Nugget Pisang Coklat Keju - Monic's Simply Kitchen

Friday, April 22, 2016

Nugget Pisang Coklat Keju



resep nugget pisang coklat keju

Yippi akhirnya...nugget pisang ini saya buat juga, setelah sekian lama masuk daftar list resep yang ingin saya eksekusi. Olahan pisang memang tiada matinya ya, ada saja kreasi dari bahan dasar pisang, ujuk-ujuk ada juga yang namanya nugget pisang, tidak cuma pisang goreng he he he...

Nah kebetulan, masih ada stok tepung Primera Panko, setelah beberapa hari yang lalu coba buat roti goreng pandan selai srikaya yang berbalut tepung roti warna hijau, centil jadinya dan rasanya boleh tahan, lembut di dalam dengan lelehan selai lalu garing di luar karena penggunaan tepung roti, klop deh rasanya, enak apalagi kalau sedang lapar wuih...mantap deh..kapan-kapan saya mau buat lagi roti ini, tapi tetap ya...entah kapan..

Kali ini saya mencoba 2 jenis lebih tepatnya 2 warna dari tepung panko yang dikirim dari Primera Panko, coba yang orange dan yang hijau (lagi, masih suka dengan warnanya, he he he). Nah untuk pisangnya saya gunakan pisang berangan yang sudah kematangan, tapi belum busuk sih. Beli pisang ini sebenarnya ingin coba buat cake pisang dengan campuran apel, lirik mba Rina Audie ah...tapi malasnya itu, mood buat cake entah kemana perginya.

Uppsss tuing-tuing mulai deh kepikiran buat nugget pisang juga, secara kan resep antrian juga, pas donk kalau dicoba, hmmmmmm akhirnya jadi juga saya buat nih nugget pisangnya. Akhirnya saya coba pakai resep nugget pisang coklat keju dari blognya mba Rina Audie juga, sempat bingung sih mau yang versi pakai telur atau tanpa telur, soalnya di blog mba Rina ada 2 resep nugget pisang. Setelah saya pikir-pikir coba buat yang tanpa telur saja deh... walaupun stok telur juga masih lumayan...

Terima kasih resepnya mba Rina....ini kalau saya bilang tanpa dibuat nugget juga, setelah adonan pisang dikukus, dimakan begitu saja sudah enak, he he he...jadi karena malas menggoreng semua potongan jadi nugget, akhirnya beberapa dimakan begitu saja, dan sisanya masih di kulkas buat dimakan begitu saja, enak..lembut.

Nugget pisang ini prosesnya perlu dikukus dulu ya, jadi mirip nugget-nugget gurih begitu, nah begitu sudah matang, dinginkan baru deh dipotong-potong dan dibalur dengan tepung roti, dan digoreng, jadilah nugget ini. 

Untuk nugget pisang ini, setelah dikukus dan didinginkan, walaupun sudah dingin, sebaiknya masuk kulkas dulu supaya lebih padat dan bisa dengan mudah dipotong-potong, karena nugget ini lembut sekali setelah dikukus. Jadi karena ingin tanpa masalah jadi nugget ini saya diamkan di kulkas selama kurang lebih 3 jam, baru dikeluarkan dari loyang dan dipotong-potong. 

Okey deh, berikut resep nugget pisang yang saya buat ya, izin share resepnya di sini ya mba Rina... matur suwun sanget...

cara buat nugget pisang

Nugget Pisang Coklat Keju

Bahan :
  • 350 pisang berangan tanpa kulit, potong dadu (mba Rina gunakan pisang kepok, atau bisa gunakan pisang ambon, uli atau raja)
  • 1 sendok makan margarin
  • 75 gr tepung terigu (saya gunakan tepung terigu protein sedang, segitiga biru)
  • 1 sendok makan gula pasir 
  • 300 ml susu cair
  • 3 sendok makan tepung jagung / tepung maizena
  • 100 gr keju cheddar, diparut
  • 75 gr coklat beras/choco rice/meises

Pelapis :
  • terigu + air, aduk rata sampai kental seperti bikin tempe mendoan (saya gunakan 1/2 cup tepung terigu + 1 cup air)
  • tepung panir/tepung roti secukupnya (saya gunakan Primera Panko warna orange dan hijau)

Cara membuat :
  1. Campur tepung terigu dan gula pasir kemudian tuang susu cair, aduk sampai larut, sisihkan.
  2. Panaskan margarin sampai meleleh, masukkan larutan terigu lalu aduk sampai kental. Begitu mengental segera matikan api dan dinginkan. Sementara itu panaskan kukusan dan siapkan loyang persegi ukuran 20x20 cm, yang telah dialasi kertas roti dan diolesi margarin (saya gunakan loyang bundar diameter 18cm)
  3. Setelah adonan terigu dingin masukkan pisang dadu, tepung jagung, keju parut dan coklat beras, aduk rata. Tuangkan ke dalam loyang dan kukus selama 30-40 menit. Dinginkan kemudian masukkan ke dalam kulkas supaya lebih padat dan kokoh (saya diamkan di kulkas selama kurang lebih 3 jam)
    proses buat nugget pisang
  4. Keluarkan dari loyang, potong-potong sesuai selera. Celupkan ke larutan terigu dan gulingkan dalam tepung panir. Diamkan selama minimal 30 menit supaya lebih melekat (saya langsung goreng, tidak sabar soalnya, he he he..)
  5. Goreng dalam minyak yang banyak yang sudah dipanaskan sebelumnya sampai kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
    membuat nugget pisang

Nah semoga resep nugget pisang coklat keju ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera.....

resep nugget pisang


Selamat mencoba....


Nah selain nugget, tentu bisa buat olahan yang lain ya tepung panko ini, misalnya pom pom potato, bola-bola kentang isi, nugget ayam keju brokoli, roti tawar goreng sosis, roti tawar goreng fusilli, pisang goreng pasir, roti goreng es krim, dll...masih banyak...dan banyak..ya kan...


English Recipe
 
Cheese Banana Nugget
Ingredients :

  •    350 gr skinless banana, diced
  •     1 tablespoon margarine or butter
  •     75 gr all purpose flour
  •     1 tablespoon granulated sugar
  •     300 ml milk
  •     3 tablespoons corn flour / cornstarch
  •     100 gr cheddar cheese, shredded
  •     75 gr chocolate rice

Coatings:

    
flour + water, mix well (I use 1/2 cup flour + 1 cup water)
   
bread crumbs

How to make :
Mix the flour and sugar then pour milk, stirring until dissolved, set aside. Heat margarine until melted, add the flour solution and stir until thick. Once thickened, immediately turn off the heat and chill. Meanwhile heat the steamer and prepare a 20x20 cm square baking pan, which has been covered with parchment paper and smeared with margarine (I use a 18cm diameter round pan). After completely cold, add the banana dice, cornmeal, grated cheese and rice chocolate, into the flour, sugar and milk mixture, mix well. Pour into pan and steam for 30-40 minutes. Chill then put in the refrigerator to make it more solid. (I leave it in the refrigerator for about 3 hours)Remove from the pan, cut into chunks according to taste. Dip into coating mixture and roll in bread crumbs. Let stand for at least 30 minutes in refrigerator. Deep fry in preheated oil until brownish yellow, remove and drain.



24 comments:

  1. Hi monica,
    wah ni mesti sibuk buat nugget pisang siang tadi ya..hehe
    satu kelainan ya pisang dibuat nugget ..tak terfikir pun akak ..hehe
    betul tu bahan pisang boleh dibuat macam2 ...pendek kata..boleh dibuat kek, kuih, brownies, dan sebagainya..the list goes on..
    Akak terlihat di Indonesia ada pisang yang dilenyek leper, kemudian disalut tepung batter dan digoreng ...teringin rasanya mau makan...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kak Ayu...he he he kak Ayu tahu aja neh
      Iya kak benar, banyak sekali ya olahan pisang, tidak ada putusnya ya..ada saja ide buat olahan pisang ini
      hayo kak buat...itu seperti pisang goreng saja kan.. hanya dileyek leper, wah enak tuh kak

      Delete
  2. Hiyaaaa tjakep banget ini nugget. Yang ijo tuh menggoda iman pingin nyomot. Setelah liat panir ijo jadi pingin hunting nih. Kemecer kemecer...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh nih mba, aku aja begitu lihat panir ijo langsung ga sabaran pengen diolah tuh...warnanya itu loh
      btw thanks yo resepnya

      Delete
  3. Hahaha,,, aku tahunya pisang goreng aja ew mbak,,, Kayak pisang Ambon atau kepok, tuh pisang bila di goreng hmmm yummm banget... cocok di lidah.... Ini kebetulan ya mbak ya ada stocknya? :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya eh mas, pisang goreng aja sudah enak kok... sederhana tapi wuenak dan cocok hampir di semua lidah orang kita ya
      he eh mas kebetulan ada stok, biasalah...kalau ada stok apa2 gitu ga tahan kalau ga diolah he he he

      Delete
  4. Lihat gambarnya saja sudah bikin saya ngiler nih mbak, mantappp :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Iman...

      terima kasih juga sudah mampir ya

      Delete
  5. Aku bookmark yaa.. suka sama pisang.. jd pengen coba. Makasih sharenya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Ristin, silakan mba dibookmark, semoga kalau sudah dicoba cocok dengan rasanya...he he he
      terima kasih sudah mampir ya mba..

      Delete
  6. Makan nya sambil di cocol mayonise pasti makin makjleb rasa nya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he...tapi kalau cocol mayonnaise ga tau apa cocok, soale manis rasanya nugget ini...tapi ya monggo mas, sesuai selera aja

      Delete
  7. Cara pesan panko hijaunya dimana mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kontak primera pankonya mba, di atas ada link websitenya saya cantumkan, di websitenya ada contact yang bisa dihubungi.

      Saya sudah kirim email ke primera panko tapi belum ada balasan, apakah ada tepung mereka di pasaran, secara kalau di Batam belum ada ketemu primera panko ini.

      Begitu ada jawaban, saya akan update ya mba..

      Delete
  8. Kak,kmrn ak coba buat resep ini.Tapi pas udah slese dikukus,aaku baru inget kalau kelupaan ngasih maizena.bisa ditambahin nggk sih kak kalo udah terlanjur jadi?

    bella.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Bella,kalau sudah dikukus tidak perlu ditambah maizena lagi, tapi hasilnya bagaimana, setelah masuk di kulkas apakah padat dan bisa dipotong, kalau bisa ya lanjut saja kok..
      kalau tidak bisa dipotong, kemungkinan harus dimakan begitu saja he he he..

      Delete
  9. Permisi kak,ini jadinya berapa buah ya setelah di potong-potong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Riva, maaf mba saya lupa persisnya jadi berapa buah setelah dipotong-potong, mungkin lebih dari 20 buah tapi kurang dari 30 deh kayaknya, saya lupa..
      sudah lama sekali soalnya buat yang ini... maaf ya..

      Delete
  10. Halo mba.. aku nyoba bikin nih udah sesuai tapi kok lembek ya kalo dipotong rontok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Liana, wah maaf ya kalau hasilnya tidak bagus, mungkin kurang lama di kulkas mba, atau memang hasilnya beda-beda untuk setiap jenis pisang, yang saya buat ini bisa dipotong dan tidak rontok, sama seperti gambar, memang agak lunak tapi potongan bisa tetap rapi, gunakan pisau yang benar-benar tajam mba.. nah kalau dirasa belum bisa dipotong, masukkan lagi dulu ke kulkas
      semoga ada pencerahan ya mba.. terima kasih..

      Delete
  11. Adonan pisang yg aku bikin kenapa berwarna hitam ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Dwi, wah maaf ya lama sekali saya komentar mas saya tampilkan dan saya balas...secara saya baru online sekarang..maafkan sekali lagi ya mas..

      adonan pisang hitam karena mas terlalu cepat mengolah pisangnya, dibiarkan lama terbuka sehingga pisang menjadi kehitaman karena sudah teroksidasi, sebaiknya pisangnya diolah ketika semua bahan sudah siap

      semoga membantu ya mas..

      Delete
  12. Can u translate thus reciepe to englush vision. I am very interested with your reciepe. But i can't read malay. Thks

    ReplyDelete
  13. hi Karen, I'm very sorry because it took me so long to publish and reply your comment.

    I have posted the English version recipe please scroll down, I hope it still help you, thanks

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon