Tuna Carrot No Knead Bread - Monic's Simply Kitchen

Wednesday, September 18, 2019

Tuna Carrot No Knead Bread


resep tuna carrot no knead bread

Yuhu..masih edisi rajin, posting lagi ah.. sejak ganti template kok jadi semangat ya..ha ha ha... apa pengaruhnya ya?

Hmmm kali ini saya mau bagikan resep tuna carrot no knead bread (roti tuna wortel tanpa ulen) yang saya buat beberapa waktu lalu, sebenarnya sih sebelum saya buat roti melon dan roti kacang merah, tapi yang ini jadi mundur tayangnya.

Kepikiran buat cemilan satu ini karena ngiler lihat profile picture mba Rina Audie pemilik dapur manis di WA, au au.. kok kelihatan lezat ya.. jadi tidak sabar deh mau tahu resepnya, langsung tanya kapan nih resepnya tampil di blog. Ai untung deh mba Rina berbaik hati tidak lama muncul tuh resep, walaupun sempat dilewati oleh postingan jalan-jalannya mba Rina.

Kalau versi mba Rina pakai daging ayam, nah karena saya pas adanya stok tuna kaleng, jadi pakai tuna kaleng saja, itu pun tidaklah satu kaleng utuh, sudah diberi Adul Bedul sedikit. Memang sih di rumah terkadang saya menyetok tuna kaleng kalau-kalau sesekali untuk diberikan ke Adul Bedul. Dia paling suka dengan tuna kaleng ini, tapi memang harus yang tuna in brine atau tuna in spring water. Kalau tuna dalam minyak dia tidak suka sama sekali, hanya dicium lalu pergi deh dia.

Biasanya kalau saya sedang rajin, saya akan membeli ikan benggol kalau sebutannya di Batam, atau ikan sarden nama di Palembang atau ikan cuwe atau ikan layang. Ikan ini saya beli agak banyak, saya akan goreng garing dan tada... bisa untuk orang-orang serumah dan kucing seekor. Jadi manusia dan kucing makannya sama ha ha ha..

Nah kembali ke resep ini ya, cemilan ini sih mudah sekali dibuat, hanya tinggal aduk-aduk, tapi hasilnya...beuh sedap... enak sekali disantap dengan cocolan saus sambal ekstra pedas, ataupun saus tomat dan mayonnaise. Sambil minum teh..atau minum kopi, enak..he he he.

Roti ini tidak tahan lama ya, sebelum membuatnya memang mba Rina sudah kasih info kalau roti ini harus segera dihabiskan. Habiskan dalam satu hari karena kalau tidak roti sudah basi. Mendapat info begitu saya memutuskan tidak akan mencoba 1 resep, cukup setengah resep saja dan ternyata hasilnya sudah cukup banyak kok, 1 loyang loaf ukuran 22x10cm. Itu pun masih bisa saya bagi-bagi untuk tetangga he he he, senang waktu dicicipi dikatakan enak.

Okey deh langsung ke resep ya... mba Rina izin copas resepnya di sini ya... 
Sumber resep : No Knead Chicken Carrot Buns from Dapur Manis, muchas gracias mba Rina..

Di sini saya tuliskan setengah resep ya, dan ayam di resep saya ganti tuna.


Tuna Carrot No Knead Bread

Bahan roti :
  • 200 gr terigu serbaguna
  • 3/4 sendok teh  ragi instan
  • 1 butir telur
  • 200 ml susu cair
  • 1 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok makan butter tawar, suhu ruang

Bahan campuran :
  • 1 butir bawang bombay ukuran kecil, cincang
  • 100 gr wortel, parut kasar
  • 150 gr tuna kaleng, tiriskan airnya dan tekan dengan sendok hingga dagingnya menjadi ukuran kecil
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1/4 sendok teh garam  
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 1/4 sendok teh lada bubuk
  • 50 gr terigu.
  • 100 gr keju cheddar diparut, sisakan sedikit untuk taburan

Bahan olesan :
  • 1 butir telur, kocok lepas

Bahan taburan :
  • keju cheddar parut


Cara membuat :

Roti : siapkan wadah besar, campur semua bahan kecuali mentega/butter, aduk pakai sendok kayu sampai rata. Masukkan butter, aduk rata kembali. Adonan lembek, kental dan lengket seperti adonan cake. Tutup dan sisihkan sebentar, sementara kita membuat campuran ayam atau tuna wortel.
Campur tuna, wortel parut, daun bawang dan bawang bombay, aduk rata. Bumbui garam, pala dan lada, aduk rata. Beri terigu, aduk kembali sampai rata.
Tuang campuran ayam terigu ke dalam adonan roti tadi. Aduk rata pakai sendok kayu. Tambahkan keju parut, aduk rata. Adonan lembek dan lengket.  Sisihkan.
Siapkan 1 buah loyang loaf ukuran 22 x 10 x 7cm. Olesi mentega/margarin. Tuang adonan. Tutup loyang dan fermentasikan hingga naik 90%.
Panaskan oven suhu 180'C. Olesi permukaan adonan dengan telur, taburi dengan keju parut. Segera panggang adonan selama 40 - 45 menit hingga matang berwarna kecoklatan. Keluarkan dari oven, dinginkan.
resep roti tuna wortel

Nah semoga resep tuna carrot no knead bread ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba..



6 comments:

  1. Ayo semangat semangaaaatttt... Aku dulu juga gitu template baru semangat baru hehehehe

    Kenapa aku aku ngiler lagi ya. Mungkin krn belum makan kali hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, template baru semangat baru, he he he...

      kalau gitu ya buat lagi toh mba... ha ha ha

      Delete
  2. Seneng banget pas buka blog mbak Monic ada resep baru hehe... Kalo mbak Monic lama absen saya kok jadi kehilangan yahh... Hahaha.

    Waduh... Yummy banget ini dicocolin saus sambel mbak.


    Mama Al

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih aih... makasih mama Al yang setia menunggu postingan saya... terharu deh..mama Al bisa aja

      he eh mama Al, dicocolin saus sambel enak banget..

      Delete
  3. Malam-malam baca artikel ini jadi lapar nih mbak, langsung ngebayangin semoga tiba2 Tuna Carrot No Knead Bread ada didepan mata hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha mas Aris bisa aja neh... tapi memang itu efek kalau malam-malam bw ke food blog..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon