Gochujang Chicken (Ayam Gochujang) - Monic's Simply Kitchen

Thursday, September 26, 2019

Gochujang Chicken (Ayam Gochujang)

Scroll down for Bahasa Indonesia

gochujang chicken recipe
This is my second chicken gochujang or ayam gochujang in bahasa Indonesia. Success in making my gochujang (Korean chili paste), this is one of the recipe using my gochujang. Even though I can find store-bought gochujang easily, but I think making my homemade gochujang is really satisfying, easy and mostly cheap.

Of course, the gochujang I made is the Indonesian version, soybean powder is substituted with tempeh powder. After making Korean army stew or budae jjigae, then I tried this gochujang chicken. My daughter Sophie "Pipi" asked me for her lunch, what is this ibu (mom)? Is it delicious? spicy? I said, It is gochujang chicken, yes it is delicious and a little bit spicy. Okay, ibu, I think I will try it. She ate the gochujang chicken with rice, no sound but from her sweat, I knew that it was spicy for her. She said that it was spicy but delicious, and she wanted it for dinner too.

Gochujang chicken taste like sweet crispy chicken or Korean baked chicken. But it is more spicy because I used homemade gochujang which use local chili powder. I used bone-in skinless chicken thigh for this gochujang chicken.

Chicken sweet flavor is not my husband's favorite. But because it is a Korean dish, he with no protest ate this gochujang chicken or maybe because there was no choice, his wife didn't cook anything except this gochujang chicken, he had to eat it or he would get starving. Sometimes when I am in a good mood and think about him, I will cook what he loves. But usually what he loves most is what I hate, so when I cook his favorite dish, I will cook another food for me, just simple food like omelet or instant noodles, lol.

You know, sometimes I can eat rice with sambal only. It is enough for me or maybe rice with fried tofu. The important thing I can eat and don't feel starving. My husband can't do that, he prefers not to eat rather than to eat only with rice and sambal. Different indeed but still love each other, lol 😂

Okay, lets go to the point.. so where is the gochujang chicken recipe? This is it..

Gochujang Chicken

Ingredients :
  • 6 pcs bone-in skinless chicken thigh
  • 1 pc lime
  • 2 tablespoons vegetable oil 


Seasoning :
  • 3 cloves of garlic, grated
  • 2 cm of ginger, grated
  • 1 tablespoon dark soy sauce
  • 2 tablespoons gochujang
  • 1 tablespoon honey
  • 1 tablespoon lime juice or vinegar
  • 2 tablespoons sugar
  • 1 tablespoon sesame oil
  • 1 tablespoon sweet soy sauce (or add more 1 tablespoon soy sauce and 1/2 tablespoon sugar)


Optional :
  • toasted sesame seeds
  • chopped green onions


Directions :
Marinate chicken with lime juice for at least 15 minutes, rinse. Mix all seasoning, add chicken and toss to coat the chicken. Marinate the chicken minimum 3 hours or overnight in the refrigerator. Heat oil in non-stick skillet, add chicken thigh and all the seasoning. Cook chicken thigh in low heat until cooked through, flip the chicken in the middle of cooking.
Time to plating, sprinkle with toasted sesame seeds and chopped green onions, serve immediately with rice, enjoy.


gochujang chicken easy recipe


Bahasa Indonesia 

Haloo... wuihh rajin nih saya.. terlalu rajin malah, pakai bahasa Inggris juga... gaya kan? ha ha ha... karena pakai bahasa Inggris jadinya lama euy..
maklum sudah lama saya tidak menulis pakai bahasa Inggris, sudah sejak saya berhenti bekerja. Kalau dulu rajin, apalagi kalau sudah menulis email, mau tidak mau harus bahasa Inggris. Nah apalagi ada tanggung jawab harus menulis prosedur kerja atau sop (standard operational procedure), mau tidak mau harus.. tetap juga ada tapinya neh, kalau itu kan paling kata-katanya tidak begitu banyak ragam toh... beda kalau harus menulis cerita yang ngalor ngidul, harus banyak variasi kata kan..

Tadinya saya sempat bingung, belajar lagi dulu grammar atau tidak ya, secara kalau menulis itu yang penting grammar kan, beda kalau kita berbicara, yang penting lawan bicara mengerti walaupun disertai dengan bahasa isyarat juga, ha ha ha..

Tapi kalau belajar lagi terlalu lama, kan sekarang jamannya sudah maju cint.. saatnya menggunakan internet dengan segala rupa yang kita perlukan... ahai...

Wokelah ke depan semoga saya tetap semangat menggunakan 2 bahasa, walaupun tentu saja harap maklum ya bahasa Inggris saya itu entahlah... tidak ada proof reader nya juga.. jadi kalau ada yang menemukan kalimat janggal harap maklum ya... saya kan bukan vikinisasi yang cas cis cus berbahasa inggris.

Jadi ceritanya kali ini saya posting resep ayam gochujang ya (gochujang chicken) atau ayam dengan pasta cabai ala Korea. Masih dalam edisi menggunakan pasta cabai atau gochujang homemade yang pernah saya buat sebelumnya, nah ini nih salah satu masakan yang enak kalau menggunakan gochujang.

Rasanya mirip dengan resep korean crispy chicken dan korean baked chicken yang pernah saya buat dulu. Hanya kali ini rasanya sedikit lebih pedas, karena kalau dulu kan gochujangnya beli di swalayan ya, kalau kali ini gochujang buatan sendiri dan cabai bubuknya lokal lagi, lebih pedas rasanya.

Mungkin sebenarnya gochujang itu ada yang pedas ada yang sedang kali ya, asli versi Korea. Secara kalau beli mie instan Korea itu apalagi yang ada embel-embel hot... alamak saya benar-benar kepedasan. Ada tuh mie goreng yang rasa keju, enak sih.. tapi kapok saya makan mie goreng ini, asli super pedas. Kalau lewat rak mie Korea di swalayan, bapaknya Sophie selalu menawari saya mie goreng keju ini dan berulang kali saya menolaknya.

Okeh untuk ayam gochujang kali ini, sebenarnya saya sudah membuatnya 2 kali, yang pertama tidak sempat saya foto tuh, karena terserang angin malas. Yang kedua harus difoto, sayang, karena entah kapan mood datang lagi membuat ayam gochujang ini.

Sophie Pipi suka dengan ayam gochujang ini hanya saja sedikit pedas buat dia. Dia makan sampai berkeringat, ha ha ha... biasa keringat di kening dan di atas mulutnya... untung saja dia tidak protes kalau dari telinganya keluar asap karena terlalu pedas.

Untuk resep kali ini saya menggunakan bagian paha atas ya, yang masih ada tulang tetapi tanpa kulit. Menurut saya kalau bagian paha atas dagingnya lebih juicy kalau dimasak begini, tidak sekering kalau menggunakan bagian dada. Tapi kembali ke selera ya...

Ok deh... lanjut ke resep ya... silakan

Ayam gochujang (Gochujang Chicken)

Bahan :
  • 6 buah ayam bagian paha atas, tanpa kulit
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 sendok makan minyak goreng

Bumbu rendaman :
  • 3 siung bawang putih, parut halus
  • 2 cm jahe, parut halus
  • 1 sendok makan kecap asin gelap (atau kecap asin biasa)
  • 2 sendok makan gochujang
  • 1 sendok makan madu
  • 1 sendok makan air jeruk nipis atau cuka
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • 1 sendok makan kecap manis (atau tambahkan 1 sendok kecap asin dan 1/2 sendok makan gula pasir)

Optional :
  • wijen sangrai
  • daun bawang iris

Cara membuat :
Lumuri paha ayam dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas. Campur semua bahan bumbu rendaman. Masukkan ayam, aduk rata dan diamkan selama 3 jam atau semalaman di dalam kulkas.
Panaskan minyak di teflon, masukkan ayam berikut bumbu rendaman, masak dengan api kecil sampai matang dan sesekali dibalik supaya ayam masak secara merata.
Angkat ayam ketika matang, hidangkan dan taburi dengan wijen sangrai dan irisan daun bawang.


resep ayam gochujang

Nah semoga resep ayam gochujang atau gochujang chicken ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...






4 comments:

  1. Karena ditulis dua bahasa saya komennya pilih b Indonesia aja ya mbak yg gampang hehehe....Kalau masuk blognya mbak Monica hawanya lapar melulu, apalagi ayam gochujang, walapun belum pernah nyicip tapi pasti enaklah, tampilannya aja udh menggoda

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha iya mas Aris, terserah, saya juga jadi lebih gampang balas komentarnya kalau bahasa Indonesia

      wah iya cuma bisa menampilkan gambarnya saja mas, ga bisa bagi-bagi aslinya he he he

      he eh mas, kalau kata saya sih rasanya enak, tambahan gochujang itu memberikan rasa sedikit berbeda

      terima kasih mas Aris sudah berkenan berkunjung lagi... he he he

      Delete
  2. Woww... Your english is really nice, sis...

    Your recipe looks so delicious. Walahh, kok jd cas cis cus jg hahaaa...saya jelek bahasa inggris nya. Jd gausah panjang2 ngomongnya hihii.

    Saya blm pernah nyoba masakan korea. Ketinggalan yahh... Hehe

    Mama Al

    ReplyDelete
    Replies
    1. aishhhh jadi malu, bahasa Inggris ga seberapa ini mama Al, semoga yang baca ya marah atau bingung kalau ada yang salah tulis he he he

      cobain deh mama Al, siapa tahu suka.. enak juga loh..hi hi hi ngomporin ceritanya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon