Homemade Kaldu Bubuk Ayam

resep kaldu bubuk homemade
kaldu bubuk homemade
Wah sudah puasa lagi ya...selamat berpuasa ya bagi yang menunaikan ibadah puasa. Hmm posting resep kaldu bubuk ayam homemade non MSG dulu ya karena akhirnya saya coba juga buat kaldu bubuk ayam homemade ini. Setelah entah berapa lama ada di catatan saya. Nah karena ini ceritanya kaldu bubuk homemade tentu tujuannya supaya tidak menggunakan kaldu bubuk yang beredar di pasaran yang mengandung MSG. Walaupun ada juga kaldu tanpa MSG ya.

Sebenarnya saya sih biasa saja ya dengan penggunaan MSG, kalau saya masak sendiri tentu saya tidak gunakan kaldu bubuk ber-MSG ataupun kristal MSG yang nama bekennya vetsin ataupun micin. Tetapi kalau beli makanan di luar ya tentu jangan harap bebas MSG ya. Jadi selama bisa dihindari ya hindari, apalagi kalau suka pusing jika menyantap makanan dengan kadar garam dan MSG tinggi, sebaiknya ya hindari.

Memang sejak lama MSG ini jadi pro kontra ya, ada yang bilang bahaya buat kesehatan, ada yang bilang sudah bertahun-tahun pakai MSG tidak masalah kok. Nah menurut saya pribadi, penerimaan tubuh terhadap MSG itu berbeda-beda, ada yang tidak toleransi dengan MSG dan ada yang bisa terima tanpa efek samping. Jadi kenali tubuh masing-masing.

Memang tidak hanya kaldu bubuk ataupun vetsin yang jelas-jelas mengandung MSG, kadang kalau kita baca komposisi bahan olahan seperti saus teriyaki atau saus tiram, atau saus spaghetti botolan, ada merk tertentu mencantumkan bahan penguat rasa (Monosodium Glutamat atau Mononatrium Glutamat).

Selain itu jika kita cermat, ada snack-snack bisa jadi kacang telur, kacang gurih dan keripik-keripik ataupun biskuit gurih, nah ada tercantum juga bahan penguat rasa. Jadi kita kadang ya tidak menyadari kan, masak tidak pakai kaldu bubuk atau vetsin, tetapi tetap jajan di luar makanan yang ber-MSG.

Okey-okey..semua kembali kepada masing-masing ya, mau gunakan kaldu bubuk ber-MSG atau vetsin atau tidak sama sekali. Sebenarnya makanan gurih itu, menurut saya ya...selama memasak ini...kaldu alami didapatkan bisa dari daging-dagingan, ikan-ikanan dan tomat. Saya terus terang penyuka masakan gurih umami, jadi kalau masak ya harus campur salah satu bahan yang bisa buat gurih umami. Tetapi semua kembali ke selera masing-masing.

Nah bagi yang anti menggunakan kaldu bubuk ber-MSG maka kaldu bubuk homemade dari daging ayam ini bisa jadi salah satu solusi. Walaupun menurut saya proses membuatnya cukup menyita waktu tetapi hasilnya cukup memuaskan.

Seperti halnya resep-resep kaldu cair, bahan-bahan kaldu bubuk ya pada dasarnya sama saja, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, seledri dan garam. Bahn-bahan ini dihaluskan dengan chopper/food processor ataupun dicincang ataupun blender dengan sedikit sekali air. Lalu dimasak di teflon tanpa minyak (disangrai) hingga kering, lalu dioven, setelah cukup kering kemudian dihaluskan dengan blender kering. Kemudian oven lagi hingga cukup kering, dinginkan sejenak, kemudian blender lagi, oven lagi dan kemudian blender lagi. 

Dan menurut saya, mungkin sebaiknya supaya rasanya lebih nendang saya akan tambahkan lagi takaran dada ayamnya, atau sebaiknya nanti saya gunakan ayam segar, bukan ayam es. Hmmm secara ketika ke pasar saya cari ayam sate (dada ayam dengan tulang) segar eh tidak ada, jadi terpaksa gunakan ayam es, dan sepertinya itu pengaruh ke rasa juga.

Resep ini menggunakan resep mba Ndaru Gendis Shinta yang sharing resepnya di grup kuliner, terima kasih resepnya ya mba. Nah jadi ini termasuk resep latah juga ya, seperti halnya bolu jerman, bika ambon, donat klasik, martabak manis teflon dan yang tak kalah fenomenal : pom pom potato.

Di grup memasak fb memang kita bisa tahu hits suatu masakan, dan kalau sudah banyak yang coba tentu makin top masakan itu. Nah yang saya tidak saya suka, terkadang ada yang posting resep, hanya bilang resep by google. Hmmm harusnya tahu ya, google tidak mengeluarkan resepnya, google hanya sebuah mesin pencari yang menampung resep-resep tersebut. Apa salahnya kan kalau sebutkan sumbernya dari mana, nama yang punya resep siapa, dan kalau dari internet ya dari blog mana.

Ya hanya sebagai tanda kalau kita menghargai yang punya resep kan. Ya memang yang membagi resep sudah ikhlas kalau resepnya digunakan di dunia maya. Kalau tidak ikhlas kenapa dibagikan kan..logikanya begitu. Tetapi alangkah baiknya menyebut sumber, jadi tidak ada istilah pencuri di dunia maya ini.

Saya paling kesal jika saya blogwalking mencari resep, nah resepnya di beberapa blog sama saja, bahkan ada kata-kata yang salah juga sama. Kemudian ada yang posting, seingat saya resep rendang padang. Di kalimat pembukanya, kalau ibu saya bilang supaya rendang bisa berwarna hitam jangan pakai kunyit. Kalau tidak salah begitu kalimatnya, dan yang saya temui beberapa blog menulis begitu, jadi saya bertanya-tanya ibu siapa sebenarnya itu?

Kemudian saya ada share resep sate lilit, nah ternyata resep itu beredar, dan saya lihat ya kok main copy paste saja ya...ya tambahan tanda kurungnya sama. Kan apa salahnya tulis sendiri, kalau memang benar-benar mencoba resepnya. Ah tetapi kembali lagi berbesar hati....biarkan saja..berarti resepnya sudah OK..he he he...

Okey kembali ke resep kaldu bubuk ayam homemade ini ya..ini resepnya.

Homemade Kaldu Bubuk Ayam
resep : Ndaru Gendis Shinta dengan sedikit modifikasi oleh saya

Bahan :
  • 300 gr dada ayam tanpa tulang dan kulit
  • 25 siung bawang putih
  • 1/2 bawang bombay (saya gunakan 1 buah ukuran kecil)
  • 1 buah wortel (saya gunakan wortel berat kurng lebih 150gr)
  • 1 batang daun bawang (saya gunakan 2 batang)
  • 2 batang seledri
  • 2 sendok makan garam (saya gunakan 3 sendok teh)
resep kaldu ayam bubuk
bahan kaldu bubuk

Cara membuat :
  1. Haluskan semua bahan, bisa dengan chopper, food processor atau blender dengan sedikit air atau cincang
  2. Masak dengan menggunakan teflon tanpa minyak (sangrai) hingga kering sambil diaduk-aduk (gunakan api kecil supaya tidak gosong)
  3. Panaskan oven, set di suhu 150 derajat celcius
  4. Tuangkan ke loyang kue secara merata, panggang selama kurang lebih 15-20 menit sambil sesekali diaduk. 
    kaldu bubuk bahan
    bahan kaldu bubuk sebelum dioven
  5. Keluarkan dari oven, dinginkan sejenak kurang lebih 1 menit, blender dengan blender bumbu kering sampai halus
  6. Masukkan lagi ke dalam oven, panggang lagi hingga kering sambil diaduk sesekali. Keluarkan dari oven, blender lagi.
  7. Jika dirasa masih kurang kering, masukkan sebentar ke oven kurang lebih selama 5 menit, kemudian blender lagi.
  8. Dinginkan, simpan di wadah kedap udara
kaldu bubuk homemade
kaldu bubuk ayam homemade

Nah semoga resep kaldu bubuk ayam homemade ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya.
NewerStories OlderStories Home

12 comments:

  1. Replies
    1. Hai mba Ndaru, wah terima kasih sudah mampir mba..
      terima kasih resepnya ya, dan salam kenal juga mba

      Delete
  2. Hallo mbak..sya pingin buat kaldu bubuk sendiri nih..yang sya mau tanyakan klo ngga dioven jadinya gimna ya mbak, soalny sya ngga punya oven. Bisa ngga ya klo cuma disangrai aja? Trimakasih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Frensicha, bisa saja mba tidak dioven, hanya disangrai, hanya pastikan benar-benar kering ya, lalu kalau disangrai kan belum tentu bisa sekering kalau dioven, nah ini berpengaruh ke berapa lama tahannya kaldu bubuk ini, jadi pastinya daya tahannya lebih sebentar dari kaldu bubuk yang dioven, kalau sering digunakan kaldu bubuknya, saya rasa tidak masalah mba disangrai saja

      Delete
  3. hai mba, setelah jadi harus disimpan di dalam kulkas kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Wardah, setelah jadi tidak perlu simpan di kulkas mba, itu yang saya lakukan, hanya simpan di suhu ruang. Tapi harus pastikan kaldunya benar-benar kering.

      Delete
  4. Kalau disuhu ruang tahan berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Cynthia,
      kalau di suhu ruang kayaknya bisa tahan sampai sebulan kali ya mba, saya lupa.. selama tidak ada perubahan rasa dan aroma sih tidak masalah, asal pastikan benar-benar kering dioven, mungkin malah bisa lebih dari sebulan

      Delete
  5. Hallo mba monic,salam kenal. makasih sharing resepnya ya. pgn dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Elisa, salam kenal juga..sama-sama mba.. semoga cocok ya kalau sudah dicoba

      maaf ya komentar mba Elisa baru bisa saya balas sekarang, off ngeblog seminggu neh saya karena anak sakit

      Delete
  6. mbak, boleh tanya... kira2 jadi brp gram kaldu bubuknya dgn resep di atas? kira2 1lt air dikasi bbrapa gram kaldu bubuk di atas spy rasa bs nendang (terasa gurih ayam), mbak?.
    fungsi wortelnya apa cm untuk pewarna? kl tanpa wortel, apa bisa tetap enak?
    makasih buat reply nya. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Ira, wah sayangnya waktu buat ini saya tidak timbang mba jadinya berapa gram, tapi kalau kira-kira sekitar 100gr mungkin mba
      hmmmm berapa ya, 1-2 sendok teh mungkin cukup mba... tapi sesuaikan lagi dengan selera, kalau menurut saya sebaiknya ya dicoba, ketika sudah ditambahkan 1 sendok teh, dirasa, kalau dirasa kurang silakan tambahkan lagi

      fungsi wortel di sini memberi rasa manis sehingga kaldu rasanya lebih umami, kalau tanpa wortel sih bisa saja hanya mungkin kurang lengkap rasanya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.