Roti Bakar Abang-abang versi Sandwich



roti bakar sandwich telur

Saya masih keranjingan juga beli roti bakar khusus abang-abang ini, yang bentuk roti tawarnya kotak lalu ada alur begitu. Nah kalau sedang melewati daerah di mana ada toko bahan kue yang menjual roti tawar begini, ya menyempatkan diri mampir, walaupun hanya sekedar beli roti tawarnya saja. 

Setelah beberapa kali coba buat yang standar, misalnya isi keju, saya sudah posting resepnya di roti bakar abang-abang, dan versi keju blueberry, sudah juga saya posting di resep roti bakar keju blueberry, nah penasaran dengan yang versi gurih, jadi yang saya buat ini roti bakar ala abang-abang tapi versi sandwich.

Kalau standar di abang roti bakar, biasanya yang versi gurih itu telur kornet ya, nah yang saya buat kali ini hanya versi telur orak-arik saja, tanpa kornet. Ehh kalau mau yang versi lebih enak, lebih gurih, bisa kok pakai tuna kaleng spread, yang ini dijamin enak endes lezatoss. Dulu pernah saya posting di resep tuna sandwich. Hanya yang itu pakai roti tawar biasa dan tanpa dibakar dulu rotinya, kalau mau silakan dibakar saja, gunakan teflon saja.

Membuat roti bakar sandwich kali ini, suka-suka kita sih, kalau mau mudah, ya bakar dulu rotinya, baru diisi dengan seluruh bahan isian, hanya memang terkendala ketika mengisinya roti masih panas, jadi harus perlahan juga. Nah kalau mau bisa juga roti dibelah dulu, diisi semua bahan isian, baru deh dibakar, hanya tentu saja ketika membalik rotinya di teflon harus hati-hati jangan sampai isinya berhamburan keluar.

Yang saya lakukan, sebelum dibakar, roti diisi dulu sebagian, jadi roti saya belah kemudian saya beri saus sambal, susun tomat, timun dan bawang bombay, baru dibakar, ketika sudah matang baru bahan-bahan lain dimasukkan, seperti telur orak-arik, daun selada, keju slice, dan mayonnaise. Mengenai cara mengisi sandwich roti bakar ini kembali kepada kesukaan masing-masing ya, hanya memang harus perlahan.

Ketika sudah diisi semua bahan, roti bisa dipotong-potong, gunakan pisau khusus roti atau pisau yang tajam, kalau saya gunakan pisau roti yang bergerigi, jadi cukup mudah memotong roti bakar sandwich ini, walaupun memang tetap ya harus perlahan dan hati-hati juga supaya roti ini terpotong dengan cukup baik dan rapi.

Mengenai rasa, tentu saja roti bakar sandwich ini enak loh, walaupun hanya pakai telur orak-arik, secara bahan tambahan lain juga menyumbang rasa dan menyumbang kesegaran seperti halnya tomat, daun selada dan timun, lalu ada renyah-renyah bawang bombaynya juga, tapi memang setelah makan sandwich ini mulut agak sedikit bau bawang, ha ha ha....

Yang mau usaha roti bakar, atau yang sudah, nah boleh donk ya, sedikit dimodifikasi menu roti bakarnya, colek Lasmaita yang punya niatan buat usaha roti bakar ini. Selain roti bakar standar, roti bakar versi sandwich ini bisa jadi alternatif, nah mengenai harga disesuaikan dengan bahan-bahan yang digunakan. Beda tempat beda harga donk ya....

Oh iya sebelum lupa, di postingan roti bakar ini mau colek mba Nisya juga dari Bandung, semoga mba Nisya baca ya, punten pisan ya mba, komentar mba Nisya di roti bakar keju selai bluberry lama sekali baru saya publish, secara memang komentarnya masuk di spam.

Nah penyakit saya ini terkadang lupa mengecek komentar spam, jadi terkadang ada komentar yang seharusnya bukan spam ealah malah masuk ke spam, jadinya komentarnya tidak segera saya publish, bukan karena komentarnya bermasalah ya..  Jadi kalau ternyata ada komentar yang sekiranya tidak muncul, jangan pundung atau merajuk atau ngambek ya.....maafkan...

Tetapi komentar yang sama sekali tidak berhubungan dengan topik blog ini, komentar yang mengandung unsur SARA (sampai saat ini belum ada komentar yang SARA, semoga tetap tidak ada) dan saru baik di isi komentar ataupun di nama/URL, maka komentarnya tidak akan muncul, he he he....

Okey deh kelamaan lagi, monggo ini dia resep roti bakar abang-abang versi sandwich yang saya buat...

resep roti bakar gurih abang abang

Roti Bakar Sandwich

Bahan :
  • 1 buah roti tawar kotak
  • 4 sendok makan saus sambal extra hot (sesuaikan dengan selera)
  • 3 sendok makan mayonnaise (sesuaikan dengan selera)
  • 4 butir telur, orak-arik dengan sedikit minyak
  • 1 buah tomat ukuran besar, iris tipis kurang lebih 2-3mm
  • sedikit timun, iris tipis kurang lebih 2mm
  • daun selada secukupnya sesuai selera
  • 1 buah bawang bombay, iris melingkar tebal kurang lebih 3-4mm, lepaskan masing-masing sehingga menjadi cincin
  • 2 buah keju slice, patah-patahkan
  • 2-3 sendok makan margarin untuk mengoles teflon

 Cara membuat :
  1. Belah 2 roti tawar sampai putus, kemudian ambil satu bagian, belah 2 tanpa putus, lakukan untuk satu bagian lainnya
  2. Oles dengan saus sambal, beri irisan timun, tomat dan bawang bombay, bakar di teflon yang sudah diberi margarin sampai permukaan kecoklatan dan ada gosong-gosongnya sedikit, balik dan lakukan di sisi sebaliknya, angkat
  3. Sisipkan di bagian tengah tersebut dengan bahan-bahan lain, urutan tidak menjadi masalah, sesukanya saja
  4. Potong-potong dan siap disajikan


resep roti bakar abang abang sandwich


Nah semoga resep roti bakar abang-abang versi sandwich ini bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi ya, selamat mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba....


NewerStories OlderStories Home

5 comments:

  1. wuih enaknya,,,
    aku kalau dengar kata telur orak - arik, fikiranku langsung tertuju pada warung burjo mbak Monic,,, soalnya tiap hari aku selalu nangkring di warung ini,,, hehehe...
    Ew ini malah di buat sandwich, hemmmm jadi penasaran ama rasanya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mas, walaupun cuma pake telur orak-arik, sandwichnya wuenak tenan le leduk pokoke...he he he..

      Delete
  2. ngebayangin pasti enak banget. Sekaligus ngebayangin kalo makan sandwich ini mangapnya seberapa lebar ya hahahaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran enak mba...suer he he he... tapi ya itu mba, kudu nyiapin kondisi rahang benar-benar relax supaya bisa mangap yang selebar-lebarnya ha ha ha..
      kalau ga tumpah-tumpah tuh isinya semua, atau makan di bawahnya ada piring, jadi kalau tumpah-tumpah ya tinggal dipungutin masuk mulut ha ha ha..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.