Anpan (Red Bean Paste Bread) - Monic's Simply Kitchen

Saturday, September 14, 2019

Anpan (Red Bean Paste Bread)


resep roti kacang merah anpan

Yeahhh.... bisa membuat postingan baru lagi, berarti bagus nih, biasanya tiap bulan paling banyak hanya 2 postingan. Kali ini agak rajin, semangat...
Masih edisi roti pesanan Pipi Sophie, kali ini adalah anpan atau red bean paste bread atau roti kacang merah.

Sebenarnya saya sudah pernah beberapa kali posting resep roti kacang merah ya, baik roti kacang merah panggang tanpa ulen atau roti goreng atau versi teflon (roti gepeng kacang merah) bahkan ada juga malah dorayaki dengan isian pasta kacang merah ini. Setelah membuat pasta kacang merah, memang bagusnya dibuat isian roti daripada dimakan begitu saja... enak juga tapi kurang lengkap kalau tidak ada rotinya, pasta kacang merah ini enaknya ya sebagai isian saja.

Resep roti kacang merah kali ini saya masih menggunakan resep yang sama dengan resep melon pan, beda tipis saja, di sini air saya ganti dengan susu cair. Dan hasilnya roti ini lembut, bahkan masih lembut sampai keesokan harinya dengan catatan roti setelah dingin disimpan di wadah kedap udara.

Untuk toppingnya saya masih menggunakan wijen hitam, tapi kali ini mencontoh cara Nami - justonecookbook. Jadi wijen tidak ditaburi begitu saja, menggunakan rolling pin yang dicelupkan di bahan olesan, kemudian baru dibalurkan ke wijen hitam lalu ditempelkan ke permukaan roti yang telah dioles. Lucu juga bentuknya he he he..

Sophie itu biasanya kurang suka dengan roti yang ada isiannya, tapi kali ini dia suka, dia katakan enak dan kali ini dia sama sekali tidak menyisakan rotinya, sekali makan langsung habis, termasuk isian kacang merah ini. Hmmmm apa karena dia merasa tidak enak ya, sudah memesan roti, ibunya capek membuatkan rotinya, masak tidak dihabiskan...
Karena dia suka, jadi dia cukup sering memakannya, hmmm tapi saya juga doyan, jadi tidak sia-sia membuat roti begini, perjuangan memang tapi sepadan dengan hasilnya, eits tapi masih untung ya, saya tidak menguleni adonan secara manual, cukup terbantu dengan adanya mixer roti.

Nah walaupun begitu, resep ini bisa juga kok diuleni manual tapi memang lama dan capek ya, karena harus mencapai adonan yang kalis elastis. Tapi kalau tidak mau capek, silakan coba dengan resep pada link di atas, roti tanpa ulen, walaupun tanpa ulen tapi tetap enak, empuk dan lembut.

Oh iya, pasta kacang merahnya, saya membuatnya satu hari sebelumnya, resepnya sama dengan resep pasta kacang merah yang pernah saya posting ya. Kacangnya juga masih sama, kacang azuki, kacang merah ukuran kecil, bukan kacang merah yang besar itu. Kalau yang kacang merah besar, saya belum pernah mencobanya dijadikan pasta begini.

red bean paste bread

Okey deh... sekarang lanjut ke resep ya... silakan..

Anpan (Red Bean Paste Bread)

Bahan roti :
  • 225 gr tepung terigu protein tinggi
  • 25 gr tepung terigu protein rendah
  • 1 sendok teh garam (saya skip karena saya menggunakan palmia margarin)
  • 40 gr gula pasir
  • 1 1/4 sendok teh ragi instan
  • 1 butir telur ukuran besar, kocok lepas
  • 100 ml susu cair
  • 35 gr butter tawar (saya gunakan palmia margarin)
Bahan olesan :
  • 1 butir kuning telur
  • 1/2 sendok teh madu

Bahan topping :
  • wijen hitam

Cara membuat :
Buat adonan roti terlebih dahulu, di mangkuk campur tepung, gula pasir, ragi instan dan garam jika pakai, aduk rata. Tambahkan telur, air dan susu cair, uleni hingga kalis, tambahkan butter, uleni hingga kalis elastis. Bentuk bulat adonan, tutup dan diamkan selama kurang lebih 50 menit atau ukuran 2x semula. Setelah 50 menit, tes apakah sudah cukup waktu fermentasi, balur jari telunjuk dengan tepung, tusuk adonan di tengah dengan jari telunjuk, jika bekas lubang tidak menutup berarti sudah cukup waktu fermentasi.
Kempiskan adonan, bagi menjadi 10 bagian (kurang lebih 49-50 gr), bulatkan masing-masing, tutup dan biarkan kembali kurang lebih selama 15 menit.
Sambil menunggu adonan roti, siapkan pasta kacang merah, timbang dengan berat 35gr, bulatkan, sisihkan.

Pipihkan adonan dengan rolling pin, biarkan bagian tengah agak tebal, isi dengan pasta kacang merah, tutup dan bulatkan kembali, tata di loyang bersemir margarin. Lakukan sampai selesai. Biarkan selama kurang lebih 30 - 45 menit. Oles dengan bahan olesan. Celupkan ujung rolling pin ke dalam bahan olesan, balurkan dengan wijen dan tempelkan ke permukaan roti. Lakukan sampai selesai.

Panggang di oven suhu 180 derajat celcius dimana oven sudah dipanaskan terlebih dahulu. Panggang selama kurang lebih 15 menit. Keluarkan dari oven dan dinginkan, sajikan atau simpan di wadah kedap udara.


resep anpan

Nah semoga resep anpan ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



 

8 comments:

  1. wow yummy banget mbak...aku pernah makan roti seperti ini yang isinya kacang ijo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Anissa, yummy, lembut juga rotinya, iya yang kacang hijau juga enak tuh..

      Delete
  2. Enak sekali ya jadi Pipi Sophie tiap hari bisa order aneka kue dan roti yg lezat menggoyang lidah,...anpan ukuranya gede, makan satu udh cukup kenyang nih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Aris, tinggal order, emaknya yang kudu buatin, kalau belum buatin nanya melulu he he he

      iya mas, lumayan gede ukurannya, satu kenyang sih mas, tapi ga cukup satu deh ha ha ha

      Delete
  3. Semangat mbak Monic...biar rajin posting nya hehe.
    Auto ngiler liat roti isian gini hahaa

    Mama Al

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he iya mama Al, semangat nih... makasih ya

      ayo mama Al, buat roti juga

      Delete
  4. Mak glek...
    Liat isiannya itu loh menggiurkan nyam....

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon