Stik Kentang Keju - Monic's Simply Kitchen

Monday, September 23, 2019

Stik Kentang Keju

resep stik kentang keju

Postingan ke-5 di bulan September ini, yeayyyy... rekor tahun ini he he he..padahal ya lumayan banyak resep menumpuk. Kalau resep menumpuk di buku catatan saya, nah kalau foto ya menumpuk di komputer atau kamera karena belum sempat saya pindahkan. Jadi pada antri nih resep-resep mau ditampilkan... antrilah di loket untuk beli tiket, siapkan dompet, awas ada copet... ha ha ha... ketahuan kan saya generasi yang mana...

Hayooo siapa yang tahu lagu itu..yup siapa lagi kalau bukan lagunya Project Pop..uhuy.. terkadang sampai sekarang saya masih ingat beberapa syair lagu mereka. Misalnya, bakpia..bakpia..bakpia pathok, kue jogja kecil dan mencolok...bla bla.. lumpia lumpia lumpia basah, makanan lezat murah meriah.. ha ha ha kalau ingat lagu itu loh..

Nah entah mengapa kok mereka menandingkan lumpia basah versus bakpia ya...mungkin karena kedua makanan ini sangat terkenal waktu itu. Lumpia basah sendiri memang terkenal di Bandung, hmmm entah kapan terkenalnya, setahu saya, sejak saya di Bandung, ya jajanan saya pulang kuliah kalau tidak gorengan di pojok jalan atau lumpia basah ini. Kalau gorengan kan penjualnya mangkal ya, jadi turun angkot, ya tinggal mampir. Nah kalau lumpia basah ini untung-untungan, si bapak yang jual kadang ada kadang tidak. Jadi kalau ada, saya selalu beli... awalnya penasaran, ealah kok enak ya...akhirnya suka deh dan selalu beli. Dulu saya pernah buat juga lumpia basah, penasaran, setelah sekian lama tidak pernah makan lumpia basah, buat sendiri... lumayan miriplah..ha ha ha..

Oh iya.. dulu mungkin lumpia basah menempati posisi pertama makanan terkenal di waktu lagu ini keluar kali ya... nah sekarang mungkin cireng atau bahkan seblak kali ya he he he...

Dan sampai hari ini walaupun sudah banyak sekali inovasi makanan di Jogja, tapi bakpia pathok tidak lekang oleh waktu. Dan sekarang dengan berbagai varian rasa tentu saja, tapi bagi saya bakpia pathok kacang hijau masih the best lah..

Aitsss malah bicara lumpia dan bakpia, padahal saya ini sedang menampilkan resep stik kentang keju, malah ngelantur toh kemana-mana. Hmmm sempat terpotong tadi, ada insiden anak perempuan main-main hp saya, ganti password akun saya melalui hp, alhasil saya yang sedang mengetik di laptop tiba-tiba dapat peringatan kalau saya log out from another device, ya saya langsung sadar, kalau ini pekerjaan anak perempuan saya. Langsung email datang, dan harus recovery email... dan blogger saya tentu saja mati dulu.. duh duh menambah kerjaan emaknya saja nih anak.

Hadeuhhh dulu juga pernah dia begitu, main-main password, sama bapaknya sudah diberitahu, nah sekarang kejadian lagi. Kali ini dia benar-benar ketakutan karena merasa sangat bersalah. Hmmm apakah nanti kejadian lagi? ha ha ha begitulah punya anak kalau dibiarkan memegang hp.. Seperti kejadian sekitar 2 hari lalu, tetangga saya yang kebetulan jualan ayam penyet, ketika saya hendak membeli ayam penyet, saya dapati si ibu sedang mengomel, lah ada apa toh? kok semangat sekali mengomel begitu tanya saya, ini loh bu, anak perempuan saya ini.. hpnya diberi password, ini orang tuanya sendiri loh tidak bisa membuka hp-nya. Kan keterlaluan bu... aihhh masih terus panjang omelannya, si anak diam saja diomelin.. ah anak sekarang ya..

Lalu saya katakan, sudah berhenti dulu ngomelnya, saya mau beli ayam nih, eits tapi ya si ibu masih saja mengomel, masih kesal...hi hi hi... lah kejadian di saya, beda kasus sih tapi ya masih sekitar password juga. Jadi tadi karena kesalnya saya, langsung deh saya katakan, nanti kamu tidak boleh lagi pegang-pegang hp ibu ya.. si anak hanya bisa terdiam.

Okey deh balik lagi ke tema awal, jiahhhh... nah eksekusi makanan satu ini sudah cukup lama, saya lupa kapan tepatnya. Jadi ketika ada stok kentang lumayan banyak, hmmmm mulai deh kepikiran mau dibuat apa nih, selain perkedel, atau campuran gulai atau sambal goreng kentang. Ya ujung-ujungnya itu lagi kan kalau emak punya kentang he he he..

Ahai coba buat stik kentang keju ah... kebetulan ada oregano, ada seledri juga. Jadilah mulai sibuk, hmmm lumayan juga sih membuatnya karena ada proses menggilas dan memotong adonan kentang ini. Tapi mengenai rasa, beuhhh enak... cocok buat cemilan, dicocol saus sambal atau mayonnaise ya sedap.

Saya buat 2 jenis, satu dicampur oregano, satu lagi dicampur daun seledri yang diiris. Nah kalau menurut selera saya, saya lebih suka yang oregano, aromanya berpadu dengan rasa keju itu klop sekali, eits tapi itu menurut saya loh ya. Beda orang beda selera, kalau Sophie katakan, dua-duanya enak. Oh iya mirip-mirip cemilan smiley fries yang pernah saya buat, hanya kalau yang stik kentang ini sedikit lebih mudah tentu saja...

Berikut resepnya ya... silakan...

Stik Kentang Keju

Bahan :
  • 500 gr kentang, kukus lalu haluskan ketika hangat
  • 80 gr tepung maizena
  • oregano dan seledri iris
  • 125 gr keju cheddar parut

Cara membuat :
Campur kentang dan tepung maizena serta keju parut, bagi 2 bagian, satu bagian diberi sekitar 1-2 sendok teh oregano kering dan satu bagian diberi sekitar 2 batang seledri yang diiris. Gilas adonan setebal kurang lebih 6-8 mm. Potong-potong dengan panjang sesuai selera. Goreng dalam minyak yang cukup banyak dengan api sedang, di mana minyak sudah dipanaskan sebelumnya. Goreng hingga garing dan kecoklatan. Angkat dan tiriskan, nikmati di kala hangat.


resep stik kentang keju oregano seledri

Nah semoga resep stik kentang keju ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...



8 comments:

  1. Wahh.... Si phiphi ya, bikin mama nya jd repot hihihi. Untung mama nya gak gaptek kyk saya hahaha.

    Kentaaaanng.... Saya suka kentang goreng. Yummeeeyy!


    Mama Al


    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mama Al, ada aja tuh kerjaan si pipi, emaknya jadi repot deh...

      ahai toss mama Al...

      Delete
  2. Enakan mana sih mbak dicampur dgn oregano atau irisan seledri? Kalau dilihat dari tampilannya dan tentunya bahan bakunya kentang dan dicocol saus sambal dan mayonnaise pastinya lezat lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. enakan dicampur oregano mas Aris... tapi beda orang beda selera deh kayaknya he he he

      he eh mas, kentang dicocol saus sambal dan mayonnaise enak kan... lah kentang goreng aja pakai saus sambal ya enak ya mas

      Delete
  3. Kalo ada yg ganti password kita dan ga ketauan bisa refot deh.
    Kucingku malah suka nginjek² keyboard, mau ikutan ngeblog dia. Pingin eksis kayak majikannya hahahah
    Resep ini aku udah punya juga, tp gatau eksekusinya kapan hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh dia mba Rina, jadi refot kan.. he he he
      awas tuh kucing bisa gantiin pasword juga ntar mba ha ha ha

      nah loh... ayo kapan eksekusi..

      Delete
  4. Stik Keju Kentang...!!! :) wah makanan berbahan dasar kentang saya suka sekali Mbak. :)

    mmm...enak banget yah orang seperti Mbak, sebab suka masak yg enak - enak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahai... kang Nata muncul...
      he eh kang kalau kentang mah diapain juga enak ya.. apalagi stik kentang keju ini, gorengan lohh.. dicocol saus sambal ya enak..

      aishhh kang Nata bisa aja

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon