Akhirnya : Tortillas Homemade

resep praktis tortillas homemade
Tortillas Homemade
Setelah kemarin dua kali gagal mencoba membuat homemade tortillas, akhirnya, walaupun menurut saya belum sempurna tetapi dengan resep otentik (hmm tidak juga sih soalnya lard sebagai shortening saya ganti dengan mentega putih/vegetable shortening)
Percobaan pertama menggunakan resep dari Rak's Kitchen, resep asli menggunakan olive oil, 1/4 bagian wheat flour serta 3/4 bagian all purpose flour. Tetapi tepung saya gunakan semuanya tepung serbaguna.
Percobaan kedua tetap menggunakan resep Rak's Kitchen, saya ganti olive oil dengan canola oil. Tepung masih semua tepung serbaguna.
Hasilnya tortillas yang keras, rapuh, tidak bisa lentur jika digulung. Berarti gagal kan. Walaupun dari segi rasa enak. Nah entalah apa yang salah ya..atau karena tidak diberi tahu persis takaran airnya ya..jadi mengira-ngira saja. Nanti saya cantumkan resep asli beserta linknya ya..siapa tahu ada yang penasaran dan ingin mencoba membuat tortillas versi Rak's Kitchen.
Tetapi heran lho..tortilla buatan Rak benar-benar bagus kelihatannya, lentur, tipis dan bisa digulung. Hmmm apa saya kurang jeli ya membaca step-stepnya.
Masih penasaran sih, lain kali saya mau mencoba lagi...semangat....

Akhirnya berburu lagi resep di internet, banyak sekali resep yang ada, tetapi untunglah tanpa sengaja saya nyasar di blognya Juanita's Cocina. Pertama sih kira yang punya blog namanya Juanita, nah cocina sendiri sih artinya dapur/kitchen. Ternyata setelah baca about me..ha ha ha ada cerita di balik penamaan Juanita itu. Dan yang punya blog adalah laki-laki, tetapi dia partner dengan istrinya makanya di akhir katanya dia bilang so here we are. Welcome to  our kitchen. Welcome to Juanita's Cocina.
Kembali ke tortillas, pada dasarnya intinya tortillas itu adalah penggunaan lard sebagai lemaknya. Dari gambar Jen, lard ini seperti mentega putih bentuknya. Nah bingung kan..baru dengar tuh  yang namanya Lard...ketinggalan sekali kan...langsung deh buka wikipedia..ternyata oh ternyata baru tahu kalau lard itu tuh lemak babi he he he...Jadi lard ini sudah digunakan sebagai cooking fat atau shortening atau bisa juga sebagai spread seperti halnya butter.

Lard lemak babi
Lard (sumber : wikipedia)
Tortillas dari Juanita's Cocina ini ini kelihatannya dari segi bahan dan proses sih sederhana. Waktu mau mencobanya sih deg-degan juga apa bisa ya jadi persis seperti yang dibuat oleh Jen. Hmmm H2C juga tadi. Ternyata berhasil, tidak keras dan patah jika digulung, kemudian waktu menggiling adonan mudah sekali. Adonan lentur sekali, wuihhh akhirnya...

Lain kali mau mencoba lagi deh, enak soalnya..rasanya sih mirip-mirip pancake. Dan enak sekali lho jika dimakan begitu saja dengan saus salsa. Yummy deh...
Untuk saus salsa sendiri nanti saya posting ya...
Saus salsa homemade dan tortillas
Tortillas dan saus salsa
Tadi sih sempat mau membuat burrito, belum pernah sih buat burrito tetapi banyak sekali kan resep burrito di internet. Tetapi malas sekali membuatnya. Lain kali saja deh.

Nah kali ini tortillas yang saya buat ukuran mini, secara pan datar adanya cuma yang kecil, jadi ya sekitar 10-12 cm saja diameternya. Di resep asli sampai diameter sekitar 20 cm.

Ok, lanjut ke resep ya : resep asli di Tortillas Juanita's Cocina
Yang saya cantumkan hanya setengah resep saja ya...

Tortillas

Bahan :
  • 1 cup tepung terigu protein sedang
  • 1/2 cup air
  • 2 sendok makan mentega putih
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
  1. Masukkan air dan mentega putih ke dalam panci.
  2. Panaskan hingga mentega putih meleleh
  3. Sementara itu campur garam dan tepung di mangkuk ukuran sedang
  4. Tuangkan campuran air dan mentega putih leleh 
  5. Aduk dulu dengan sendok hingga agak menyatu
    adonan tortillas homemade
    Adonan tortillas
  6. Kemudian uleni hingga tercampur rata dan adonan menyatu serta menjadi lembut dan halus (uleni kurang lebih 2 menit, agak panas ya menguleninya soalnya campuran air dan mentega putih leleh tadi langsung dituang) Menguleni bisa di dalam mangkuk atau pindahkan ke meja beralas tepung
  7. Bentuk bola dan tutup dengan plastik wrap, diamkan selama kurang lebih satu jam.
    resep tortillas homemade
    Adonan tortillas setelah ulen
  8. Setelah 1 jam, bagi adonan menjadi 8 bagian dan bulatkan, diamkan kembali selama 30 menit. Tutup kembali dengan plastik wrap.
  9. Siapkan meja kerja dan taburi dengan tepung.
  10. Ambil adonan, gilas dengan rolling pin. Bentuk bundar dengan ketebalan kurang lebih 1-2mm
  11. Sisihkan terlebih dahulu di bagian meja yang lain yang beralas tepung. Lakukan menggilas sampai bulatan adonan habis.
  12. Panaskan pan datar dengan panas sedang-tinggi (medium high)
  13. Masak tortillas kira-kira selama 30 detik, kemudian balikkan tortillas
  14. Masak kira-kira selama 1 menit kemudian balikkan lagi tortillas dan masak selama kurang lebih 30 detik. (tortilla mulai agak menggelembung)
  15. Angkat dan tutup tortillas yang sudah matang dengan serbet
Nah supaya tidak penasaran berikut resep tortillas Rak's Kitchen :

Homemade Tortillas Recipe

Ingredients :
  • 3/4 cup all purpose flour
  • 1/4 cup wheat flour
  • 3 tbs olive oil
  • 1/4 tsp baking powder
  • salt as needed
  • warm water as needed

Directions :
  1. Mix both the flours, salt, baking powder well in a bowl. Add olive oil and rub well. Gradually add required warm water and knead to a smooth dough. You can rest the dough for 15 minutes. Divide into 5 or 6 equal sized balls.
  2. Roll into thin discs, dust when ever needed with all purpose flour. Heat a pan and toast the rolled tortillas on both sides in medium flame until slight golden dots starts to appear,also take care its evenly cooked. 
Berikut ini hasil tortillas saya menggunakan resep Rak's Kitchen :
resep tortillas homemade gampang
Percobaan tortillas 1
resep tortillas homemade mudah
percobaan tortillas 2

Selamat mencoba ya...semoga sukses dengan homemade tortillas....semangka..semangat kakak....
NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Wah terima kasih banget resepnya. Tortila kalau beli mahal banget soalnya. Kalo misalkan taco shell yang kering gitu bisa nggak bikinnya? *ngelunjak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba/mas opiq..he he he tadi sempat mampir ke screwpine dan lihat kalau screwpine punya berdua ya..mas opiq sm mba tania...hard taco shell belum pernah buat..mungkin lain kali...pernah tau sih cara yang mudah buatnya..dari tortillas kemudian dioven lagi dan ada juga yang digoreng kemudian dilipat..he he he lain kali mau nyoba juga..penasaran juga sih bisa ga ya buatnya...

      btw makasih sudah mampir ya....

      Delete
    2. kalo udah coba buat di share ya supaya bisa nyobain juga hihihih

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.