Sup Brenebon Khas Manado

sup kacang merah khas Manado
sup brenebon khas Manado
Sup brenebon, sup kacang merah khas orang Manado, sup yang juara deh rasanya (menurut saya dan tentu saja yang suka sup ini) dan bukan hanya andalan orang Manado saja, tetapi juga andalan orang-orang Timur pada umumnya. Sup ini sama tenarnya dengan panada, roti goreng isi ikan tongkol.

Walaupun saya bukan orang Manado, tetapi sudah dari kecil sudah cukup sering menyantap sup brenebon ini. Kalau di rumah, kami bilang hanya brenebon. Nah ini untuk pertama kalinya saya membuat sup ini sendiri. Setelah bertahun-tahun saya tidak pernah lagi menyantap sup brenebon ini.

Secara kalau ke pulang ke Palembang, saya tidak pernah terpikirkan untuk minta ibu saya memasak sup ini. Nah baru sekarang deh sedang ingin makan sup brenebon. Hmmm idenya sih ketika iseng beli kacang merah, tadinya berpikir mau diolah jadi apa, mau buat es kacang merah khas Palembang atau buat pasta kacang merah, mau buat bakpao, tetapi bapaknya Sophie minta dibuatkan sup.

Okey, dulu pernah buat sup kacang merah daging sapi, nah kali ini ingin buat yang sedikit beda, ya beda tipislah ya. Memang sup ini kalau dilihat bumbunya cukup minimalis, rempahnya hanya menggunakan pala, merica dan cengkeh. Tidak seperti sup-sup yang saya buat lengkap dengan kapulaga, pekak dan kayu manis.

Tadinya mau ditambahkan juga, ah tetapi rasanya tentu tidak sama dengan brenebon, dan kalau mau tambahkan wortel dan kentang, ah tidak sama juga. Hmmm kali ini mau yang versi orisinil-nya buatan ibu saya saja. Dan ternyata Sophie doyan dengan sup kacang merah ini, makanya saya masukkan ke kategori makanan anak juga sup brenebon ini. Dulu pun keponakan saya suka sekali dengan sup ini. Dan kami kakak beradik pun waktu kecil ya suka sekali dengan sup ini

Nah untuk memasak sup ini saya menggunakan panci presto, dengan tujuan menghemat waktu memasak. Saya suka kacang merah yang empuk, jadi kacang merahnya sudah saya rendam dulu selama kurang lebih 12 jam. Dengan sekitar 2x mengganti air rendaman.

Karena saya menggunakan daging untuk rendang, entah bagian mana daging itu ya, tetapi kalau ke pasar suka beli daging yang khusus rendang. Nah biasa kalau beli daging rendang, si penjual sudah siap potong-potong daging ukuran rendang standar. Kita tinggal bilang potong rendang ya bang. Jadi daging ini cukup empuk dan tidak berlemak/bergajih.

Jadi yang saya lakukan adalah memasak kacang merahnya terlebih dahulu dengan panci presto selama kurang lebih 15-20 menit, dimana kacang merah sudah cukup empuk. Lalu dinginkan sejenak sampai panci presto bisa dibuka tutupnya, kemudian tambahkan air dan masukkan daging sapinya. Masak kurang lebih selama 15-20 menit, kacang merah bertambah empuk tetapi tidak hancur.  Dinginkan lagi sejenak, sampai bisa dibuka tutupnya. Sementara itu siapkan bumbu-bumbu dan daun bawang serta seledri. Masak biasa tanpa dipasang tutup panci prestonya.

Nah yang mau resepnya ini dia ya, silakan.

Sup Brenebon Khas Manado

Bahan :
  • 400 gr daging sapi tanpa lemak/gajih (daging rendang), potong kotak sesuai selera
  • 250 gr kacang merah
  • 3 batang daun bawang, potong ukuran 3cm
  • 3 batang daun seledri, potong ukuran 3cm
  • 2000 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis bumbu
  • 5 butir cengkeh
  • 1/2 butir pala, haluskan
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • irisan daun bawang dan seledri untuk taburan

Bumbu halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih

Cara membuat :
  1. Rendam kacang merah selama kurang lebih 12 jam (ganti air rendaman kurang lebih 2x, bilas lagi)
  2. Siapkan panci presto, masukkan kacang merah, tambahkan air 1000ml, masak selama kurang lebih 15-20 menit sampai kacang merah cukup empuk, matikan api kompor, dinginkan panci sampai tutup panci bisa dibuka
  3. Masukkan potongan daging sapi, tambahkan sisa air, masak kembali selama kurang lebih 15-20 menit sampai daging empuk, matikan api kompor, dinginkan sampai tutup panci bisa dibuka
  4. Letakkan kembali panci di atas kompor tanpa dipasang tutup, sementara itu tumis bunga pala dan cengkeh sampai harum, masukkan bumbu halus, tumis kembali sampai harum dan cukup kering
  5. Masukkan tumisan bumbu ke dalam panci, aduk rata, tambahkan daun bawang dan daun seledri, tambahkan garam, masak hingga daun bawang dan seledri mulai sedikit layu
  6. Cicipi rasanya, angkat dan sajikan hangat dengan taburan daun bawang dan daun seledri
sup brenebon khas Manado
sup kacang merah khas Manado
Okey, semoga resep sup brenebon khas Manado ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera.


NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Suka banget,waktu plg ke Palu.Kakak sepupu masak buat hidangan arisan:-))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahai, sama mba, saya kok suka banget dengan sup brenebon ini...memang cocok nih jadi hidangan arisan, he he he...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.