh lada hitam, haluskan

Cara membuat :
Tumis bawang putih dan jahe hingga harum, tambahkan cengkeh, bawang bombay dan pekak, aduk sebentar, masukkan bumbu kari, aduk rata, tambahkan dada ayam, masak hingga berubah warna, tambahkan daun bawang, cabai merah dan nanas, berikut saus tomat, saus tiram dan garam, aduk rata, tambahkan air, masak hingga kuah mendidih, cicipi rasanya. Angkat dan siap dihidangkan, taburi dengan irisan daun bawang jika suka.


Nah mudah sekali kan resep ayam masak nanas ini, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Replies
    1. sini mba, sekalian nasi ga he he he...

      Delete
  2. Wah, rasa nano-nano dong, mba.

    Eh pekak itu bentuk dan rasanya seperti apa sih, mba? Baru tahu soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Ima, nano nano rasanya...
      bentuknya kayak bunga mba, warna coklat, di foto ada mba, hayo kira-kira yang mana ya hi hi hi...

      Delete
  3. Perasaan komen aq di sini dah sent deh...tp kok gk muncul ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok mba Rini komentar mba Rini, cuma tadi belum sempat dipublish, maaf, ini tadi jaringan lemot, syukur bisa publish postingan
      pas mau publish komentar fail, harus reset modem bolak balik mba
      tapi sudah muncul di atas he he he..

      Delete
  4. Oohhh..., yang ditengah seperti bintang itu kan, mba?

    Ternyata masih banyak bahan masakan yang tidak saya ketahui nama dan bentuknya seperti apa. Untung ada Monic's Simply Kitchen, jadi bisa liat aneka bumbu, rempah-rempah dan lainnya yang masih asing bagi saya.
    Terimakasih mba Monic.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup benar sekali mba Ima, itu yang namanya pekak..
      mungkin sekali-sekali saya posting kali ya bumbu-bumbu masakan yang sekali-sekalinya dipakai.. yang tidak begitu umum untuk semua orang he he he...

      sama-sama mba Ima

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.