resep prol tape keju kismis

Jiahhhh...akhirnya saya cobain juga eksekusi resep prol tape keju dan kismis ini, nah buatnya kali ini tanpa mixer, walaupun di resep asli pakai mixer, he he he... ini karena malas menggunakan mixer. Tapi walaupun tanpa mixer, tetap enak prol tape keju ini.

Ketika memanggang prol tape ini, duh harum semerbak aroma menggoda di dapur saya, jadilah tidak sabar lagi untuk segera menikmati prol tape keju kismis ini. Nah begitu matang, tidak perlu menunggu lama, sudah saya keluarkan dari loyang dan sudah saya potong-potong, itulah mengapa potongannya tidak mulus ya, tapi tenang, rasanya benar-benar enak, menyesal saya hanya mencoba 1/2 resep, padahal enak sekali, ha ha ha....

Jadi ceritanya, mumpung ada stok tape di kulkas, yang sebagian saya gunakan untuk membuat bola-bola tape goreng, snack sore buat om-om tukang beberapa hari yang lalu. Snack pagi saya buat lumpia rebung dan roti bakar, dan buat yang simpel saja buat snack sorenya.

Nah baru ada mood mencoba membuat prol tape ya baru ini, kalau sedang tidak mood ya tapenya bisa dimakan saja, tapi mumpung mood dan semua bahan ada stoknya, maka tidak butuh waktu lama, jadilah prol tape ini.

Kalau bicara prol tape, banyak resep berseliweran di dunia maya, tinggal pilih-pilih resep saja yang dirasa suka ya. Nah pada dasarnya bahannya ya begitu-begitu saja, beda-beda tipis saja. Metodenya ada yang panggang ada yang kukus, ada yang pakai mixer ada yang tanpa mixer, campurannya ada yang buah kering, kismis dan sukade. Jadi tinggal pilih saja mau pakai resep yang mana.

Kali ini saya menjatuhkan pilihan pada resep prol tape keju mba Rina Audie - Dapur Manis. Saya buat setengah resep, tanpa sukade dan tanpa mixer. Walaupun begitu prol tapenya tetap enak, lembut dan manisnya sedang, pas sesuai dengan selera saya. Mungkin karena tape yang saya gunakan juga tidak berlebihan manisnya, jadilah manisnya pas. Terima kasih resepnya mba Rina, lagi-lagi saya nyontek resepnya mba Rina.

Membuat prol tape ini tergolong cukup mudah ya, jadi yang mau mencoba resepnya, berikut saya tuliskan resep asli (izin share resepnya di sini ya mba Rina, arigatou gozaimashita), silakan.... oh iya karena saya membuat hanya setengah resep, loyang yang saya gunakan ukuran 20cmx10cm

Prol Tape Keju 

Bahan :
  • 500 gr tape singkong yang matang, manis dan empuk
  • 50 ml susu kental manis
  • 2 butir telur
  • 100 gr gula pasir
  • 75 gr tepung terigu
  • 125 gr margarin leleh
  • 150 gr campuran kismis dan sukade (saya hanya pakai kismis)
  • 100 gr keju cheddar parut

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang ukuran 20x20cm, alasi kertas roti dan olesi margarin. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius.
  2. Buang serat tape dan haluskan menggunakan garpu. Tuangi susu kental manis, aduk rata.
  3. Dalam wadah lain kocok telur dan gula dengan mixer speed sedang sampai gula larut. masukkan tape halus, kocok sampai rata. (saya kocok telur dan gula menggunakan balloon whisk)
  4. Masukkan tepung terigu, kocok perlahan sampai rata. Jika dirasa terlalu berat, matikan mixer dan aduk menggunakan sendok kayu sampai rata. (saya juga menggunakan balloon whisk)
  5. Masukkan margarin leleh, aduk sampai rata. Terakhir masukkan kismis, sukade dan sebagian keju parut, aduk rata.
  6. Tuangkan ke dalam loyang, taburi dengan sisa keju (saya beri juga kismis di atasnya dengan sedikit ditekan supaya melekat pada adonan)
    cara membuat prol tape tanpa mixer
  7. Panggang dalam oven selam 1 jam (saya panggang selama 30 menit saja, test tusuk, sesuaikan dengan oven masing-masing ya) Setelah matang, keluarkan dari oven dan dinginkan. Potong potong kemudian sajikan.

resep prol tape keju tanpa mixer

Nah semoga resep prol tape keju kismis tanpa mixer ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....

Yang sedang rajin membuat tape singkong sendiri, silakan boleh lihat link tape singkong homemade ya...


Selamat mencoba....






resep lumpia rebung dan sayuran

Resep gorengan lagi, resep lumpia lagi, wah ini makanan yang sering saya buat neh, kali ini saya akan bagikan resep lumpia rebung & sayuran. Isinya sih memang rebung, tapi ada juga wortel, jamur tiram, daun seledri dan telur orak-arik.

Ceritanya berapa hari yang lalu ada tukang di rumah, nah buat cemilan yang cepat saja deh, kebetulan semua bahan ada di kulkas, kulit lumpia juga ada stoknya di freezer, tada jadi deh cemilan buat om-om tukang ini.

Kulit lumpia yang saya gunakan seperti biasa adalah kulit spring roll pastry ya, kulitnya persegi, ada ukuran 10cmx10cm dan 20cmx20cm. Jadi saya selalu menyetok kulit spring roll ini, siapa tahu mau buat cemilan gurih ataupun manis jadi mudah, tinggal siapkan isinya saja.

Di Batam, lebih mudah mendapatkan kulit lumpia spring roll pastry atau kulit popiah untuk sebutan lainnya ini daripada kulit lumpia bundar yang biasa untuk lumpia semarang itu ya. Kalau kulit lumpia bundar, biasanya hanya ada di pasar, dan hanya beberapa kedai tertentu saja yang jual. Sudah lama saya tidak beli kulit lumpia yang ini.

Nah kali ini berhubung stok kulit spring roll ada yang besar, sisa 12 lembar saya gunakan saja semua, dan karena masih banyak isinya, saya juga gunakan kulit spring roll yang kecil. Yang besar kasih buat om-om tukang dan yang kecil buat kami di rumah.

Biasalah kalau sibuk di dapur, dalam artian bukan memasak biasa, Sophie suka bertanya, ibu lagi apain? buat apa? saya jawab buat kue untuk oom tukang yang kerja. Kenapa oom kerja dikasih kue? begitu tanyanya lagi. Ya karena oom capek sudah kerja, buat oom makan nantinya. Pipi juga capek kerja, Pipi juga mau kue. Lah Pipi capek kerja apa? Pipi capek kerja ambil-ambil mainan, begitu jawabnya lagi. Halah....ada-ada saja neh si Sophie, tidak mau kalah.

Nah ketika bagian mengisi bahan isian, mulai deh sibuk mau ikut juga berpartisipasi, dia sudah mulai pegang sendok, lalu minta dia saja yang isi kulitnya itu, jadinya beberapa buah saya biarkan dia mengisi, begitu sudah dia isi satu sendok, dia bertanya, lagi ibu? he he he...gayanya so sweet... ah tapi kelamaan ya, akhirnya saya katakan sudah ya Pipi main lagi saja, Pipi lama, oom sudah lapar..harus cepat. Untunglah dia menurut....

Akhirnya cepat-cepat deh, untunglah membuat lumpia begini tidak pakai lama, selesai juga dengan cepat, segera kasih ke oom tukang. Dengan tambahan roti bakar isi selai juga, cukup dulu 2 snack ini yang diberi ke oom tukang untuk snack pagi.

Oh iya, sudah banyak ya resep lumpia yang saya buat menggunakan kulit spring roll ini, baik itu isi gurih ataupun manis, misalnya lumpia ayam sayuran dan lumpia pisang coklat, silakan ketik di kolom search dan ketikkan kata lumpia, maka ada pilihan resep lumpia yang akan tampil. Silakan kalau tertarik mencoba resep lumpia yang lain.

Nah untuk rebungnya kali ini saya menggunakan rebung dalam kemasan 250gr, jadi rebung ini tidaklah bau menyengat (atau istilahnya bau pesing), baunya tidaklah setajam kalau beli rebung di pasar. Jadi yang tidak suka rebung, karena tidak tahan dengan bau khasnya, boleh kok di skip rebungnya, hanya tambahkan jumlah wortel ataupun jamur tiramnya. 

Bapaknya Sophie saja, selama ini tidak suka lumpia menggunakan rebung, katanya bau pesing, tapi dengan rebung ini, dia malah suka, dan kalau belanja ke swalayan, malah seringnya dia yang memasukkan rebung ini ke dalam kereta belanja.

Okey deh...berikut resep lumpia rebung sayuran ini ya...silakan.. (oh iya lupa, untuk lumpia ukuran kecil, kulitnya saya gunakan 2 lembar ya, yang besar 1 lembar saja)

Lumpia Rebung dan Sayuran
untuk 12 buah ukuran besar dan 15 buah ukuran kecil

Bahan :
  • 12 lembar kulit spring roll ukuran 20x20cm
  • 30 lembar kulit spring roll ukuran 10x10cm
  • air untuk merekatkan kulit spring roll
  • minyak yang cukup banyak untuk menggoreng
 
Bahan isian :
  • 250 gr rebung, potong ukuran kecil
  • 100 gr jamur tiram, cuci sobek-sobek
  • 2 buah wortel, kupas, parut kasar
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 5 batang daun seledri, iris halus
  • 2 butir telur
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • 1/2 sendok makan saus tiram
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Siapkan bahan isian, peras air pada jamur tiram dan wortel, cukup peras dengan tangan. Tumis bawang putih sampai harum, kuning keemasan, sisihkan ke tepi wajan atau teflon, masukkan telur, orak-arik sampai matang, satukan dengan bawang putih, tambahkan rebung, masak hingga matang
  2. Masukkan jamur tiram, wortel, daun bawang dan daun seledri, tambahkan juga saus tiram, kecap ikan, merica bubuk, aduk rata, masak hingga matang, cicipi rasanya, tambahkan garam ataupun kecap ikan lagi jika dirasa perlu
  3. Angkat dan dinginkan sejenak

Penyelesaian :
Ambil satu lembar kulit ukuran besar, beri isian kurang lebih 2 sendok makan di salah satu sudut kulit, gulung sedikit, lipat amplop dan gulung kembali, rekatkan ujung kulit dengan air, lakukan sampai kulit besar habis. (untuk ukuran kecil, gunakan 2 lembar kulit ya...)

Goreng dengan minyak yang cukup banyak hingga garing, kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan, gunakan tisu dapur untuk menyerap minyak

resep lumpia rebung wortel jamur tiram

Nah semoga resep lumpia rebung, wortel dan jamur tiram ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....


Selamat mencoba......





resep selai buah naga homemade

Wuih... masih ingat kalau punya stok buah naga di kulkas, entah sudah berapa lama tuh buah naga ngendon di kulkas, nah kebetulan ada stok roti tawar kotak, yang biasa dibuat roti bakar ala abang-abang, ya sudah buat yang mudah saja deh, buah naganya dijadikan selai, jadi ceritanya selai buah naga homemade ini.

Kebetulan kemarin singgah ke toko bahan kue yang khusus menjual roti tawar kotak ini, jadilah lapar mata beli roti, tadinya mau tanya cetakan kue putu mayang, eh tidak ada...daripada pulang dengan tangan kosong, haiyaaaa.... akhirnya beli roti tawar kotak ini saja.

Membuat selai memang cukup mudah, apalagi kalau untuk konsumsi sendiri ya, hanya tambahkan gula intinya, masak hingga mengental, jadi deh. Jadi kalau mau benar-benar membatasi bahan-bahan olahan yang beli di luaran, alternatif selai homemade adalah pilihan kan. 

Nah beberapa kali pernah buat selai, yang mudah saja, misalnya selai nanas (untuk olesan roti bukan untuk isi nastar), selai mangga dan kali ini coba selai buah naga. Rencana dan angan-angan mau mencoba membuat sendiri selai srikaya, tapi apa daya mood tidak kunjung datang juga, halah...

Oh iya, karena dulu pernah buat selai nanas ada campuran irisan jeruk nipis, eh kok enak ya, akhirnya saya coba juga buat selai buah naga ini dengan campuran irisan jeruk nipis, nah menambah rasa deh jadinya. Tapi saya tidak jamin ya semua suka dengan rasa ini, kembali ke selera. Jika ada feeling tidak akan suka, monggo skip saja irisan jeruk nipisnya, boleh ganti dengan air jeruk nipis atau jus lemon saja.

Untuk takaran gula, disesuaikan dengan selera ya, karena tingkat kemanisan buah naga beda-beda dan selera manis seseorang juga berbeda, inilah enaknya proses cooking ini ya, bisa dicicipi rasanya, jadi bisa disesuaikan. Jadi yang namanya resep itu tidaklah baku, jangan terpatok pada resep tercantum, sesuaikan dengan selera saja, resep hanya patokan saja. Jadi jangan marah, atau sampai mengamuk hebat karena masakan yang dibuat keasinan atau kemanisan.

Gula dan garam juga beda-beda kan, nah saya beli gula dan garam juga setiap beda merek juga beda tingkat asin dan manisnya, jadi semua kembali lagi kepada selera. 

Oh iya, untuk buah naganya kali ini saya gunakan buah naga dari Barelang. Jadi kalau di Batam itu, ada produk-produk dari Barelang (Batam Rempang Galang), jadi kalau disebutkan dari Barelang, berarti dari daerah sekitar jembatan Barelang (itu tu, icon kota Batam), baik itu dari daerah sekitar jembatan I sampai dengan jembatan VI, karena memang tiap-tiap pulau dihubungkan oleh jembatan ini.

Jadi biasanya penjual buah, ataupun sayur, suka mengatakan, ini dari Barelang loh kak, atau telur juga dari Barelang. Nah biasanya kalau dari Barelang tentu lebih segar kan ya, tidak diangkut dari luar Batam, jadi jarak tempuhnya lebih dekat untuk sampai ke pasar. Nah yang sudah saya bandingkan memang buah naga Barelang ini lebih enak, karena lebih segar tentunya, sedikit lebih manis dari yang lainnya. Atau pepaya, rasanya lebih enak...biasanya saya suka bertanya ke penjual buah, pepaya Barelang yang mana? Selain itu telurnya juga, kalau dari Barelang tentu lebih segar, jadi sampai di pembeli masih dalam keadaan segar. 

Begitu deh ceritanya, abaikan kalau dianggap tidak penting, biasalah ya, harap maklum, pemilik blog ini suka menulis yang ada di pikirannya begitu saja, apa yang muncul di pikiran kala memposting resep ya dituliskan begitu saja, he he he... yang tidak tahan membacanya boleh loncat ke resep saja, ha ha ha...

Berikut resepnya ya....

roti bakar selai buah naga

Selai Buah Naga

Bahan :
  • 350 gr buah naga tanpa kulit
  • 4 sendok makan gula pasir (bisa tambahkan atau kurangkan sesuai selera)
  • 1 buah jeruk nipis, belah 2, iris tipis (atau bisa ganti dengan 1-2 sendok makan air jeruk nipis)

Cara membuat :
  1. Potong-potong buah naga, haluskan dengan garpu saja (tidak usah terlalu halus)
  2. Masukkan buah naga, gula pasir dan irisan jeruk nipis, aduk rata dan masak dengan api kecil hingga mengental
  3. Cicipi rasanya, tambahkan gula jika dirasa kurang manis
  4. Angkat dan dinginkan, simpan di wadah kedap udara, masukkan ke dalam kulkas supaya selai lebih awet

cara membuat selai buah naga homemade

Nah semoga resep selai buah naga homemade ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya.....



Selamat mencoba....





resep ayam goreng krispi saus teriyaki

Ayam tepung begini kalau Sophie bilangnya ayam kupuk (ayam kerupuk, karena kriuk-kriuknya itu). Nah resep ini sudah lama saya simpan di draft, baru deh sekarang mau ditayangkan. Jadi ceritanya waktu itu buat ayam krispi kriuk ini buat Sophie, hmmm sekalian deh buat bapak sama emaknya juga, jadi buat agak banyak.

Berhubung Sophie dan bapaknya ogah makan yang bersaus begini, jadinya saya masak ayam goreng krispi saus teriyaki ini buat saya sendiri, secara waktu itu sedang ingin makan teriyaki, nah karena ada ayam tepungnya, jadi tinggal buat sausnya saja.

Saus ayam goreng tepung bisa aneka jenis, suka-suka kita saja, selain saus teriyaki, bisa coba ayam tepung saus asam manis atau juga ayam tepung saus lada hitam, nah baru ini yang saya buat ya. Selain itu bisa juga kalau mau coba saus lemon, atau saus-saus lainnya, saya belum ada ide pakai saus apa lagi.

Nah untuk resep ayam tepung krispinya sendiri, resepnya kurang lebih mirip dengan resep popcorn chicken krispi, hanya kali ini potongan dada ayamnya tidak saya beri bumbu selengkap popcorn chicken yang ini, secara kan mau diberi saus.

Oh iya, kalau bicara tentang teriyaki, rasa khas manis dan rasa bawang putih jahe yang cukup intens ya menurut saya. Nah karena cukup manis inilah makanya bapaknya Sophie tidak doyan dengan menu teriyaki, jadi kalau saya buat teriyaki-teriyaki-an, kalau tidak makan sama sekali ya paling makannya hanya sedikit. Ya namanya juga selera ya...tiap orang beda-beda, jadi kalau masak yang teriyaki-teriyaki-an, buat makanan lain buat bapaknya Sophie.

Berbagai resep teriyaki ada di blog ini, mulai dari ayam teriyaki saori (yang ternyata banyak juga yang lihat postingan saya yang ini), lalu ada tahu teriyaki, beef teriyaki (termasuk resep favorit juga), chicken teriyaki pizza, bakso ayam saus teriyaki, tahu & jamur teriyaki dan ayam teriyaki tanpa bumbu instan.

Nah kalau melihat resep teriyaki yang sudah saya coba, ternyata memang saya suka dengan masakan teriyaki ini, he he he... jadi yang namanya suka ya jadinya sering buat kan ya...  

Oh iya kalau lihat postingan di blog saya ini, minus resep-resep ikan air tawar, seperti mujair, nila, ikan mas, patin, lele, dll ikan tawar lainnya. Hmmmm harap maklum ya, karena yang punya blog tidak suka makan ikan-ikan ini, jadi tentu tidak suka masak ikan-ikan tersebut juga, he he he...

Okey deh, daripada kelamaan, berikut resep ayam goreng kriuk saus teriyaki dengan brokoli ini ya...

Ayam Tepung Krispi Saus Teriyaki

Bahan ayam goreng tepung :
  • 300 gr dada ayam tanpa kulit dan tulang, potong panjang kecil dan tipis
  • 300 gr tepung terigu protein sedang, misal merek segitiga biru atau bola salju
  • 300 ml air es
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk

Bahan rendaman :
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 butir telur, kocok lepas

Bahan saus teriyaki :
  • 1 buah brokoli ukuran kecil, potong-potong
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong 2 lalu iris melintang, setengah lingkarang, tebal kurang lebih 5mm
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 3 sendok makan saus teriyaki
  • 1 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan 250 ml air
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat  ayam goreng tepung krispi :
  1. Campur jadi satu bumbu rendaman, masukkan potongan dada ayam, aduk rata hingga ayam terbalut dengn bumbu rendaman
  2. Di mangkuk, campur tepung, garam dan merica bubuk, aduk rata, sisihkan
  3. Panaskan minyak yang cukup banyak dengan api sedang
  4. Letakkan berdampingan, mangkuk rendaman yang berisi potongan dada ayam, air es dan tepung, ambil beberapa buah dada ayam, masukkan ke dalam tepung, cubit-cubit (atau tekan-tekan perlahan dengan ujung jari sehingga tepung menempel), celupkan ke dalam air es secara cepat, masukkan ke dalam tepung kembali, cubit-cubit kembali sampai tepung kelihatan keriting, lalu ketukkan sisa tepung, goreng, lakukan untuk sisa potongan ayam tadi
  5. Goreng hingga matang, garing dan kecoklatan (kunci supaya tepung bisa keriting adalah potongan ayam terendam dengan minyak seluruhnya)
  6. Angkat potongan ayam dan tiriskan, sisihkan

Cara membuat saus teriyaki :
Tumis bawang putih sampai kuning keemasan, masukkan bawang bombay, tumis sampai tranparan, masukkan brokoli, aduk rata, masak hingga berubah warna, tambahkan larutan maizena, saus teriyaki dan kecap manis, aduk rata, masak hingga mendidih dan mengental, cicipi rasanya, tambahkan kecap atau saus teriyaki jika dirasa kurang, angkat

Penyajian :
Tata potongan ayam goreng tepung krispi di piring saji, tuangkan saus teriyaki secukupnya, beri taburan wijen sangrai jika suka


resep ayam tepung saus teriyaki

Nah semoga resep ayam goreng tepung krispi saus teriyaki ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....


Selamat mencoba....






resep nasi goreng teri

Hari ini posting resep mudah dulu ya, hanya resep nasi goreng teri. Nah nasi goreng ini memang jadi pilihan kalau ada sisa nasi kan...atau malah sengaja buat nasi goreng tanpa perlu menunggu nasi sisa. Jadi ceritanya buat nasi goreng ini buat Sophie sarapan, buat nasi goreng yang cepat dan simple saja deh, pakai bahan yang ada saja.

Bicara tentang nasi goreng, nah kalau googling, wuih banyak sekali deh resep-resep nasi goreng yang biasa sampai dengan yang unik. Dan sepertinya nasi goreng memang tidak ada matinya kan, sampai hari ini nasi goreng tetap menjadi menu favorit untuk sebagian orang, termasuk saya kakak... 

Kalau beli ada 2 tempat warung nasi goreng yang saya suka beli, di satu tempat saya suka sekali beli nasi goreng sayur dan bakso, nah di tempat lain favorit saya adalah nasi goreng kampung. Biasanya saya suka pesan nasi gorengnya pedas. Tapi pedasnya ternyata tidak sesuai selera saya, bahkan saya pernah pesan ke penjualnya, saya pesan nasi goreng kampung super pedas ya...tapi super pedasnya bahkan tidak pedas sama sekali buat saya.

Nah kalau mau buat nasi goreng sesuai selera memang seharusnya buat ya, gunakan bahan-bahan yang ada saja kan, jadi deh nasi goreng ala kita. Oh iya, belakangan ini bumbu standar nasi goreng yang saya gunakan adalah bawang putih, merica bubuk, kecap ikan, kecap manis dan saus tiram, selebihnya diganti-ganti sesuai dengan bahan tersedia.

Kunci nasi goreng enak, gunakan nasi putih kemarin atau nasi dingin yang cukup berai, jangan gunakan nasi lembek. Kalau menggunakan nasi di rice cooker, ambil dulu secukupnya, diamkan sekitar setengah jam di suhu ruang, baru deh diolah. Selain itu selalu gunakan api besar untuk memasaknya, jadi bumbu meresap dan nasi goreng jadi cukup kering.

Berikut resep nasi goreng teri yang saya buat kali ini ya....siapa tahu bermanfaat buat yang baru belajar membuat nasi goreng sendiri. 

Nasi Goreng Teri

Bahan :
  • 1 piring nasi dingin
  • 1 genggam teri, goreng garing
  • 5 batang daun seledri, iris
  • 5 siung bawang putih, memarkan, lalu iris tipis
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh saus tiram
  • 1/2 sendok makan kecap ikan (kecap ikan sudah asin, jadi saya tidak tambahkan garam lagi)
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan olive oil
  • bawang goreng untuk taburan

Cara membuat :
  1. Dengan api besar, tumis bawang putih sampai harum dan berwarna kuning keemasan, ketepikan ke tepi teflon, masukkan telur, orak-arik sampai matang, campur dengan tumisan bawang putih, masukkan daun seledri, aduk rata
  2. Masukkan nasi, tambahkan kecap manis, saus tiram, kecap ikan, kecap manis dan merica bubuk, aduk rata dan masak hingga benar-benar tercampur rata
  3. Masukkan teri goreng, aduk rata kembali, cicipi rasanya, tambahkan apa yang dirasa perlu
  4. Angkat dan hidangkan, beri taburan bawang goreng


resep cara buat nasi goreng teri

Nah semoga resep nasi goreng teri yang simple ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...





resep nasi kebuli ayam panggang

Beberapa hari yang lalu buat nasi kebuli ayam versi kukus ini, nah sebelumnya sudah beberapa kali buat nasi kebuli ayam tapi selalu versi rice cooker. Berhubung masih ada nasi putih biasa di rice cooker, akhirnya ya sudah karena buatnya juga tidak banyak-banyak, gunakan kukusan saja deh, secara kalau nasi kebuli kan berempah banyak dan rasanya sedikit panas, dan Sophie tidak doyan.

Membuat nasi kebuli ini sebenarnya cukup mudah, tetapi rasanya maknyuss, tapi buat yang suka nasi berempah ya, kalau tidak suka ya tentu tidak akan katakan enak, he he he..

Karena nasi kebuli ayam, nah tentu pasangannya ayam kan ya, biasanya kalau membuat nasi kebuli ayam, begitu ayamnya matang, ayam saya angkat, kemudian ayamnya digoreng. Nah kuahnya itu yang dicampur dengan beras ya, jadi kalau versi rice cooker, kuah sisa berbumbu rempah tersebut dituangkan ke dalam rice cooker berikut beras bersih yang akan dimasak, sama halnya seperti memasak nasi biasa, nah air digantikan kuah ayam berempah. 

Kalau versi kukus, begitu ayam sudah diangkat, masukkan beras yang sudah dicuci bersih dan ditiriskan, masak hingga mengental dan tidak tersisa lagi airnya, beras pun sudah mulai berubah warna. Baru deh masukkan ke dalam kukusan yang airnya sudah mendidih, masak hingga matang. Nah untuk takaran air/kuahnya, silakan sesuai dengan selera dan jenis beras serta tingkat kelembutan nasi yang diinginkan.

Jika terasa kuahnya terlalu sedikit, bisa tambahkan sedikit air, atau kalau terlalu banyak bisa dikurangi jumlah kuahnya yang akan dimasak bersama beras.

Oh iya, untuk ayamnya kali ini, saya panggang saja dengan menggunakan oven, jadi masih edisi mengurangi gorengan. Hmmmm supaya irit minyak goreng juga sih....ha ha ha... Jadi ayamnya begitu matang, olesi dengan campuran madu, kecap dan olive oil, panggang sampai permukaan kecoklatan dan kelihatan mengering.

Kalau tidak mau dipanggang, silakan goreng saja ya... kembali kepada selera masing-masing, mau tidak diolah lagi ayamnya juga silakan, toh ayamnya sudah matang kan.

Sebagai pendamping, saya buat sambal terasi, nah kali ini bahan sambal yang masih utuh saya tumis dengan sedikit olive oil sampai layu, angkat lalu blender tanpa air. Jadi deh dengan mudah dan cepatnya membuat sambal terasi begini.

Untuk acarnya saya buat acar tanpa cuka, dan bahan-bahannya selain timun, wortel, saya gunakan juga bawang bombay dan tomat mengkal. Maksud hati sih ingin meniru acarnya yang di resto India Martabak Har Nagoya Batam. Acarnya enak sekali, jadi manis dan asamnya menyatu, tapi rasa asamnya sangat tajam sehingga terasa lebih segar. Nah karena agak kuatir dengan penggunaan cuka masak untuk mendapatkan rasa asam yang intens, akhirnya saya gunakan saja jeruk limau atau calamansi, dan memang untuk mendapatkan rasa asam yang saya mau, cukup banyak juga jeruk yang digunakan.

Nah di acar-acar yang saya buat, biasanya saya suka menambahkan cabai rawit, karena memang mau membuat versi acar resto India tersebut, maka saya tidak gunakan cabai rawit, secara sambal terasinya sudah cukup pedas.

Okey deh, berikut resep nasi kebuli ayam versi kukus yang saya buat ya...silakan...

Nasi Kebuli Ayam Versi Kukus
silakan lihat versi lain di nasi kebuli ayam versi rice cooker

Bahan :
  • 700 gr ayam, potong sesuai selera 
  • 2 buah jeruk nipis
  • 350 gr beras, cuci bersih, tiriskan
  • 350 ml air
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan olive oil untuk menumis (atau gunakan jenis minyak goreng lainnya)

Bumbu halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1/4 butir pala *
  • 1/2 sendok makan ketumbar *
  • 1/4 sendok teh jinten*
  • 1/4 sendok teh merica butiran* (sangrai bahan *)

Bumbu lainnya :
  • 2 batang kayu manis @4cm
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 3 butir kapulaga
  • 2 butir pekak/kembang lawang
  • 5 butir cengkeh
  • 1 1/2 sendok teh garam
 
Cara membuat :
  1. Potong-potong ayam, bersihkan dari lemak dan kulit (yang suka menggunakan kulitnya silakan saja ya), kucuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas
  2. Tumis bumbu lainnya sampai harum, masukkan bumbu halus, tumis sampai harum, tambahkan 100ml air, aduk rata
  3. Masukkan ayam, tambahkan sisa air, masukkan garam, aduk rata lalu masak hingga ayam matang, angkat ayam, tiriskan, goreng hingga garing kecoklatan, angkat, tiriskan (saya olesi dengan campuran 3 sendok makan kecap manis, 2 sendok makan olive oil dan 2 sendok makan madu, panggang selama kurang lebih 20 menit dengan suhu 180 derajat celcius)
  4. Dengan api kompor masih menyala, masukkan beras, aduk rata dan masak hingga air menyusut dan beras berubah warna (jika dirasa kurang air boleh tambahkan air sedikit lagi) sementara itu panaskan kukusan dengan api sedang
    cara membuat nasi kebuli kukus
  5. Tuangkan nasi setengah matang ke dalam kukusan, kukus sampai matang, cicipi rasanya


Sambal Terasi

Bahan :
  • 15 buah cabai merah keriting
  • 10 butir cabai rawit merah
  • 2 buah tomat ukuran sedang
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 sachet terasi
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan olive oil (atau gunakan minyak goreng lainnya)

Cara membuat :
Tumis semua bahan kecuali garam, masak sampai layu dan terasi hancur, angkat dan blender tanpa air, jangan lupa memasukkan garam bersamaan dengan proses memblender ya (atau jika suka bisa diulek kasar)

 

Acar  (acar ala resto India Martabak Har Wanna Be)

Bahan :
  • 1 buah timun ukuran besar
  • 2 buah wortel ukuran sedang
  • 1 buah bawang bombay ukuran besar
  • 2 buah tomat mengkal ukuran sedang
  • 250 ml air
  • 10 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 12 buah jeruk limau atau lemon cui atau calamansi

Cara membuat :
  1. Buang biji timun, potong-potong, berikut tomat, buang bijinya dan potong-potong, lalu potong wortel dan bawang bombay, letakkan semua di mangkuk
  2. Campur air dan gula, masak hingga mendidih, angkat dan dinginkan sejenak, kucuri dengan air jeruk limau, beri garam, aduk rata, cicipi rasanya
  3. Tuangkan ke dalam campuran bahan yang sudah dipotong-potong, masukkan ke dalam kulkas sampai siap disajikan
silakan lihat acar lainnya : acar timun wortel & acar bawang merah


resep nasi kebuli ayam versi kukus

Nah semoga resep nasi kebuli ayam versi kukus berikut sambal terasi dan acar ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...




resep bakpao pandan selai srikaya

Eits ada bakpao bentuk landak neh, nah bakpao landaknya ini adalah bakpao pandan isi selai srikaya. Walaupun bentuk landaknya acak adut, namanya juga usaha he he he.. Kalau Sophie sebut bakpao ini bakpao Sonic green.

Buat 2 versi sih, Sonic green dan Sonic blue atas permintaan Sophie. Nah tadinya saya hanya mau buat yang hijau, saya katakan mau buat roti landak (hedgehog), lah langsung deh muncul permintaan buat Sonic blue. Hmmm walaupun sudah saya bujuk supaya tidak usah buat yang biru, tetap bersikeras anaknya mau biru juga. Ya sudahlah, buat beberapa buah yang versi biru.

bakpao landak sonic blue

Karena saya buatnya tidak mau banyak-banyak, jadinya adonan resep di bawah ini saya bagi asal saja, setelah minyak masuk, dan diuleni sampai tercampur, baru adonan saya bagi. Baru deh adonan yang satu saya beri pewarna biru dan satu lagi saya beri pasta pandan. Kemudian baru masing-masing diuleni hingga warna tercampur dengan rata.

Memang agak lebih memakan waktu kalau mencampur warna di akhir ya, nah kalau mau mudah, sebaiknya pewarna di campur di awal saja. Berhubung resep ini menggunakan susu cair maka sebaiknya sedikit susu cairnya dicampur dengan pewarna atau pasta, kalau begini warna dengan mudah bisa rata.

Kali ini Sophie ikut terlibat di proses, hanya memang sekedar mengaduk campuran tepung, nah ikutan sibuk mengarahkan seberapa biru adonan yang diinginkan. Maksud hati saya sih warna birunya muda saja, ealah Sophie protes, itu bukan Sonic, Sonic itu dark blue, kalau itu blue sky, begitu protesnya. Sampai-sampai dia katakan Ibu lihat dulu, cari Sonic, sambil memberi tabletnya kepada saya, halah semakin banyak maunya nih anak, he he he ....

bakpao landak sonic

Bakpao landak hijau saya beri isian selai srikaya, sedangkan yang biru saya beri selai coklat kacang. Nah untuk membentuk landak ini sendiri, setelah adonan diberi isian, dibentuk lonjong, lalu diletakkan di kertas roti yang sudah dipotong kecil, baru kemudian dibentuk motif landak dengan cara menggunting adononan. Nah cara membuat motifnya bisa lihat di resep roti landak water roux.

Oh iya, resep kali ini hanya modifikasi dari resep bakpao ayam wortel, jadi sangat mudah membuatnya, tidak butuh telur juga di adonan bakpao ini. Sebenarnya proses mengulen tidaklah sulit, hanya sekedar adonan cukup tidak lengket di mangkuk, dan cukup lembut serta tercampur baik.
Mengukus adonan gunakan api besar dan cukup hanya sekitar 5-8 menit saja. Bakpao sudah siap dinikmati kala hangat. Wah kali ini Sophie sangat senang dengan bakpao Sonicnya. Jadi yang buat juga senang, he he he .....

Okey deh, berikut resepnya ya....silakan...

Bakpao Landak Hijau & Biru

Bahan :
  • 150 ml susu cair hangat
  • 1 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh ragi instan
  • 150 gr tepung terigu protein sedang
  • 100 gr tepung terigu protein rendah
  • 1 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok makan minyak goreng
  • pewarna biru khusus makanan secukupnya sesuai selera (saya gunakan 4 tetes)
  • pasta pandan secukupnya sesuai selera (saya gunakan 1/4 sendok teh)

Bahan isian :
  • selai srikaya
  • selai kacang coklat

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, larutkan gula dengan susu cair hangat, beri ragi instan, aduk rata, diamkan hingga berbuih, kurang lebih selama 10 menit
  2. Di mangkuk ukuran cukup besar, campur tepung, gula, garam, aduk asal rata, kemudian tuangkan campuran ragi instan, uleni hingga tercampur rata kurang lebih selama 2 menit
  3. Tambahkan minyak goreng, uleni kembali sampai tercampur rata dan lembut, kurang lebih selama 3 menit
  4. Bagi 2 adonan, satu adonan beri pewarna biru, uleni hingga warna tercampur rata, pemakaian pewarna sesuai selera, jika tidak mau membuat versi biru, tidak perlu membagi adonan, step ini dilewati ya...
  5. Beri pasta pandan di adonan satu lagi, uleni hingga tercampur rata (catatan : jika hanya mau menggunakan pasta pandan, sebaiknya ambil sedikit susu cair, kurang lebih 30 ml sebelum diberi ragi instan, aduk hingga tercampur, baru kemudian dituang ke dalam tepung setelah larutan susu ragi dituang, kemudian uleni sampai tercampur)
  6. Tutup adonan dan diamkan selama kurang lebih 1 jam
  7. Siapkan kertas roti, potong-potong ukuran kecil, sisihkan
  8. Kempiskan adonan, bagi menjadi beberapa bagian sesuai selera, adonan biru saya bagi 4 dan adonan hijau saya bagi 6 bagian.
  9. Bulatkan adonan, pipihkan dan beri isian sesuai selera, jangan banyak-banyak isinya ya, secukupnya asal bisa ditutup tanpa keluar dari adonan. Bentuk adonan lonjong, letakkan di kertas roti, bentuk motif landak di permukaannya dengan cara mengguntingnya. Beri mata dengan menggunakan meses (adonan akan sedikit lengket, selama proses membentuk, lumuri tangan dengan sedikit tepung)
  10. Lakukan sampai selesai, diamkan kembali selama 15 menit, sementara itu panaskan kukusan sampai air mendidih
  11. Kukus bakpao dengan api besar sampai matang kurang lebih selama 5-8 menit 
  12. Angkat dan siap dinikmati hangat
    cara membuat bakpao landak

Nah semoga resep bakpao landak hijau isi selai srikaya dan bakpao biru isi selai kacang coklat ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera...

resep mudah bakpao landak


oh iya ada versi roti gorengnya juga nih, siapa tahu tertarik, boleh lihat di resep roti goreng pandan selai srikaya.

Selamat mencoba....




resep macaroni schotel

Akhirnya, setelah sekian lama, jadi juga saya buat macaroni schotel sendiri. Sebenarnya sudah ingin buat, tapi ya begitu deh, tunggu benar-benar mood datang baru bisa eksekusi. Nah resep macaroni schotel ini bukanlah resep kekinian, resep ini sudah lama banyak yang sudah buat, saya saja yang baru ada niat baru-baru ini.

Kalau googling resep macaroni schotel, kita akan dihadapkan pada banyak sekali resep macaroni schotel ini, mulai yang panggang, bahkan ada yang kukus, lalu ada campuran isinya yang rupa-rupa, ada sausnya juga, hmmm masih banyak lagi deh resepnya. Jadi tinggal menentukan pilihan pada resep yang mana yang akan kita pilih.

Dan setelah saya bandingkan beberapa resep yang ada, ceile...akhirnya saya mengambil referensi dari resep macaroni schotel mba Lys Ty - dapoerlys, yang kata mba Lys resepnya pakai resep mba Susianne Flo, terima kasih resepnya mba-mba cantik. Jadi belakangan ini biasanya saya kalau mau coba resep baru, biasanya saya coba mengerti dulu bahan-bahan yang digunakan, kalau bisa saya hafalkan secara garis besar, nah berikut cara buatnya. Saya paling mati gaya dan merasa terhambat kalau saya mencoba resep, sedikit-sedikit lihat resep asli, misal terigu berapa gr, susu cairnya berapa ml, dst. Jadi secara garis besarnya saja deh.

Nah menurut saya resep macaroni schotel di blognya mba Lys ini mudah dihafal dan langkah-langkahnya juga tidak sulit, jadi penuturannya mudah masuk kepala...he he he... jadi kalaupun ada modifikasi, saya dengan mudah memutuskan mana yang mau saya modifikasi resepnya. Jadi bisa berimprovisasi dengan resep setelah mengerti resep asli lebih dulu.

Resep macaroni yang saya buat secara garis besar sama dengan resep mba Lys, hanya sedikit modifikasi di penggunaan butter, di sini saya gunakan olive oil. Sayuran, selain brokoli, saya tambahkan juga wortel. Nah versi saya tidak pakai daging ayam dan tidak pakai cream, jadi hanya pakai susu cair, takaran juga sudah saya sesuaikan dengan ketersediaan bahan saya.

Jadi berikut resep macaroni schotel yang saya buat ya...

cara buat macaroni schotel panggang

Macaroni Schotel
untuk 2 buah ukuran loyang alumunium foil ukuran 10x12cm

Bahan :
  • 125 gr macaroni
  • 1 sendok makan olive oil
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong kecil
  • 1 sendok makan olive oil
  • 3 buah sosis, potong melintang, atau potong dadu 
  • 1 buah brokoli ukuran kecil, potong kuntumnya kecil
  • 1 buah wortel ukuran kecil, potong dadu kecil
  • 50 gr terigu protein sedang
  • 250 ml susu cair
  • 50 gr keju cheddar parut
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh pala bubuk, atau pala butiran dihaluskan
  • 3 butir telur, kocok lepas (kocok asal tercampur antara kuning dan putih telurnya)
  • 50 gr keju mozarella, potong lebar tipis atau parut kasar untuk topping
  • 4 sendok makan mayonnaise untuk topping

Cara membuat :
  1. Rebus macaroni sampai aldente sesuai petunjuk kemasan, angkat lalu tiriskan, campur dengan olive oil, sisihkan
  2. Tumis bawang bombay sampai harum dan transparan, masukkan sosis, aduk rata, masak sebentar saja, masukkan wortel dan brokoli serta macaroni, tambahkan tepung terigu, aduk rata kembali, lalu tuangkan susu cair, tambahkan garam, merica bubuk dan pala bubuk
  3. Masukkan keju cheddar parut, aduk rata dan masak hingga mengental, angkat dari kompor, tuangkan telur kocok, aduk rata
  4. Masukkan ke dalam pinggan tahan panas atau loyang alumunium foil, tata potongan keju mozarella di atasnya, semprotkan mayonnaise (mayonnaise dimasukkan ke dalam kantong segitiga atau kantong plastik biasa, lubangi salah satu ujung dengan cara mengguntingnya kurang lebih sebesar 1cm, atau bisa langsung disemprotkan jika menggunakan mayonnaise sachet), beri taburan irisan daun parsley atau seledri
  5. Panggang di oven suhu 180 derajat celcius yang sudah dipanaskan sebelumnya, panggang dengan cara au bain marie (tata loyang alumunium foil di loyang yang diberi air panas, saya beri air panasnya hanya setinggi kurang lebih 1 cm dari dasar), panggang selama kurang lebih 20-30 menit sampai keju meleleh dan kecoklatan (tergantung oven masing-masing)
  6. Angkat dan siap dinikmati hangat, nikmati dengan saus sambal dan saus tomat jika suka

macaroni schotel resep mudah

Nah semoga resep macaroni schotel ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....


Selamat mencoba.....




resep oatmeal green tea pancakes

Masih belum bosan buat pancake nih, tapi kali ini mencoba buat oatmeal green tea pancake. Mumpung ada stok green tea, jadi digunakan saja deh. Kalau diminum begitu saja, sebagai minuman hangat, rasa green tea ini aneh menurut saya. Nah kalau diolah menjadi pancake begini malah enak.

Ceritanya beberapa waktu yang lalu bapaknya Sophie beli bubuk green tea ini online. Nah rencananya memang mau diminum saja, tapi biasalah ya sudah mulai banyak resep yang saya ingin coba menggunakan bubuk matcha ini.

Tadi pagi saya tanya Sophie, mau dibuatkan green tea pancake tidak? Nah anaknya bilang mau, ya sudah mulai deh siap-siap di dapur. Resep masih sama dengan resep oatmeal dates pancakes yang juga kurang lebih sama dengan resep fluffy buttermilk pancakes. Ya kalau resep sama dan hanya sedikit modifikasi jadi lebih mudah membuatnya, hanya sedikit saja perubahan tergantung jenis pancake yang akan dibuat, bahan dasar pada dasarnya sama.

Untuk foto kali ini, masih menggunakan spot baru yang saya sukai, di samping tempat cuci piring, nah kalau di tempat ini tidak begitu banyak yang harus saya siapkan, jadi sedikit menghemat waktu dan tenaga dalam proses pemotretan. Hanya memang kalau di sini tidak bisa menggunakan reflektor kecuali ada yang sukarela diminta memegang cermin. Sebelumnya ada Sophie yang dimintai tolong, kali ini dia ogah...hmmm tapi tidak masalah ah...

Eh pada saat saya menulis draft postingan ini, Sophie lihat foto pancakenya, lalu dia lihat juga tuh properti heart 2 buah yang berwarna pink di foto. Properti ini iseng saja saya tambahkan, mungkin tanpa ini juga tidak masalah. Nah Sophie protes, kenapa heart ada di sana? Memang kalau kepunyaan dia, suka tidak boleh dijadikan properti, rasa memilikinya tinggi he he he. 

Padahal sebenarnya heart itu bukan mainan dia, itu adalah pengikat kantong, fungsinya mirip karet. Jadi ceritanya saya beli di serba 8000, boleh lihat postingan saya di Serba 8000 Batam. Setelah puas memanjakan mata dengan barang-barang import murah yang dibandrol dengan harga 8000 rupiah untuk semua produk, yang akhirnya beli juga beberapa item, tidak hanya melihat-lihat. Berapa hari yang lalu saya ke sana lagi, dan ternyata ada item-item baru, salah satunya ya pengikat kantong yang lucu ini, lalu ada cetakan kue yang digoreng, karena ada tangkainya panjang, jadi sepertinya cetakannya dicelupkan ke minyak, mirip-mirip tangkai cetakan kembang goyang, tapi saya juga masih bingung kue macam apa itu ya...tapi saya beli dulu, he he he... Kali ini agak menahan diri, hanya 4 item yang saya beli termasuk mainan Sophie, cukup...takut kalap belanja lagi ha ha ha...

Okey deh sekarang lanjut ke resep saja ya...ini dia resep pancake oatmeal teh hijau yang saya buat....silakan...

Oatmeal Matcha Pancakes
untuk 12 buah pancake ukuran diameter kurang dari 10cm
takaran menggunakan cup, silakan lihat konversi ukuran cup ke gram dan ml

Bahan :
  • 1/2 cup tepung terigu protein rendah, misal merek kunci biru
  • 3/4 cup oatmeal instan
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 cup susu cair hangat
  • 1 1/2 sendok teh bubuk green tea
  • 1/2 cup buttermilk hangat (campur susu cair hangat dengan 1/2 sendok makan air jeruk nipis atau cuka, diamkan sampai bergumpal kurang lebih selama 10 menit)
  • 1 butir telur
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 2 sendok makan olive oil

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur tepung terigu, oatmeal, garam, gula pasir, baking soda dan baking powder, aduk dengan balloon whisk, sisihkan
  2. Campur bubuk green tea dengan susu cair hangat hingga bubuk green tea larut
  3. Di mangkuk lain, kocok telur dengan garpu atau balloon whisk hingga berbuih, masukkan buttermilk, susu cair yang sudah bercampur dengan green tea, vanili bubuk dan olive oil, aduk hingga tercampur
  4. Tuangkan ke dalam campuran tepung, aduk cepat asal rata
  5. Siapkan frying pan atau teflon, beri sedikit olive oil, tuangkan satu sendok sayur adonan pancake (jika teflon cukup besar, bisa tuangkan 1 sendok sayur di 2 atau 3 tempat, jadi sekali masak bisa 2 atau 3 pancake), masak hingga bagian bawah sudah mulai kecoklatan, bagian tepi sudah kering dan bagian permukaan bergelembung, balik dan masak hingga matang, angkat
  6. Lakukan sampai selesai
    cara buat oatmeal green tea pancakes
  7. Sajikan dengan taburan gula halus dan bubuk green tea

Nah semoga resep oatmeal green tea (matcha) pancakes ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....

oatmeal matcha pancakes



Selamat mencoba....






resep pancake oatmeal kurma

Ini sarapannya Sophie, yup pancake oatmeal kurma, resep cake yang sangat mudah dibuat, apalagi kalau bukan pancake. Jadi pancake ini untungnya kesukaan Sophie juga, biasanya dia ikutan sibuk di dapur kalau saya buat pancake. Tapi kali ini dia sibuk sendiri dengan kartunnya.

Jadi ceritanya di kulkas ada kurma, biasa kalau mau dekat bulan puasa kurma sudah mulai banyak di pasaran. Nah beberapa hari yang lalu ke salah satu swalayan, beli deh kurma ini. Jadi tidak ada salahnya dijadikan salah satu bahan pancake kali ini.

Membuat pancake kali ini resepnya hampir mirip dengan resep fluffy buttermilk pancake yang pernah saya posting sebelumnya, jadi sedikit modifikasi saja, takaran kurang lebih setengahnya. Resep ini menghasilkan 10 buah pancake dengan ukuran kurang lebih diameter 10cm tebal 1cm. Yang mau buat banyak, silakan kalikan 2 atau 3 resep di bawah yang saya tuliskan ya.

Oh iya, saya punya tempat favorit baru buat foto, sekedar info tidak penting, beberapa kali saya pernah melakukan foto-foto di tempat ini, hanya sepertinya tempat ini bakalan jadi favorit saya, tidak perlu tripod dan tidak perlu repot menggeser kursi untuk alas. Jadi hanya menggunakan tempat di samping tempat cuci piring. Nah tapi foto di sini dengan syarat matahari cukup bersinar terang, kalau gelap ya jangan harap foto di sini. Lalu karena tempatnya terbatas, supaya objek yang lain yang berantakan di dapur tidak ikut masuk dalam frame maka fotonya harus dari jarak dekat, he he he...

Tapi kalau foto di sini saya butuh asisten untuk memegang reflektor dalam hal ini adalah cermin yang biasa saya gunakan. Untunglah Sophie tadi sedang baik hati dan mood bagus, jadi tugasnya adalah memegang cermin ini. Tapi tidak bisa lama-lama, cepat bosan dia. 

Proses foto-foto ini memang sedikit merepotkan, jadi kalau saya sih biasanya akan menggunakan kursi makan, geser ke tempat yang cukup cahaya, siapkan alas, nah kalau malas biasanya alasnya ya kursi makan itu saja, untungnya warnanya hitam. Kalau sedikit rajin gunakan alas kain, biasanya favorit saya kalau tidak hitam ya putih, kadang-kadang hijau. Lalu kalau lebih rajin lagi, ambil beberapa papan yang sudah saya cat, ada putih mengarah ke krem, ada biru, hijau dan ada warna kayu alami. 

Jadi sebenarnya properti saya ini ya itu-itu saja ya, jadi jangan bosan kalau fotonya itu-itu saja, he he he... terkadang saya membeli beberapa properti seperti piring, mangkuk, sumpit,dll, nah begitu saya coba ternyata kok saya tidak suka, tidak pas dengan selera saya, jadinya kembali masuk tempat penyimpanan, dan hanya properti favorit saya saja yang saya sering gunakan, halah...alasan sepertinya ya...he he he...

Nah jadi misalnya untuk mengambil satu buah foto makanan, saya akan menggeser kursi ke tempat cukup cahaya, memberi alas, meletakkan cermin di arah berlawanan sumber cahaya, meletakkan makanan di piring saji lalu meletakkannya di tempat yang sudah saya siapkan, memberi properti tambahan, lalu mengambil tripod, meletakkan kamera di tripod, lalu mulai foto-foto dari berbagai sudut, dan biasanya dari atas dan dari depan. Kalau dirasa kurang pas, bisa ganti piring sajinya, ganti alasnya, ubah posisi properti, nah kadang ini yang memakan waktu.

Foto di bawah saya ambil ketika memotret martabak coklat dengan teflon, nah begitulah kira-kira yang saya lakukan untuk menghasilkan foto di postingan tersebut. Kalau masalah teknik memotret saya bukanlah ahlinya, jadi ya begitu deh jadinya...

memotret makanan

Hmmm sejauh ini foto-foto saya, itu sudah saya pilih dari beberapa kali jepretan obyek yang sama, jadi saya timbang-timbang mana yang saya suka dan menurut saya cukup layak untuk ditampilkan di blog ini, nah kalau kurang layak, ya malah resepnya tidak tampil, saya tidak suka dengan fotonya, hmmm sayang memang...tapi ya begitulah ya... dengan harapan nanti saya akan coba lagi membuat resep yang sama dan foto ulang. Nah jadi foto-foto saya ini walaupun jauh dari bagus...duh kadang iri dengan foto-foto ciamik food blogger lainnya...tapi ternyata setelah saya amati memang begitulah tiap food blooger asli punya gaya masing-masing. Bukan food blogger abal-abal ya...

Apa jadinya kalau foto yang kita tayangkan di blog dengan proses yang tidak pendek itu, ternyata diambil oleh pemilik blog masakan abal-abal, resep ambil punya siapa, foto ambil punya siapa. Kesal tentu saja kan... 

Jadi nih si pemilik blog masak abal-abal ini ceritanya suka berburu, nah kalau pemburu kan berburu ke hutan ya mencari mangsa, kalau yang ini berburu ke blog masakan yang punya hasil karya original, mulai deh copas sana-sini. Jadi jangan heran kalau blog begini bisa punya banyak sekali resep masakan di blognya.

Nah beberapa hari yang lalu saya ketemu foto saya yang diambil copasser ini. Terkadang memang kalau saya ada waktu saya suka mencari-cari konten blog saya yang diambil orang lain tanpa permisi, tanpa menyebutkan sumber dan tanpa memberi back link tentu saja.

Hmmm ketemulah saya dengan foto tape ketan hitam yang saya punya, ah ini kan foto saya, kok tidak ada watermark ya, apa watermarknya di bawah dan dengan mudah dicrop. Dan ternyata setelah saya bandingkan, foto asli di blog saya watermarknya di tengah saudara-saudara. Yang dilakukan oleh orang ini adalah mengcrop foto saya, melakukan mirror (jadi fotonya di kiri jadi di kanan), sedikit di-rotate (putar) dan menghilangkan watermarknya. Duh boleh tahan ya caranya...demi...

Nah selain foto dari blog saya, ada juga dari blog lain yang saya kenal dengan foto-fotonya. Jadi kesimpulannya adalah blog ini adalah blog masak abal-abal. Hmmmm  mau tahu apa nama blognya? ini dia nih....www.resepdanmasakan.com
foto curian

Nah bandingkan dengan foto dari blog ini, foto yang asli neh... serupa tapi tak sama kan...

foto asli tape ketan hitam

Jadi bukanlah rahasia deh kalau blog-blog seperti ini adalah blog pencuri, terserah dah mau bilang apa, mau bilang kalau selama ada di dunia maya adalah milik bersama, tidak ada istilah pencuri itu, kalau tidak mau diambil jangan berbagi di dunia maya, begitu deh alasan klasik para pencuri ini. Dan tidak satu dua saja ya, banyak... jadi pembaca harus lebih bijak dalam hal ini.

Nah saya dengan mudah mengetahui blog masakan asli atau abal-abal, hmmm jadi semakin selektif memilih blog referensi. Sangat sayang kalau saya temui blog asli tapi tata bahasa dan gaya penulisan serta template yang mirip dengan blog abal-abal, jadi kalau ada blog seperti ini serasa saya berkunjung ke blog abal-abal, halah...yang terakhir ini bisa-bisa saya saja ya, he he he...

Duh kepanjangan lagi deh saya menulis, padahal tadi tidak mau menulis panjang-panjang.... okey okey berikut resep pancake oatmeal kurma ini ya... silakan....

Resep Pancake Oatmeal Kurma (Oatmeal Dates Pancakes)
untuk 10 buah pancake diameter 10cm

Bahan :
  • 1/2 cup tepung terigu protein rendah, misal merek kunci biru (atau bisa gunakan tepung terigu protein sedang)
  • 3/4 cup oatmeal instan
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 cup susu cair hangat
  • 1/2 cup buttermilk hangat (susu cair hangat dicampur dengan 1/2 sendok makan air jeruk nipis atau cuka, diamkan hingga menggumpal kurang lebih selama 10 menit)
  • 1 butir telur
  • 2 sendok makan olive oil
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 8 butir kurma, potong dadu kecil

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur tepung terigu, oatmeal, garam, gula pasir, baking soda dan baking powder, aduk dengan balloon whisk, sisihkan
  2. Di mangkuk lain, kocok telur dengan garpu atau balloon whisk hingga berbuih, masukkan buttermilk, susu cair, vanili bubuk dan olive oil, aduk hingga tercampur
  3. Tuangkan ke dalam campuran tepung, masukkan kurma, aduk cepat asal rata
  4. Siapkan frying pan atau teflon, beri sedikit olive oil, tuangkan satu sendok sayur adonan pancake (jika teflon cukup besar, bisa tuangkan 1 sendok sayur di 2 atau 3 tempat, jadi sekali masak bisa 2 atau 3 pancake), masak hingga bagian bawah sudah mulai kecoklatan, bagian tepi sudah kering dan bagian permukaan bergelembung, balik dan masak hingga matang, angkat
  5. Lakukan sampai selesai
  6. Sajikan dengan kucuran madu atau susu kental manis lalu taburi keju parut atau meses, tapi dimakan begitu saja sudah enak


cara buat pancake oatmeal kurma

Nah semoga resep pancake oatmeal kurma atau oatmeal dates pancakes ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba....




cara membuat tahu krispi berempah

Yang namanya tahu, itu saya paling doyan, nah sudah cukup banyak kan olahan tahu, dan emak-emak tentu tidak mati gaya kalau diminta mengolah tahu. Yang paling mudah ya tahu goreng, he he he...yang agak ribet sedikit buat bakso tahu atau nugget tahu.

Kalau saya, pokoknya favorit deh, dibanding tempe, saya jauh lebih suka tahu. Dulu di Surabaya, ada penjual nasi keliling yang biasa membawa makanan di atas kepalanya, dan ada yang juga ditenteng. Hmmm saya waktu itu kos di lantai 3, jadi ketika pertama kali di sana, saya dengar di bawah ada yang bilang sapa sing tumbas? okeh okeh dulu saya tidak mengerti malah apa yang diucapkan si ibu, lalu baru deh saya tanya teman satu kos, oalah ternyata si ibu mengatakan sapa sing tumbas yang artinya siapa yang mau beli?

Jadi kalau si ibu datang, anak-anak kos pada akan keluar kamar, membawa piringnya masing-masing lalu mulai deh membeli dari si ibu ini. Awal-awal saya tidak berminat, eh lama-lama saya penasaran dan akhirnya malah ketagihan dengan masakan si ibu ini. Ketagihan karena enak dan juga murah, he he he nah murah itu yang penting.

Walaupun di sekitar kos banyak sekali warung nasi yang bisa dikatakan murah juga. Hmmm kalau yang tinggal di Surabaya, tahu donk ya daerah Gebang Lor, nah dulu saya kos di situ. Jadi tidak jauh dari kampus. Melaku sitik wes nyampe nang kampus (jalan sedikit sudah sampai kampus), he he he... benar tidak nih bahasa saya...cmiiw.

Nah di Gebang sendiri, sepanjang Gebang Lor itu selain banyak kos-kosan, banyak juga warung makan, dulu pertama kali makan di warung makan sempat kaget karena murah sekali harganya... nah dari warung-warung makan tersebut ada yang cukup murah, misalnya warung bambu, warung kita...lalu yang sedikit mahal, warung bali (karena yang punya orang Bali atau karena memang namanya warung bali, sampai saat ini saya tidak tahu he he he), lalu ada warung asri yang walaupun cukup mahal tapi enak menunya, agak beda dengan warung-warung lain.

Oh iya setelah cukup lama tinggal di sana dan sedikit menjelajah, saya akhirnya tahu kalau ada juga namanya gebang wetan dan gebang kidul. Nah warung terkenal di gebang wetan adalah warung pojok (wapo), karena memang di pojok letaknya. Dan memang sarang mahasiswa ya daerah dekat kampus itu he he he... dan usaha kos-kosan memang paling menjanjikan di sana.

Oh iya kembali ke si ibu yang menjual nasi keliling tersebut, nah salah satu menu favorit saya adalah tahu sambal kecap, duh kalau si ibu bawa tahu ini, saya pasti akan ambil banyak, sedikit tidak peduli dengan anak kos yang lain, ha ha ha....

Ketika sudah sering beli akhirnya mulai ngobrol sama si ibu dan mulai dekat, jadi saya selalu beli nasi si ibu kalau kebetulan si ibu datang saya ada di kos. Hmmm karena sudah dekat, saya sampai datangi rumah si ibu, memeriksa dapurnya. Dan biasanya sebelum jam si ibu keliling, dan ketika makanan sudah siap dimasak atau sedang dimasak, halah...saya sampai memperhatikan jamnya kala itu. Nah kalau si ibu masak, saya akan beli duluan di rumah si ibu, he he he dasar... 

Jadi kalau saya ke sana, kalau si ibu masak tahu sambal kecap, beliau akan katakan lebih dulu kalau dia masak masakan favorit saya. Wah senang sekali kalau si ibu masak yang satu ini. Nah makanan khas si ibu yang saya tidak suka adalah iwak pe (ikan pari asap) dimasak gulai. Hmmmm menurut saya aroma iwak pe itu tidak enak, entahlah saya tidak suka ikan asap, sampai sekarang... nah di Batam ada yang jual gulai ikan salai, duh ini mengingatkan saya akan gulai iwak pe ini, tapi bapaknya Sophie suka....nah loh kembali lagi ke selera ya.....selera orang beda-beda, jadi selera boleh beda..

Weitsss....kepanjangan intronya, cerita ngalor ngidul yang tidak penting ya...kembali ke cerita tahu krispi ini, beberapa waktu yang lalu saya beli tahu krispi 1 porsi seharga 7 ribu rupiah di Top 100 Tembesi Batam, nah belinya juga kebetulan karena saya lihat si penjual menggoreng tahu, lalu tertarik deh ingin beli juga, soalnya bentuknya imut, kotak-kotak kecil dan saya tanya ke penjual, ternyata itu tahu krispi katanya. Okeh deh, saya beli 1 porsi, ternyata enak....menyesal beli 1 porsi saja.

Hmmm akhirnya beberapa hari setelah itu saya coba buat sendiri, nah pertama kali percobaan saya hanya menggunakan tepung bumbu instan kobe bawang putih, dan rasanya sudah mendekati, nah kala itu saya buatnya menggunakan tahu mentah, tapi meletus tahunya ketika digoreng. Nah kali ini saya buat versi lain, menggunakan tepung terigu dan tepung beras dengan diberi bumbu rempah andalan, garam masala, cabai bubuk, merica bubuk dan bawang putih bubuk. Karena ada stok oregano kering, jadi masuk juga nih oreganonya. Dan tahunya saya kukus dulu.

Oh iya bicara garam masala, sebenarnya ini bukan garam ya, garam masala adalah bahasa Hindi, dimana garam berarti panas dan masala berarti racikan rempah-rempah. Jadi tidak ada kaitannya sama sekali dengan garam dalam bahasa Indonesia. 

Kalau tidak ada garam masala, boleh kok hanya menggunakan ketumbar bubuk dan sedikit jinten bubuk. Jadi tidak ada garam masala bukan berarti tidak bisa membuat tahu krispi berempah ini. Atau kalau mau membuat garam masala sendiri, silakan klik link membuat garam masala sendiri.

Supaya tahunya bertahan krispinya, pastikan tahu cukup kering, jadi lap dengan tisu dapur. Kalau tidak tahunya tidak akan tahan cukup lama krispinya. Dan sebaiknya dinikmati kala hangat, jadi cocok untuk snack ataupun dimakan sebagai lauk juga, suka-suka sesuai selera. Nah kalau saya, tahu krispi berempah ini hanya saya makan begitu saja dengan dicocol campuran saus sambal dan mayonnaise serta irisan daun ketumbar.

Nah untuk kali ini, saya katakan walaupun berempah, tapi rasanya kurang gurih, nah yang biasa suka gurih umami, silakan tambahkan kaldu bubuk ya, karena memang kalau dibandingkan dengan yang versi beli, maka versi beli lebih gurih. Jadi kembali lagi ke selera, he he he...

Okey deh, berikut resepnya ya...silakan....

Tahu Krispi Berempah

Bahan :
  • 15 buah tahu putih ukuran 4x4cm
  • 1 sendok teh garam
  • air secukupnya

Bahan balutan tepung :
  • 1/2 cup tepung terigu serbaguna
  • 1/4 cup tepung beras
  • 2 sendok teh garam masala (bisa ganti dengan 1 1/2 sendok teh ketumbar bubuk dan 1/2 sendok teh jinten bubuk)
  • 1 sendok teh cabai bubuk
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1 sendok teh oregano kering (optional)
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam

Bahan saus : (campur jadi satu)
  • 3 sendok makan saus sambal
  • 2 sendok makan mayonnaise
  • 2 batang daun ketumbar, iris halus (optional)

Cara membuat :
  1. Rendam tahu dalam air garam kurang lebih selama 15 menit, tiriskan lalu kukus tahu kurang lebih selama kurang lebih 20 menit dengan api sedang, dinginkan, keluarkan dari kukusan, keringkan dengan tisu dapur sampai benar-benar kering, masing-masing bagi 4 bagian
  2. Di mangkuk, campur semua bahan balutan tepung, aduk rata, ambil satu buah tahu, balutkan dengan tepung, goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya sampai garing dan kekuningan, angkat, cicipi rasanya...tambahkan garam ataupun kaldu bubuk ke dalam campuran tepung jika dirasa perlu
  3. Ambil beberapa buah tahu yang sudah dipotong-potong, masukkan ke dalam mangkuk berisi tepung, dengan tangan balutkan tepung ke tahu sehingga tahu tertutup tepung, ambil satu persatu tahu, goreng dalam minyak panas cukup banyak sampai garing kekuningan
  4. Angkat dan tiriskan, lakukan sampai selesai
  5. Nikmati kala hangat dan sajikan dengan sausnya

resep tahu krispi berempah

Nah semoga resep tahu krispi berempah kali ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....


Selamat mencoba....




resep ayam panggang garam masalan

Saya masih belum bosan dengan olahan ayam garam masala, nah kali ini saya buat versi oven baked, atau ayam panggang garam masala. Nah kalau punya bumbu garam masala di dapur, jadi mudah membuat olahan begini.

Rasanya juga enak, berempah dan dipadukan dengan ayam begini jadinya enak. Nah sebelumnya saya sudah pernah buat ayam garam masala versi bakar dengan teflon. Jadi ayam yang saya buat itu saya padukan dengan sambal matah, rasanya, maknyuss...

Kali ini saya buat ayam ovennya dengan paduan sambal terasi tumis dan sambal kecap saja, dan rasanya juga maknyuss. Kalau dari segi bumbu, kurang lebih sama, hanya kali ini saya gunakan cuka apel, secara ada stok cuka apel di dapur, sudah lama juga tidak membuat masakan dengan cuka apel. Jadi cuka apel di sini menggantikan jeruk limau di resep semula ya. Kalau tidak ada cuka apel, bisa gunakan jeruk nipis, jeruk limau ataupun lemon.

Nah kali ini saya menggunakan satu ekor ayam yang dibagi menjadi 4 bagian, jadi masih cukup besar ukurannya, dan untuk memanggangnya di oven saya membutuhkan waktu selama 1 jam. Dan karena oven saya menggunakan gas, jadi memang cukup boros penggunaan gas, he he he...

Oh iya yang masih asing dengan istilah garam masala, garam masala adalah bumbu rempah khas India yang berupa campuran rempah yang dihaluskan, untuk uraiannya, ataupun cara membuatnya sendiri, silakan klik link ayam garam masala... 

Untuk kali ini garam masala yang saya gunakan masih garam masala yang saya beli di swalayan, dan merek yang saya gunakan adalah Jay's, silakan cari di swalayan terdekat yang cukup besar ya, misalnya diamond, hypermart, gelael kalau berniat membeli bumbu garam masala ini. Nah Jay's sendiri memang produk khusus bumbu ya, mulai dari bumbu dasar, ketumbar, jinten, merica hitam, putih, ada juga oregano, rosemary, cabai bubuk, paprika bubuk, mustard bubuk, dll banyak lagi.

Okey deh, berikut resep ayam panggang garam masala ini ya...silakan..

Oven Baked Garam Masala Chicken

Bahan :
  • 1 ekor ayam utuh tanpa kepala, ceker dan bagian perut, belah 4 bagian
  • 1 buah jeruk nipis ukuran besar
  • 2 sendok makan bubuk garam masala
  • 2 sendok makan cuka apel atau gunakan jus lemon atau air jeruk nipis atau air jeruk limau
  • 1/4 sendok teh merica hitam bubuk, atau gunakan merica hitam butiran, haluskan
  • 2 sendok makan olive oil
  • 1 sendok makan cabai bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan olive oil untuk olesan setelah ayam matang

Cara membuat :
  1. Buang kulit dan lemak yang menempel pada ayam (jika menggunakan ayam potong, dan jika suka boleh tetap pakai kulitnya juga), cuci bersih dan kucuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 20 menit, bilas, keringkan dengan cara mengelapnya dengan tisu dapur
  2. Di mangkuk, campur garam masala, cuka apel, merica hitam, caba bubuk, garam, olive oil, aduk rata, balurkan ke seluruh bagian ayam, diamkan kembali selama kurang lebih 1 jam di suhu ruang atau 2-3 jam di kulkas
  3. Alasi loyang dengan alumunium foil, tata ayam di loyang, panggang di oven yang sudah dipanaskan sebelumnya di suhu 200 derajat celcius, panggang selama 1 jam (tergantung oven masing-masing dan besar kecil ayam)
  4. Keluarkan ayam dari oven, olesi permukaan dengan olive oil dan siap dinikmati dengan nasi hangat, sambal dan lalapan

resep oven baked garam masala chicken

Nah semoga resep oven baked ayam garam masala ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....


Selamat mencoba....



NewerStories OlderStories Home