resep cupcake blackforest

Oh tidak... hari ini hari terakhir di bulan Juli, gawat.. hampir tidak ada satu pun postingan saya di bulan Juli ini. Akhirnya malam begini saya sempatkan dulu posting ya. Dan kali ini saya posting resep blackforest cup cake saja ya. Resep ala-ala saja, resep simple yang mudah dibuat tapi tetap enak rasanya. 

Nah makin hari makin ke sini semakin malas saja saya untuk ngeblog, padahal di pikiran saya sudah ada rencana mau posting resep ini resep itu tapi tertunda dulu. Seperti resep nastar daun jumbo, atau resep samosa, masih antri dulu.

Emak satu ini sedang sibuk di dunia nyata, sibuk-sibuk ala emak-emak rumahan deh... coba deh kalau yang merasa jadi emak terus harus mengurus anak-anak, suami dan satu lagi menjadi pekerja yang harus mengerjakan semua pekerjaan rumah, tanpa embel-embel asisten rumah tangga atau baby sitter atau mba pengasuh anak atau tukang ojek anak-anak. Coba.. terasa waktu itu habis dengan pekerjaan yang itu-itu saja, jiahhhh.. ini ceritanya bukan curhat malam hari ya.. hanya iseng saja menulis begini, biar panjang intronya... ha ha ha..

Yang salut itu emak pekerja di luar rumah tapi masih sanggup juga jadi emak pekerja rumahan, top dah.. nah yang suka buat sebal nih ada yang suka bicara, ya iyalah enak di rumah, kalau kita kan harus bekerja tidak banyak waktu untuk di rumah, memandang sebelah mata emak pengurus rumah tangga. Helowww...

Dulu saya pun bekerja sebelum saya memutuskan untuk berhenti bekerja, soalnya jadi susah membagi waktu, ketika saya sering terlambat datang ke kantor, lalu ketika anak sakit harus pulang lebih awal... lah dikira apa perusahaan itu punya nenek moyang saya... bisa seenaknya saja. Akhirnya saya memutuskan berhenti bekerja. Dan tada.... jadilah status saya emak rumah tangga. Walaupun begitu tetap semangat, apalagi kalau sudah punya hobi masak dan buat aneka makanan.. hmmm paling tidak ada yang bisa membuat hidup emak rumah tangga lebih berwarna seperti cup cake case yang saya gunakan kali ini..he he he..

Saya itu ketika membuat cup cake black forest ini sebenarnya sudah beberapa waktu sebelumnya sudah ingin membuat cake black forest tapi terhadang mood yang belum mengumpul dengan sempurna jadi buat yang versi cepat saja. Walaupun beberapa hari yang lalu saya sudah membuat cake black forest hanya saya malas untuk mengambil fotonya. Jadi habis begitu saja.

black forest cupcake resep

Nah cup cake black forest ini resepnya mirip dengan resep cup cake moka yang pernah saya posting sebelumnya, hanya sedikit modifikasi supaya lebih mendekati versi blackforest. Nah di cupcake ini saya menambahkan selai blueberry di tengah bagian cup cake, jadi adonan diisi dulu setengah bagian, baru semprotkan selai blueberry yang sudah dimasukkan ke dalam kantong segitiga. 

Untuk frosting, saya hanya menggunakan softcream yang saya beli di toko bahan kue, merk hollman. Di sini saya hanya mengocoknya dengan balloon whisk. Softcream hanya dicampur dengan susu kental manis. Sangat mudah.. kalau tidak ada softcream bisa gunakan whipped cream atau hanya gunakan butter dicampur susu kental manis atau bahkan bisa gunakan margarin, kembali ke pilihan selera dan ketersediaan bahan.

Okeh sekarang langsung ke resep ya... silakan..

Resep Black Forest Cupcake
untuk 12 buah

Bahan cupcake:
  • 130 gr tepung terigu protein rendah * ayak bersama
  • 25 gr coklat bubuk *
  • 1 sendok teh baking powder *
  • 1/2 sendok teh baking soda *
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 butir telur
  • 150 gr gula pasir
  • 80 ml minyak goreng
  • 120 ml buttermilk (susu cair ditambah 1 sendok makan cuka atau air jeruk nipis, aduk dan diamkan hingga mengental)
  • selai blueberry secukupnya 

Bahan frosting : (campur jadi satu dan aduk hingga lembut, gunakan saja sendok atau balloon whisk)
  • 125 gr softcream
  • 3 sendok makan susu kental manis

Bahan topping :
  • dark cooking chocolate, serut kasar
  • cherry merah tangkai

Cara membuat :
Siapkan loyang muffin/cupcake, alasi dengan paper case. Panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius. Di mangkuk, campur tepung, coklat bubuk, baking powder, baking soda dan garam. Aduk rata dengan balloon whisk atau garpu, ayak, sisihkan.
Di mangkuk lain campur telur dan gula pasir, kocok dengan garpu atau balloon whisk hingga tercampur rata, tambahkan minyak goreng dan buttermilk, aduk rata. 
Tuangkan campuran buttermilk ke dalam campuran bahan kering, aduk cepat asal rata, jangan overmix, adonan agak encer tidak kental. Tuangkan ke dalam paper case sebanyak 1/2 bagian case. Semprotkan selai blueberry secukupnya kurang lebih 1/2 sendok makan. Tuang lagi adonan sampai 3/4 bagian case. Panggang selama kurang lebih 15-18 menit. Keluarkan dari oven dan dinginkan. Beri frosting cream, hias dengan coklat serut dan cherry merah.


resep cup cake blackforest simple

Nah semoga resep black forest cup cake ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



resep roti goreng kari daging

Halo halo apa kabar? Jumpa lagi kita ya di pertengahan bulan Juni ini... what sudah pertengahan lagi.. biasa saya sibuk ha ha ha.. Hari ini sih lumayan sibuk, apalagi besok Sophie mau ujian semester. Kalau anak ujian, emak yang sibuk. Nah sekarang ini karena Sophie sudah kelas 2 SD jadi sudah mulai lebih mengerti pelajaran, jadi kalau ujian saya hanya bertanya saja, tidak perlu memberi soal latihan di buku.

Dulu kelas satu, setiap ujian, baik itu ujian harian, tengah semester atau semester akhir, saya selalu membuat soal latihan. Sedia buku khusus untuk latihan soal. Sudah seperti guru bimbel deh saya..aishhh. Nah tadi saya menguji Sophie materi tematik (sekumpulan pelajaran dijadikan satu, ya matematika, bahasa Indonesia, PPKn, PJOK). Ada soal yang saya tanyakan, kupu-kupu ciptaan siapa? Dengan lantang dia menjawab, ciptaan Tuhan. Loh..loh.. saya kemudian tersadar, lalu saya tertawa, lah.. saya yang salah.. harusnya saya bertanya, lagu kupu-kupu ciptaan siapa? Ahhh ibu.. harusnya memang pakai lagu di depan kupu-kupu begitu protes Sophie. 

Bapaknya yang mendengar langsung menyahut, iya bukan salah Sophie donk jawabnya.. ha ha ha.. dasar.. emak-emak ya..

Ok.. kembali ke resep ya.. sebenarnya banyak sih tabungan resep saya, tapi saya kekurangan waktu buat update blog. Nah setelah saya lihat-lihat, saya pilih resep roti goreng saja ya.. resep cemilan yang mengenyangkan. Apalagi isinya kari kentang pakai daging cincang lagi, beuh.. serius kenyangnya.

Resep roti goreng sendiri masih pakai resep yang sudah-sudah, resep andalan yang menurut saya cocok dan mudah sekali dibuat. Tapi rasanya enak, belum punya keinginan mencoba resep roti goreng yang lain.

Oh iya untuk isian resep di bawah ini lebih ya untuk satu resep roti, jadi isian ini bisa digunakan lagi atau yang saya lakukan isinya untuk samosa. Resep samosa menyusul... yipiii... 

Sipp.. lanjut ke resep ya.. oh iya resep serupa di sini ya.... roti goreng kentang sarden... ini juga sama enaknya..he he he..

Roti Goreng Kari Daging Kentang

Bahan :
  • 200 gr tepung terigu protein tinggi
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 butir telur
  • 1 sachet santan instan kemasan 65ml
  • 30 ml air
  • 1 sendok makan margarin

Bahan isian :
  • 300 gr kentang, kupas, potong-potong, kukus
  • 300 gr wortel, kupas, potong-potong, kukus
  • 300 gr daging sapi giling
  • 2 buah bawang bombay ukuran kecil, iris memanjang
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 100 gr kacang polong, saya gunakan kacang polong beku
  • 3 sendok makan bumbu kari bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat isian :
Haluskan kasar kentang dan wortel. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukkan daging giling, masak hingga berubah warna, tambahkan kentang, wortel dan kacang polong, aduk rata, tambahkan bubuk kari dan garam, aduk rata dan masak hingga tercampur rata. Cicipi rasanya, angkat dan siap digunakan.


Bahan pencelup dan pelapis :
  • tepung roti
  • air 

Cara membuat roti goreng :
  1. Di mangkuk, campur tepung, gula pasir, ragi instan dan garam, aduk rata, tambahkan telur, santan dan air, aduk rata dan uleni hingga kalis kurang lebih selama 2 menit
  2. Tambahkan margarin, uleni lagi selama kurang lebih 3-5 menit, bulatkan adonan dan tutup lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang kurang lebih 2x lipat (sesuaikan lamanya dengan suhu ruangan, jika panas bisa lebih cepat, jika dingin bisa lebih lama, kalau mau cepat bisa letakkan air panas di rak bawah oven dan adonan di rak atas oven yang tidak menyala, tutup oven, maka adonan akan lebih cepat mengembang)
  3. Kempiskan adonan, bagi menjadi 12 bagian, lalu bulatkan masing-masing, letakkan di wadah bertabur tepung tipis
  4. Ambil satu bulatan yang pertama kali dibuat, pipihkan dengan tangan, beri bahan isian, bulatkan kembali, letakkan di wadah bertabur tepung tipis, lakukan sampai selesai
  5. Ambil adonan roti, celupkan ke dalam air, balurkan ke dalam tepung roti, lakukan sampai adonan habis, biarkan mengembang selama kurang lebih 20 menit
  6. Siapkan penggorengan, panaskan dan beri minyak yang cukup banyak, goreng dengan api kecil sampai garing, kuning kecoklatan, balik dan lakukan hal yang sama
  7. Angkat dan tiriskan
roti goreng kentang daging


Nah semoga resep roti goreng kari daging kentang ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya..



Selamat mencoba...





OlderStories Home