Nastar (Lagi, masih nastar NCC)



resep nastar klasik ncc keju

Yuhuuuu... ada yang sudah sibuk-sibuk dengan olahan kue kering? ahai saya salah satunya ya.. nah tidak lengkap kalau tidak buat kukis favorit ini, ya paling tidak favorit saya, bukan favorit Sophie, dia sama sekali tidak mau makan nastar, dia katakan tidak suka dengan bagian tengahnya. Duh duh padahal apalah arti nastar tanpa bagian tengahnya itu kan he he he..

Nah masih edisi suka dengan resep nastarnya NCC, maka saya buat lagi nastar pakai resep ini, hmmm apa yang dibuat beda ya, masak sama lagi dengan nastar NCC sebelumnya, ahai, beri taburan keju parut saja, walaupun kalau begini tidak bisa disebut nastar keju secara tidak ada keju di adonan kulitnya, jadi malu ah kalau diberi embel-embel keju juga, kesannya maksa ha ha ha...

Sekarang ini saya sudah bisa menikmati membuat kue kering, dulu membuat kue kering adalah siksaan buat saya, secara membuat kue kering ini cukup ribet, dan berefek kepada sakit pinggang saya akibat tulang bergeser, nah sekarang bebas, jadi membuat kue kering tidaklah begitu menyiksa, apalagi saya sudah tahu karakter oven saya, dan kapasitas oven yang cukup besar, sekali panggang bisa 2 loyang ukuran 40x40cm, uhuy sangat membantu sekali.

Tapi, tetap ada tapinya nih, membuat kue kering memang jauh lebih lama dibanding dengan membuat cake ataupun muffin atau brownies, secara kan walau adonan yang kita buat sepertinya sedikit, nah loh begitu sudah kita kerjakan kok banyak ya... ha ha ha.. ya iyalah ya.. kan adonan diambil sedikit-sedikit, dibentuk dan perlu dioles satu-satu lagi, nah kebayang tidak kalau membuat kukis milo doggie yang harus menempelkan mata, hidung dan telinga juga, satu-satu, repot memang, tapi kalau sudah jadi, senangnya.

Untuk nastar kali ini saya buat ukurannya agak besar, jadi adonan kulit saya buat 10gr, kali ini saya timbang satu-satu supaya seragam, kalau selai nanasnya saya bulatkan dengan berat kurang lebih 4-5gr, yang ini tidak pakai timbang, hanya timbang pertama, selebihnya kira-kira he he he..

Yang ini juga berbeda sedikit di olesan kuning telurnya, yang ini saya oles sebelum masuk oven, tidak pakai panggang dulu, keluarkan baru dioles, dan tidak pakai oles lebih dari satu kali. Jadi warnanya tidak begitu menarik sih, mana kuning telurnya juga tidak begitu kuning, campuran madu juga tidak mendukung, malah menyebabkan olesan lengket di loyang, jadi ada beberapa nastar yang lengket karena olesannya lengket. Lain kali mungkin pakai kuning telur bebek kali ya biar cantik warnanya.

Okeh deh, tapi dari segi rasa, tidak diragukan lagi... mantap surantap deh, juara.. kayak makan nastar harga yang mahal itu..ha ha ha... oh iya saya buat setengah resep di bawah ya..

Temukan resep kue kering lainnya di sini ya :
 
Nastar NCC topping keju
Bahan kulit:
250 gr margarin
250 gr mentega
100 gr gula halus
4 butir kuning telur
700 gr tepung terigu (saya gunakan tepung terigu protein rendah)
4 sendok makan susu bubuk fullcream (saya ganti dengan tepung maizena) 

Bahan olesan:
3 btr kuning telur, kocok lepas dengan 1 sdt susu cair (saya gunakan campuran madu)
  
Bahan taburan :
keju cheddar parut secukupnya
 

Cara membuat:
Kocok sebentar margarin, mentega, gula dan telur, cukup sampai tercampur saja (saya hanya kocok dengan balloon whisk). Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
Ambil sedikit adonan, timbang dengan berat kurang lebih 10 gr (saya timbang dulu sekitar 10 buah baru proses selanjutnya), pipihkan tanpa dibulatkan, isi dengan selai nanas, bentuk bulat, susun diloyang yang sudah dioles margarin tipis, beri jarak satu dengan yg lain. Lakukan sampai selesai, olesi dengan bahan olesan, taburi dengan keju parut, panggang selama kurang lebih 30 menit dengan suhu 150 derajat celcius dengan oven yang sudah dipanaskan dulu.  Keluarkan dari oven dan dinginkan, masukkan ke dalam toples.
 

Selai Nanas 

Bahan:
4 bh nanas palembang, parut atau blender
200 gr gula pasir
1 sdt garam
1 potong kayu manis
3 butir cengkeh  

Cara membuat:
Masak nanas halus bersama airnya, garam dan kayu manis hingga kering. Tuang gula pasir, masak terus dengan api kecil hingga kering dan liat. Angkat, dinginkan, simpan di kulkas terlebih dahulu, ketika akan dipakai bulatkan terlebih dahulu.


Nah semoga resep nastar ala NCC topping keju ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya..


Selamat mencoba....



NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Saya juga tidak begitu doyan sama nastar, mba. Kalau ada yang lain, saya pasti pilih yang lain. Apalagi sejak saya alergi telur, jadi yang mengandung telur jauh-jauh deh sana, heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada juga loh eggless nastar, yang itu juga ga suka ya?

      wah toss donk dengan Sophie ga suka nastar he he he..

      Delete
  2. Ini favorit aq jg mba...gk lengkap rasanya klo lebaran gk ada nastar.

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kue nastar memang favorit he he he..

      Delete
  3. Mbä Monic Aku uda buat Palm cookiesnya n rasanyaaa enaakk😘 skrg mau buat nastarnya.. sblmnya makasi ya Mbä utk resep n infonya yg legkap n sgt jelas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai mba Lina, wah sudah coba ya... mantap.. wah senang kalau mba Lina suka juga dengan kue kering ini, sama-sama mba Lina, senang deh saya..
      bagaimana nastarnya? sukses mba?

      Delete
  4. Ah Sophie, bagian tengah nastar itu enak, manis-manis asem, hehehe. Itu olesannya dicampur madu, berarti pas nastarnya matang, rasanya jadi manis atau bagaimana, Mbak Monic?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha.. tuh dia mba Eva, padahal itu yang enak kan ya..he he he... iya mba dicampur madu, tapi sedikit aja mba, 1/4 sendok teh aja, untuk 1 buah kuning telur
      rasanya sih tidak ngaruh banget mba... jadi ga manis juga kok, ketutupan sama manisnya selai dan kulitnya nastar ini he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.